Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Bikin Suasana Kantor Lebih Nyaman, Intip 5 Trik Ini

by Sindhi Aderianti on 29 Agustus, 2019

Bekerja kantoran selama 8 jam sehari, sesekali mungkin terasa membosankan. Dengan beberapa cara berikut, kamu bisa mengubah suasana kantor jadi lebih nyaman!

tips kerja di kantor baru _ investasi - CekAja.com

Lingkungan kerja atau kantor adalah rumah kedua bagi setiap pekerja. Suasana yang nyaman di tempat kerja tentunya sangat mempengaruhi produktivitas. Tapi namanya kerja, masalah pasti ada saja. Mulai dari atasan yang kurang bersahabat, rekan kerja kurang kooperatif, hingga banyaknya tugas tambahan sampai harus lembur.

(Baca juga: Waspadai 10 Tanda Kantor yang Tidak Akan Membuatmu Berkembang)

Kunci untuk selalu happy dalam bekerja, semua ada di tanganmu. Selain tetap semangat dan bersikap profesional, kamu juga bisa mengubah sedikit kebiasaan di kantor dengan cara-cara berikut ini. Moodbooster sekali!

1. Tata ulang meja kerjamu

Buatlah suasana tempat kerja senyaman berada di rumah sendiri. Pertama, mulai dengan menata ulang meja kantor. Meja kerja atau kubikel adalah tempat dimana kita menghabiskan waktu hampir seharian ketika bekerja.

Untuk menjadikannya terasa lebih homey, pajang foto anak, pasangan, keluarga, teman, ataupun hewan peliharaan di meja kerjamu tersebut.

Letakkan beberapa souvenir khas kota/negara yang pernah kamu kunjungi saat liburan. Dengan begitu, semangat bekerja secara tidak langsung bisa terbangun kembali.

2. Meja kerja harus selalu bersih

Selain ditata ulang, meja kerja pun jangan sampai berantakan. Banyak orang yang saking sibuknya hingga membuat meja kerja berantakan dengan tumpukan barang yang terlalu banyak. Setiap hal kurang tertata rapi, tentu berdampak pada mood kita, termasuk meja kerja ini.

Masukkan dokumen-dokumen pada organizer khusus, bersihkan meja dengan lap atau tisu basah jika berdebu, dan buang sampah pada tempatnya. Jika memiliki cukup ruangan, papan tulis kecil juga dapat membantu untuk mencatat to-do list, agar semua pekerjaan terselesaikan sesuai target.

3. Istirahat sejenak di luar kantor

Walau masih banyak kerjaan yang perlu diselesaikan, beristirahat sejenak akan membuat perasaanmu lebih rileks terutama jika dilakukan di luar kantor.

Jadi, pergilah bersama teman kantormu untuk coffee break sejenak. Cara ini juga membuka kesempatan untuk lebih dekat lagi dengan orang-orang kantor. Hindari membicarakan pekerjaan selama jam istirahat. Biarkan pikiranmu chill sejenak melalui topik-topik ringan.

Bila tidak bisa pergi keluar, cobalah untuk berjalan mengelilingi ruangan atau lakukan beberapa kali strecthing di meja untuk mengembalikan mood seperti semula.

4. Bawa camilan

Bagi sebagian orang, rasa lapar dapat membuat dirinya cenderung lebih emosional. Sedangkan dari segi kesehatan, perut yang kosong juga mempengaruhi kerja otak. Bila keduanya terjadi, pastinya akan sangat mempengaruhi kinerjamu di kantor.

Untuk menghindari hal tersebut, bawa selalu cemilan sehat di tasmu. Seperti oat bar, roti gandum,  buah pisang, yogurt, atau kacang-kacangan. Jadi walau belum masuk jam makan siang, kamu bisa ‘mengganjal perut’ lebih cepat dengan cemilan ini.

Membawa camilan sehat juga dapat menghemat pengeluaranmu untuk jajan-jajan, lho.

5. Barang kesukaan dan aromaterapi

Selanjutnya, kamu bisa membawa barang-barang yang disukai dari rumah. Semisal boneka, tumbler, bantal leher, atau headphone untuk mendengarkan musik. Letakkan di sekitar meja kerjamu untuk membuat suasana kantor nyaman.

Bila perlu, bawa aromaterapi agar membuat pikiran dan tubuh lebih rileks setiap hari. Terapi ini bisa dilakukan dengan menghirup wangi lilin atau minyak esensial.

(Baca juga: Manfaat Ruang Laktasi Bagi Busui Kantoran)

Ada banyak sekali jenis-jenis wangi aromaterapi yang bisa kamu pakai. Untuk menenangkan pikiran, pilih wangi lavender. Aroma cedarwood juga bagus sebagai relaksasi. Ajaibnya, kayu cendana ini bisa meningkatkan kapasitas memori dan konsentrasimu.

Faktanya, bekerja ternyata bukan hanya soal gaji, tapi ada faktor lain yang mendukung menambah semangat kerja, yakni suasana kerja di kantor yang nyaman atau tidak itu sendiri.

Jika merasa tidak mood untuk bekerja, 5 cara diatas boleh dilakukan. Sembari ingat-ingat kalau tidak semua orang bisa memiliki pekerjaan sepertimu. “Lebih baik capek kerja daripada capek cari kerja”, begitu kata pepatah kekinan.

Atau kalau kamu beneran sudah jenuh bekerja dan ingin mulai mempekerjakan orang lain melalui bisnis yang kamu rintis, jangan mudah menyerah ya. Apalagi kalau kendala yang kamu hadapi cuma urusan permodalan.

Dapatkan modal usaha secara mudah dan cepat melalui CekAja.com, yang akan merekomendasikan kamu produk kredit tanpa agunan (KTA) terbaik yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

 

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami