Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Hal yang Wajib Dimiliki Pengendara Motor Saat Musim Hujan

by Rafly Aditia on 10 Januari, 2016

motor sport _ kredit kendaraan bermotor - CekAja.com

Memasuki musim hujan, banyak sekali hal-hal yang harus dipersiapkan. Apalagi jika mobilitas kita sering menggunakan sepeda motor.

Ketika curah hujan meningkat, terkadang bisa menyebabkan siklus banjir tahunan yang selama ini menyerang kota-kota besar. Khusus pengendara motor, ada beberapa benda wajib yang mesti disiapkan untuk mengantisipasi hujan.

Apa saja yang mesti dimiliki? Berikut adalah daftar benda-bendanya.

Jas hujan

Bagi yang beraktivitas dengan sepeda motor, jangan lupa bila musim hujan tiba maka sudah menjadi hal yang wajib untuk memiliki jas hujan. Atau jika memang sudah punya, periksa kondisi jas hujan yang lama tersimpan. Semuanya demi menjaga agar mobilitas tidak terganggu.

Harga jas hujan cukup bermacam-macam, mulai dari kisaran Rp 70 ribu hingga Rp 300 ribu tergantung bahan dan kualitas yang dimiliki. Sekedar saran, jangan gunakan jas hujan model batman karena jas hujan tipe batman rentan tersangkut di roda motor dan mengakibatkan kecelakaan.

(Baca juga: Hindari 5 Tempat Wisata Ini Saat Musim Hujan)

Sepatu boot

Bukan hanya jas hujan yang harus dimiliki, sepatu boots juga sudah dimiliki ketika musim hujan sudah di depan mata. Pilihlah jenis sepatu yang ringan dan mudah dipakai. Karena saat ini banyak produk-produk berkualitas yang bisa di dapatkan dengan murah di pasar. Kegunaan sepatu boot ini selain menjaga kaki dari air hujan juga dari binatang seperti serangga. Maklum, saat banjir kita harus menerjang air yang menggenang.

Kaca helm yang jernih

Hujan bisa mengaburkan pandangan ketika kita berkendara. Untuk itu, pastikan kaca helm yang dimiliki bisa dipakai dengan jernih ketika menerobos guyuran hujan. Cek sekarang juga, bila perlu cobalah ganti sementara dengan kaca helm yang bening. Selain lebih aman, pandangan kita saat berkendara pun akan lebih jelas.

Harga untuk mengganti kaca helm ini cukup beragam, tergantung kualitas yang ditawarkan. Namun yang pasti, saat ini kita dapat jumpai dengan mudah beberapa penjual yang menawarkan harga di bawah Rp100 ribu.

(Baca juga: 5 Pengeluaran Ekstra yang Sering Kamu Keluarkan Saat Musim Hujan)

Jaket anti angin dan baju hangat

Walau kita memakai jas hujan, kita pun perlu melapisinya dengan baju hangat di dalamnya agar hawa dingin saat menerobos hujan tidak menganggu kesehatan. Bila perlu miliki jaket anti angin atau jaket yang bisa menahan terpaan angin yang berhembus.

Jaga kesehatan, sebab tidak jarang karena suhu yang dingin tersebut orang-orang terserang penyakit demam dan flu. Jadi, demi menjaga tubuh tetap hangat serta mencegah penyakit flu, pastikan bahwa jaket dan baju hangat tersedia.

Waterproof bag

Bukan hanya tubuh yang harus dilindungi ketika hujan deras mengguyur. Namun perlengkapan seperti buku-buku, notebook, smartphone dan sebagainya juga harus dilindungi agar tidak rusak karena terkena air.

Untuk itu, milikilah waterproof bag yang berguna untuk menahan guyuran air hujan ke tas yang berisikan barang-barang penting tersebut.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami