Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Mengajukan Kredit KPR maupun KTA dari Bank

by JTO on 8 September, 2014

Anggap saja pengajuan kredit Anda telah disetujui oleh bank. Bila tidak bijak mengalokasikannya, alih-alih untuk tujuan yang telah direncanakan, dananya malah habis tak berbekas. Agar tidak demikian, ada beberapa langkah yang wajib Anda lakukan.

Kredit sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat. Alasannya tentu macam-macam. Ada yang hanya mengambil kredit untuk modal usaha, ada juga yang hanya tertarik pada produk-produk konsumtif di sekitarnya. Selain itu, bank juga semakin mudah memberikan kredit bagi masyarakat yang mengajukan permohonan.

Kredit seperti Kredit Perumahan Rakyat, misalnya, masih merupakan kredit yang diminati oleh banyak orang karena kebutuhan akan tempat tinggal memang mutlak adanya. Kredit lain seperti kredit untuk membeli kendaraan bermotor atau barang elektronik juga marak di berbagai tempat. Bank juga semakin gencar menawarkan kredit tanpa agunan yang bukan saja mudah didapat namun juga tidak memerlukan jaminan.

Jika Anda merupakan tipe yang gemar mengambil kredit untuk berbagai macam kebutuhan hidup, berhati-hatilah! Jika Anda masih belum pernah melakukan kredit, berhati-hatilah! Kredit bisa jadi pisau bermata dua. Jika Anda tidak waspada, bisa jadi pisau tersebut malah mengiris Anda.

Lalu bagaimana caranya Anda bisa menggunakan kredit tanpa takut teriris?

Prioritas

Anda perlu menetapkan skala prioritas untuk kebutuhan Anda. Jika Anda tergiur untuk membeli barang hanya karena iming-iming kredit berbunga flat atau semacamnya, sebaiknya berhentilah sejenak dan pikirkan baik-baik. Anda perlu melihat kebutuhan hidup Anda dalam sebuah gambar besar. Jika banyak kebutuhan pokok Anda sudah tercukupi dan Anda masih bisa menjalani hidup Anda dengan nyaman tanpa adanya barang tersebut, lebih baik Anda segera mengikisnya dari daftar teratas prioritas Anda.

Sistem Bunga

Banyak-banyak membaca tentang sistem bunga yang berlaku di bank. Dengan demikian saat Anda bertanya kepada layanan pelanggan bank tentang kredit yang mereka tawarkan, Anda akan mempunyai gambaran tentang berapa besar angsuran yang harus Anda bayarkan per bulannya dan total pengembalian kredit yang nantinya akan Anda berikan pada bank. Jika hati Anda masih ragu, kembalilah ke rumah dan baca-baca lagi banyak artikel tentang perkreditan. Anda juga bisa menggunakan kalkulator simulasi kredit yang disediakan beberapa laman web.

Gunakan Agunan

Jika Anda memang terdesak untuk melakukan pinjaman kepada bank, ada baiknya Anda memilih kredit yang membutuhkan agunan atau jaminan. Pada dasarnya, bank harus memberikan kredit secara hati-hati dan aman. Dengan demikian, resiko kerugian bank akan semakin kecil. Keberadaan agunan akan memperkecil resiko tersebut, sehingga bunga yang dipakai untuk kredit Anda biasanya relatif lebih rendah. Jika Anda menggunakan kredit tanpa agunan (KTA), risiko bank merugi akan mencapai 100% karena tidak adanya jaminan dari pihak Anda. Ini membuat bank menaikkan bunga yang digunakan untuk menutup kerugian yang mungkin terjadi di tengah jalan.

Jangka Pendek

Jika memungkinkan, Anda sebaiknya mengambil kredit dengan jangka waktu pendek. Karena bunga harus dibayarkan setiap bulan, maka tumpukan bunga tersebut akan menjadi lebih sedikit saat kita membayar dalam tempo yang lebih singkat. Melakukan angsuran dalam jangka waktu yang panjang memang tampaknya jadi lebih murah karena jumlah yang dibayarkan per bulan jadi terlihat sedikit, namun jika Anda berhitung maka Anda akan menemukan bahwa bunga yang Anda bayarkan nantinya jauh lebih banyak dari yang Anda kira.

Sesuaikan Pendapatan 

Sebelum mengambil kredit, buatlah alokasi-alokasi biaya dengan pendapatan tetap Anda selama sebulan. Jangan lupa juga alokasikan dana cukup besar untuk biaya tak terduga yang bisa terjadi jika Anda jatuh sakit misalnya. Setelah semua biaya pokok mendapat alokasi dari gaji Anda, lihat berapa banyak sisa gaji Anda. Jika masih ada sekitar 40%, maka Anda bisa mulai proses permohonan kredit. Sebaiknya Anda mengambil kredit yang biaya angsurannya hanya mencapai 30% dari pendapatan Anda. Jika pendapatan Anda Rp 3.000.000,00 per bulannya, maka usahakan angsuran per bulan Anda lebih kurang Rp 1.000.000,00 per bulannya.

Apply Kredit KPR sekarang juga bersama CekAja.com

 

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.