Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Biaya yang Biasanya Dikeluarkan Saat Masuki Hari Tua

by Surtan Siahaan on 24 May, 2016

Semua orang pasti akan memasuki usia pensiun. Untuk itu, perencanaan keuangan hari tua adalah hal penting yang harus dipersiapkan. Sebab, di hari tua banyak pengeluaran baru yang muncul.

Sementara, penghasilan tetap sudah tidak ada lagi karena kamu pensiun. Nah, agar kamu siap menghadapi masa tua kelak, berikut ini sejumlah pengeluaran yang wajib kamu siapkan anggarannya sejak sekarang agar dapat hidup lebih nyaman. Berikut artikel selengkapnya:

Biaya sakit saat tua

Saat masih muda, biaya kesehatan bukan masalah besar jika kamu dilindungi oleh asuransi kesehatan. Namun, pada saat tua, asuransi kesehatan yang melindungi kamu sudah tidak dapat digunakan lagi mengingat syarat umur yang ditetapkan perusahaan asuransi. Untuk itu, kamu harus memilih produk asuransi yang melindungi kamu hingga usia paling maksimal.

Nah, saat asuransi tidak melindungi kamu lagi, tentu biaya kesehatan bisa memberatkan karena kamu harus membayar biaya kesehatan menggunakan uang sendiri. Apalagi, saat tua orang jadi lebih mudah sakit. Cobalah siapkan uang kesehatan yang dipisahkan dari iuran premi asuransi. Kumpulkan uang tersebut sejak masih muda.

Biaya panti jompo

Saat kamu dan pasangan menua, kalian akan kesulitan untuk mengurus diri sendiri. Praktis kamu harus menggantungkan hidup pada anak atau cucu. Namun, bila tidak ingin merepotkan, kamu bisa menggunakan jasa panti jompo. Saat ini, sudah banyak panti jompo yang berkualitas.

Kamu pun tidak perlu lagi pindah hidup di panti jompo. Cukup sediakan sejumlah uang, petugas panti jompo akan mengantar jemput setiap harinya. Kehiudpan di panti jompo juga jauh lebih menyehatkan bagi orang tua. Sebab, akan ada banyak aktivitas dan kegiatan yang membuat orang tua tetap aktif. (Baca juga: 5 Produk Asuransi Kesehatan Terbaik Tahun 2016)

Biaya pengurus hidup

Bila kamu tidak ingin hidup di panti jompo, namun tidak ingin merepotkan anak dan cucu ada alternatif lain yang bisa digunakan. Caranya dengan menyewa jasa perawat atau pembantu khusus untuk orang tua. Ada banyak agensi penyedia tenaga kerja yang menyediakan jasa ini. Tidak sedikit pula orang yang memiliki pekerjaan sampingan menjadi pengurus orang tua. Meski harganya tidak murah, dengan memiliki perawat pribadi hidup kamu akan lebih nyaman di masa tua.

Biaya pendidikan anak

Banyak orang tua yang mengalami krisis keuangan di masa pensiun lantaran masih harus membiayai pendidikan anak. Hal ini terjadi karena usia pernikahan yang terlalu tua atau kehamilan yang tidak direncanakan. Biaya pendidikan anak akan semakin memberatkan di masa tua karena kita tidak lagi memiliki penghasilan tetap.

Terlebih inflasi biaya pendidikan anak di masa depan akan lebih tinggi dibandingkan aset dan uang yang kita miliki. Untuk itu, siapkan instrumen investasi yang tepat untuk kebutuhan pendidikan anak. (Baca juga: Catat! Jika Kamu Tidak Mau Rugi Saat Daftar Asuransi Kesehatan)

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami