Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Bikin Produktivitas Turun, Ini 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

by Anes Saputra on 20 April, 2020

Tidak bisa tidur di malam hari adalah masalah yang sangat menyebalkan karena dapat menurukan produktivitas kita di hari berikutnya.

ngantuk saat nyetir _ asuransi kendaraan - CekAja.com

Saat seharusnya bisa aktif dan melakukan banyak hal dengan optimal, kamu malah lemas, lelah, dan mengantuk berat karena kurang tidur di malam hari. Jika terus dibiarkan hal ini akan membahayakan kesehatan fisik dan mental kamu.

Jika belakangan ini kamu sering merasakan susah tidur, coba deh cek ulang kebiasaanmu di sepanjang hari mulai dari pagi, siang, sore, hingga menjelang tidur. Jangan-jangan ada kebiasaan yang kurang tepat sampai akhirnya menggangu jadwal tidurmu.

Untuk membantu kamu melakukan intropeksi kebiasaan sehari-hari, simaklah daftar kegiatan yang dapat menyebabkan kamu kesulitan tidur berikut ini.

1. Tidur siang

Tidur siang - Bikin Produktivitas Turun Ini 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Sebenarnya orang dewasa yang sehat tidak terlalu membutuhkan tidur siang. Akan tetapi selama ini banyak di antara kita yang tetap tidur siang atau ketiduran di kursi, saat nonton tv, di bus saat menuju kantor, dan lain sebagainya.

Ternyata hal itu dapat menganggu kualitas tidurmu di malam hari loh. Meski tidurmu tidak terlalu lama sampai berjam-jam, pada akhirnya itu akan membuat kamu mengalami kesulitan tidur di malam hari.

(Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur)

Ada juga nih yang sering mengalami insomnia tapi hanya pada saat akhir pekan. Ketika kamu tidur terlalu lama dan bangun terlalu siang di saat libur akhir pekan.

Di malam hari, akhirnya kamu sulit tidur. Kamu terpaksa tidur lebih malam dari waktu yang biasanya. Kemudian, dia hari Senin pagi kamu akan merasa lelah dan lemas karena kurang tidur.

Jika kamu mulai mengantuk di siang hari, kamu tidak harus langsung tidur. Yang perlu kamu lakukan adalah berdiri dan regangkan kakimu. Saat itu oksigen akan meningkat, peredaran darah lebih lancar, dan kamu akan merasa lebih segar.

2. Tidak sarapan

Tidak sarapan - Bikin Produktivitas Turun Ini 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Ternyata sarapan bukan hanya untuk sumber energi di siang hari tapi juga mempengaruhi kualitas tidurmu loh. Apa hubungan antara sarapan dan tidur malam?

Sarapan ternyata menjadi jam alamiah yang ada pada dirimu. Satu jam setelah tubuh mendapatkan energi setelah bangun, tubuh akan mulai menghitung waktu sebelum kamu tidur.

Jika kamu tidak sarapan dan hanya makan siang, artinya jam alamiah itu akan terlambat. Dampaknya waktu tidurmu juga akan terlambat dari yang seharusnya.

Selain itu, sarapan mengatur metabolisme. Ketika kamu melewatkan sarapan, otak akan merasa bahwa kamu lapar. Momen itu akan membuat hormon stres kamu terus meningkat dan sebagai akibatnya kamu akan mengalami insomnia.

3. Lupa membersihkan tempat tidur

Lupa membersihkan tempat tidur - Bikin Produktivitas Turun Ini 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Tentu kamu ingat dengan lagu anak-anak yang mengajarkan untuk membersihkan tempat tidur setelah bangun pagi. Bukan hanya demi kebersihan dan kerapian, hal ini juga akan berpengaruh terhadap kualitas tidurmu di malam hari.

Meski kamu cuek dengan kamar yang berantakan, nyatanya otak kamu tidak bisa berpikir demikan. Kondisi yang berantakan sangat berpengaruh terhadap kesadaranmu.

Otak kita memiliki kemampuan untuk mengingat segala sesuatu yang ada di sekeliling kita. Jika yang kamu lihat terakhir sebelum tidur adalah kondisi yang berantakan, maka tidurmu juga akan berantakan.

4. Ngemil makanan manis sebelum tidur

Ngemil makanan manis sebelum tidur - Bikin Produktivitas Turun Ini 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Bukan hanya kegiatan selama siang hari saja, kebiasaan beberapa jam sebelum tidur juga akan sangat berpengaruh terhadap tidurmu. Satu di antaranya adalah makan makanan yang manis.

Ada apa dengan makanan manis? Ternyata gula adalah makanan utama bagi otak yang akan membuatnya jadi sangat aktif. Jika kamu makan makanan manis sebelum tidur, itu artinya kamu malah mengaktifkan otak kamu.

(Baca juga: 5 Pilihan Cemilan Sehat yang Baik untuk Tubuhmu)

Apalagi jika yang kamu makan adalah coklat. Ini adalah hal yang dijamin dapat merusak tidurmu. Selain manis, coklat juga mengandung kafein yang akan membuat otak kamu makin aktif.

5. Minum alkohol

Minum alkohol - Bikin Produktivitas Turun Ini 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Beberapa orang beranggapan bahwa minum alkohol dapat membuat tidur malam lebih nyenyak. Pada kenyataannya alkohol hanya akan membuat kamu tidur lebih awal saja tapi tidak meningkatkan kualitas tidur sama sekali.

Kamu mungkin akan tidur lebih awal, kemudian akan terbangun di tengah malam dan bahayanya adalah kamu tidak dapat tertidur lagi. Bukankah itu tidak kalah buruk daripada terlambat tidur?

Nah, ada tips tambahan ini untuk membuat tidurmu lebih nyenyak dan kamu bisa menghindari insomnia. Sebaiknya kamu mengonsumsi buah ceri sebelum tidur.

Jika kamu kesulitan mendapatkan ceri, ganti saja dengan jus ceri dengan kualitas tinggi yang bisa kamu beli di supermarket. Selain rasanya enak, jus ini bisa menjadi minuman ringan yang dapat menjadi sumber melatonin.

Nah, sudah tahu kan penyebab utama dari masalah sulit tidurmu di malam hari? Ayo mulai diperbaiki dari sekarang sebelum gangguan tidurmu makin parah dan mengganggu upaya kamu mencari nafkah di siang hari.

Buat kamu yang berprofesi sebagai pedagang, tertidur saat toko masih buka di siang hari tentu akan membuat pelanggan kecewa dan mengurungkan niat berbelanja di tempat kamu bukan? Mendingan, beristirahat yang cukup di malam hari agar bisa lebih giat lagi melayani pelanggan yang datang ke toko kamu.

Buat kamu yang sedang membutuhkan modal untuk mengembangkan bisnis, ajukan pinjaman kredit tanpa agunan (KTA) dari bank Standard Chartered yang bisa kamu ajukan dan dapatkan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke