Biografi Musisi Legendaris Indonesia, Mulai Iwan Fals Hingga Chrisye

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Lagu hits sepanjang masa lahir dari musisi legendaris. Lalu, bagaimana sih perjalanan karir para musisi hebat tersebut? Berikut biografi musisi legendaris Indonesia.

Biografi Musisi Legendaris Indonesia, Mulai Iwan Fals Hingga Chrisye

Biografi Musisi Legendaris Indonesia: #1 Iwan Fals

Biografi Musisi Legendaris Indonesia Iwan Fals

Musisi legendaris Indonesia ini lahir di Jakarta pada 3 September 1961 dengan nama asli Virgiawan Listanto. Iwan Fals menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Bandung, meskipun sempat pindah ke Jeddah, Arab Saudi, selama 8 bulan.

Di Kota Kembang tersebut, Iwan Fals mengenal musik. Dia mencoba mengasah kemampuannya dalam bermain gitar dan menciptakan lagu, mulai dari usia 13 tahun. Lagu-lagu tersebut dibawakannya saat mengamen di Bandung.

Saat lulus SMA, Iwan Fals mengadu nasib ke Jakarta untuk mewujudkan karir sebagai musisi. Bersama rekannya seperti Toto Gunarto, Helmi, dan Bambang Bule, mereka mengeluarkan album pertama. Sayang, album itu gagal di pasaran.

Musisi legendaris Indonesia berzodiak virgo ini kemudian menikah dengan Rosana pada tahun 1980. Dua tahun kemudian, keduanya dikaruniai anak pertama.

Iwan Fals yang masih mengamen juga sesekali mengikuti festival musik dan lomba mencipta lagu. Sampai akhirnya Iwan Fals berkesempatan bekerja di label musik Musica Studio, di sini lah lagu-lagu karyanya digodong serius.

Perjalanan karir dan biografi musisi legendaris Indonesia ini pun dimulai. Nama Iwan Fals akhirnya booming lewat hits bertajuk Bento dan Bongkar pada tahun 1989. Kemudian bergabung dengan grup musik Kantata Takwa pada tahun 1990 dan menggelar konser yang didukung oleh pengusaha Setiawan Djodi.

Ketenaran nama Iwan Fals selanjutnya melahirkan penggemar fanatik yang membentuk Yayasan Orang Indonesia (Oi), fans keluarga besar iwan fals yakni Fals Mania FC-SI (Fama) dan Komunitas Tiga Rambu (K3R).

Profil Iwan Fals

Nama asli: Virgiawan Listanto

Nama panggung: Iwan Fals

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 3 September 1951

Tahun aktif: 1975 – sekarang

Pasangan: Rosana (menikah tahun 1980-sekarang)

Anak:

Galang Rambu Anarki (lahir 1 Januari 1982, meninggal 25 April 1997)

Annisa Cikal Rambu Bassae (lahir tahun 1985)

Raya Rambu Rabbani (lahir 22 Januari 2003)

Orang Tua:

Harsoyo (ayah)

Lies Suudijah (Ibu)

Pendidikan:

-SMPN 5 Bandung

-SMAK BPK Bandung

-Sekolah Tinggi Publisistik Jakarta

-Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Agama : Islam

Biografi Musisi Legendaris Indonesia: #2 Ahmad Dhani

Biografi Musisi Legendaris Indonesia Ahmad Dhani

Biografi musisi legendaris Indonesia lainnya yang akan dibahas adalah Ahmad Dhani. Lahir dengan nama asli Dhani Ahmad Prasetyo, di Surabaya pada 26 Mei 1972.

Di bangku SMP, Dhani bersama 3 orang sahabatnya yakni Andra Junaidi, Erwin Prasetya, dan Wawan Juniarso membentuk grup band DEWA pada tahun 1986. Banyak perlombaan musik yang diikuti DEWA. Pada saat itu, genre musik DEWA masih  berganti-ganti, mencoba rock dan jazz. Sampai akhirnya Dhani mantap di musik rock, menggandeng Ari Lasso dan merilis nama DEWA 19.

Di tahun 1991, Dhani berusaha mengembangkan karir bermusik DEWA 19 di Jakarta. Setelah banyak mengalami penolakan, akhirnya ada perusahaan rekaman dari Jan Djuhana yakni Team Records yang menerima DEWA 19.

Hits berjudul Kangen dan Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi pun booming bersamaan dengan album pertama DEWA 19 di tahun 1992. Dhani sebagai keyboardist juga berperan dalam memproduseri lagu-lagu fenomenal tersebut. Walau posisi vokalis yang ditempati Ari Lasso digantikan oleh Once Mekel, eksistensi DEWA 19 tak surut begitu saja.

Di tahun 1997, niat Dhani mengorbitkan Reza Artamevia sukses dilakukan. Lelaki yang kini menuju usia 48 tahun itu pun tertarik untuk memproduseri lebih banyak musisi. Gitaris DEWA 19 yakni Andra pun diajak berkolaborasi dengan Dhani dengan merilis album berjumlah 4 lagu.

Hingga akhirnya muncul band lain yang digawangi Dhani juga. Yakni The Rock yang kemudian berganti nama dan formasi menjadi T.R.I.A.D. Tangan dingin Dhani dalam menciptakan lagu memang sangat baik. Terbukti, T.R.I.A.D berhasil dengan hits Selir Hati, Makhluk Tuhan Paling Sexy, Munajat Cinta, dan lainnya.

Biografi musisi legendaris Indonesia ini berlanjut dengan mendirikan Republik Cinta Management yang merupakan perusahaan manajemen para musisi Indonesia di circle Ahmad Dhani.

Kehidupan percintaan Dhani tak sejalan dengan karir bermusiknya. Pernikahan Dhani dengan Maia Estianty yang juga seorang penyanyi harus kandas setelah berlangsung selama 14 tahun dan melahirkan 3 orang anak.

Kini, Dhani masih bergabung dalam DEWA 19 yang hingga kini masih eksis manggung. Hanya saja dirinya rehat dari panggung pasca tersangkut kasus hukum terkait makar politik.

Profil Ahmad Dhani

Nama asli: Dhani Ahmad Prasetyo

Nama panggung: Ahmad Dhani

Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 26 Mei 1972

Tahun aktif: 1992 – sekarang

Pasangan:

Maia Estianty (menikah tahun 1994-2008)

Mulan Jameela (menikah tahun 2008-sekarang)

Anak:

Ahmad Al Ghazali

Ahmad El Jallaludin Rumi

Abdul Qodir Jaelani

Safeea Ahmad

Aerlangga

Pendidikan:

-SMPN 6 Surabaya

-SMAN 2 Surabaya

Agama : Islam

(Baca Juga: Pendapatan Musisi dari Aplikasi Musik, Apakah Sebanyak Album Fisik?)

Biografi Musisi Legendaris Indonesia: #3 Chrisye

Biografi Musisi Legendaris Indonesia Chrisye

Biografi musisi legendaris Indonesia yang ketiga adalah Chrisye. Di balik ketenaran nama panggung itu, rupanya lelaki yang juga masih keturunan Tionghoa itu lahir dengan nama Christian Rahadi.

Musisi bershio kerbau ini lahir dan besar di Jakarta. Di masa remajanya, Chrisye pernah mengalami tindakan bully dan ejekan rasis oleh sebuah kelompok remaja lain yang tak dikenal.

Meskipun begitu, keinginannya untuk berkarya dalam bidang musik tetap kuat. Di usia 19 tahun, dia menjadi bassist Sabda Nada yang rutin manggung di Mini Disko.

Sabda Nada sendiri cukup berkembang, berganti nama menjadi Gipsy dan sempat berkarier di New York, Amerika Serikat. Bersama Gipsy, Chrisye lalu mencoba menjadi vokalis utama di album Guruh Gipsy.

Karier Chrisye akhirnya melonjak saat mengikuti Lomba Cipta Lagu Remaja (LCLR) di tahun 1977 oleh Radio Prambors. Dia menyanyikan lagu Lilin-lilin Kecil ciptaan James F Sundah. Lelaki berambut gondrong ini akhirnya merilis album debut dengan bantuan dari Yockie Suryoprayogo.

Masih di tahun 1977, terjadilah kolaborasi Chrisye, Yockie, dan Eros Djarot untuk membuat soundtrack berupa album dari film Badai Pasti Berlalu. Album itu diberi judul yang sama dengan filmnya, dan lagu-lagunya nge-hits di pasaran.

Para kritikus musik berpendapat album  ini memberikan warna baru dalam industri musik pop tanah air. Sekitar 30 tahun setelahnya, Rolling Stone Indonesia menempatkan album ini di posisi pertama dalam daftar 150 Album Indonesia Terbaik.

Setelah melahirkan banyak hits, ada berita buruk yang menghampiri Chrisye dan mengejutkan publik pada tahun 2005. Chrisye divonis mengidap kanker paru-paru stadium 4.

Banyak konser tribute untuk mendoakan dan menyumbang dana untuk kesembuhan musisi legendaris Indonesia itu. Tapi akhirnya Chrisye meninggal pada 30 Maret 2007.

Profil Chrisye

Nama asli: Christian Rahadi

Nama panggung: Chrisye

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 16 September 1949

Tahun aktif: 1977 – 2007

Pasangan: Damayanti Noor (menikah tahun 1982-2007)

Anak:

Rayinda Prashatya Chrismansyah

Rizkia Nurannisa

Randa Pramasha

Risty Nurraisa

Agama: Islam

Itu lah ulasan mengenai biografi musisi legendaris Indonesia. Bayar tagihan layanan streaming musik kini lebih mudah dengan kartu kredit. Ajukan berbagai produk kartu kredit dari berbagai bank lewat CekAja.com sekarang juga.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah