Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Bijak Berhitung Hanya Dengan Kalkulator KPR

by lhmdi on 20 March, 2016

kredit rumah - CekAja.com

Salah satu syarat wajib yang harus disiapkan ketika masyarakat ingin mengajukan fasilitas kredit rumah adalah menyiapkan kalkulator KPR atau kredit pemilikan rumah.

Jangan sampai lalai dan melupakan hal yang satu ini, karena dengan menghitung sebesar kebutuhan yang sedang diperlukan hingga akhirnya mengambil keputusan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Selain itu, dengan cara ini masyarakat dapat melihat dan berhitung tentang fasilitas pembiayaan, sampai dengan kemampuan keuangan pribadi untuk membayarkan angsuran dari pinjaman yang sudah dipilih. Selain  memiliki manfaat sebagai sebuah alat hitung atau memperkirakan biaya kredit pemilikan rumah, kalkulator ini juga memiliki beberapa fungsi lain seperti: 

  1. Menghitung perbandingan

Saat akan menentukan kredit kepemilikan rumah, sudah selayaknya kita membandingkan antara kredit yang diberikan oleh satu bank dengan bank yang lainnya. Nah! Agar berjalan lancar, tentunya ini membutuhkan simulasi agar memilih yang tepat. Cara ini memastikan kamu tidak salah salah langkah dalam mengajukan kredit pemilikan rumah di beberapa bank.

  1. Alat untuk menghitung anggaran

Melalui data dari kalkulator KPR atau kredit pemilikan rumah, maka kita bisa menghitung sendiri anggaran yang membantu  agar terhindari dari masalah keuangan di waktu yang akan datang.

  1. Membantu mengingatkan keuangan

Simulasi atau penghitungan ini juga akan membantu kita mencatat sebuah ketentuan dalam perjanjian kredit. Melalui penghitungan dengan kalkulator pastinya akan membantu kita untuk terus teringat tentang berapa besar biaya yang akan dikeluarkan jika mengajukan kredit pemilikan rumah. Oleh karena itu, kalkulator KPR,  baik kalkulator kpr bca, kalkulator kpr syariah maupun simulasi kpr bri dan simulasi kpr mandiri.

Menghitung melalui Kalkulator CekAja.com

Layanan keuangan online CekAja.com mengajak kamu untuk menjadi nasabah yang cedas dengan fasilitas Kalkulator KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Tujuan dari kalkulator ini sederhana, yaitu memberikan gambaran estimasi besar dan kecilnya sebuah cicilan KPR yang dibayarkan bersamaan dengan total pinjaman plus memperhitungkan tingkat bunga.

Bagi kamu yang sudah mulai memikirkan untuk mengajukan KPR CekAja.com juga memberikan layanan untuk mengenal beberapa isitilah yang sangat bermanfaat ketika akan mengajukan kredit pemilikan rumah. Berikut beberapa istilah yang digunakan dalam simulasi KPR:

  1. Detail jumlah pinjaman yang dibutuhkan.
  2. Jumlah pinjaman yang diinginkan.
  3. Tenor.
  4. Rentang waktu pinjaman Anda.
  5. Perhitungan waktu pembayaran.
  6. Berbagai macam keterangan suku bunga,seperti suku bunga tahunan.
  7. Perhitungan persentase jumlah uang yang dibebankan oleh pemberi pinjaman kepada peminjam.
  8. Perkiraan cicilan per bulan.
  9. Perkiraan total pinjaman
  10. Mengenal suku bunga flat
  11. Mengenal suku bunga tetap.

Jika Anda sedang mencari KPR dengan bunga terendah, CekAja adalah pilihan tepat untuk membantu Anda. Mesin perbandingan kami menyediakan informasi paling komprehensif tentang cara mengajukan KPR pada puluhan bank terkemuka di Indonesia.

Selain Kalkulator KPR, Kenali Bunganya

Isu yang masih membuat kita geleng-geleng kepala tentu saja adalah wacana tentang adanya bunga 0% atau Down Payment ( DP) 0% bagi masyarakat yang ingin membeli rumah di kota Jakarta. Selain perdebatan tentang uang muka sebenarnya ada hal yang lebih penting untuk dikenali jika ingin membeli rumah dengan kredit atau menggunakan dana pinjaman. Untuk menghitung bunga kredit, bank menghitung bunga melalui tiga cara, yaitu flat, effektif dan annuitas.

Menghitung bunga Flat sendiri didasarkan plafon kredit dan besarnya nilai bunga yang dibebankan sesuai dengan jangka waktu kredit yang telah disepakati. Cara ini akan membuat debitur atau nasabah membayarkan pokok dan bunga kredit dalam angka yang sama setiap bulannya.

Sementara itu untuk bunga efektif atau yang dikenal juga dengan Sliding Rate membuat nasabah akan membayarkan kreditnya di setiap akhir periode pembayaran angsuran.

Terakhir untuk bunga anuitas, nasabah atau debitur akan membayarkan jumlah angsuran bulanan tidak akan mengalami perubahan selama dalam jangka waktu kredit.  Akan tetapi, angsuran pokok serta angsuran bunga setiap bulannya akan mengalami perubahan dengan nilai yang semakin kecil, sementara angsuran pokoknya akan memiliki nilai yang semakin besar.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami