Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Biaya Pernikahan Selebriti yang Bikin “Sakit Hati”

by Arfan Wiraguna on 14 September, 2015

Karena dianggap sebagai momen yang dilakukan sekali seumur hidup, beberapa pasangan selebriti rela merogoh koceknya hingga jutaan dollar untuk biaya pernikahannya. Biaya tersebut digunakan demi pesta yang mewah, dekorasi yang unik, gaun gemerlap, serta cincin kawin yang luar biasa mahal.

Bagi kamu yang berencana akan membawa hubungan bersama si dia ke jenjang pernikahan, pasti mengidamkan pesta yang indah dan dihadiri orang-orang terkasih. Tidak jarang pula sang calon pengantin menginginkan pesta pernikahan yang megah dan mewah.

Sebagai bocoran, persoalan yang akan kamu hadapi nantinya bukan hanya pesta seperti apa yang akan digelar, tapi juga berapa biaya pernikahan tersebut. Oleh sebab itulah, kita perlu merencanakan dan mempersiapkan biaya tersebut matang-matang.

Namun, bagi sebagian orang, biaya bukan halangan. Mereka rela merogoh kocek jutaan dolar demi pesta pernikahan yang spektakuler. Karena itu, wajar kalau pesta pernikahan para selebriti berikut ini meriah dan berkesan.

Penasaran dengan siapa saja selebriti tersebut? Simak saja daftar di bawah ini.

Brad Pitt dan Jennifer Aniston

aniston-pitt-278x328

Meskipun keduanya termasuk artis Hollywood paling terkenal pada saat itu, biaya pernikahan Brad dan Jen sebenarnya relatif standar bagi kalangannya. Dari total biaya sebesar US$ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar, sebagian besarnya digunakan untuk pembelian gaun, bunga—sebanyak 50 ribu tangkai lebih tepatnya—dan kembang api untuk acara di malam harinya. Sedihnya, mereka  memutuskan untuk bercerai lima tahun kemudian.

(Baca juga: 10 Cara Memangkas Biaya Pernikahan Hingga 60%)

Tom Cruise dan Katie Holmes

tom-cruise-435

Pasangan Tom Cruise dan Katie Holmes—atau yang biasa disebut TomKat—ini menyewa sebuah puri abad ke-15 di Italia sebagai lokasi pesta pernikahan mereka. Lebih mengejutkan lagi, pada hari yang spesial itu, Katie mengenakan gaun pengantin buatan desainer Giorgio Armani—salah seorang perancang busana kenamaan asal negara tersebut.

Mereka pun turut mengundang pasangan selebriti papan atas Hollywood lainnya, diantaranya adalah Will dan Jada Smith, serta David dan Victoria Beckham. Maka dari itu, jangan heran kalau biaya pernikahan mereka mencapai US$ 3 juta atau sekitar Rp 42,6 miliar. 

Justin Timberlake dan Jessica Biel

justin-timberlake-jessica-biel-wedding-bridesmaids__oPt

Justin dan Jessica memesan seluruh kamar di resor Borgo Egnazia yang terletak di Italia selatan   selama seminggu untuk merayakan pesta pernikahannya pada bulan Oktober 2012. Dalam upacara pernikahannya yang romantis itu, Jessica mengenakan gaun berwarna merah muda karya adi busana Giambattista Valli—seorang desainer ternama asal Italia.

(Baca juga: 5 Pertanyaan Finansial untuk Persiapan Pernikahan)

Pada hari istimewa tersebut, pasangan ini menyambut 100 tamu termasuk teman-teman dekat mereka, seperti Jimmy Fallon, Andy Samberg dan Timbaland. Untuk pesta pernikahan yang fantastis ini, total biaya yang dikeluarkan mencapai US$ 6,5 juta atau sekitar Rp 92,8 miliar.

Wayne Rooney dan Coleen McLoughlin

Wayne-Rooney-and-Colleen-McLoughlin

Demi menerbangkan keluarga dan teman-temanya ke Italia untuk menghadiri pesta pernikahan mereka yang diselenggarakan empat hari, pasangan ini sudah menghabiskan biaya sebesar US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 21 miliar.

Selain itu, Coleen juga mengeluarkan uang sebesar US$ 300 ribu (sekitar Rp 4,3 miliar) untuk membeli gaun dan US$ 140 ribu (sekitar Rp 2 miliar) untuk penerbangan serta kebutuhan lainnya selama proses pengepasan busananya (fitting) tersebut.

Lebih mengejutkan lagi, pasangan ini juga menghabiskan dana sebesar US$ 660 ribu atau sekitar Rp 9,4 miliar untuk menampilkan band kesukaan Coleen, yaitu Westlife. Totalnya, mereka menghabiskan uang sebesar US$ 7,7 juta atau sekitar Rp 109 miliar untuk pesta pernikahannya.

Pangeran William dan Kate Middleton

official-wedding-3_1884416i

Meskipun sulit ditaksir, biaya keamanan untuk pesta pernikahan William dan Kate disebut-sebut mencapai US$ 32 juta atau sekitar Rp 454 miliar. Biaya lain yang dikeluarkannya adalah pembelian bunga yang mencapai US$ 800 ribu (sekitar Rp 11,4 miliar), makanan sebesar US$ 150 ribu (sekitar Rp 2 miliar) dan sampanye sebesar US$ 60 ribu (sekitar Rp 852 juta).

(Baca juga: Pinjam KTA untuk Biaya Nikah, Boleh Gak Sih?)

Berdasarkan rumor yang beredar, cincin perkawinan yang diberikan Pangeran William kepada Kate, yang terbuat dari emas Welsh, itu dikabarkan memiliki harga mencapai US$ 11 ribu atau sekitar Rp 157 juta. Itulah sebabnya total biaya pesta pernikahan mereka diperkirakan sebesar US$ 34 juta atau sekitar Rp 483 miliar.

Namun, terlepas dari biaya pesta pernikahan para selebriti di atas yang selangit, faktor penting lainnya yang berkontribusi besar terhadap kesuksesan acaranya adalah konsep yang matang. Oleh karenanya, penting bagi para pasangan calon pengantin untuk memiliki referensi dan inspirasi guna mempertimbangkan konsep pesta pernikahan seperti apa yang akan mereka helat. Selain mengunjungi pameran pernikahan, terkadang referensi pun dapat diperoleh dari pesta-pesta pernikahan teman, sahabat, atau keluarga yang pernah dihadiri sebelumnya.

Tentang Penulis

Arfan Wiraguna

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami