Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Bisa Bikin Miskin 7 Turunan, Ini 5 Makanan Termahal di Dunia

by Rafly Aditia on 7 Januari, 2016

Bagi sebagian orang, belanja makanan adalah pengeluaran yang harus dihemat. Apalagi jika memiliki keluarga besar. Semakin banyak mulut yang harus diberi makan, tentu pengeluaran akan semakin besar pula.

Akibatnya, orang pun selektif untuk memilih jenis makan. Namun, bagi sebagian orang lainnya, mengeluarkan uang banyak hingga jutaan rupiah demi merasakan makanan favorit bukanlah hal yang harus dipertimbangkan. Asalkan perut dan lidah puas, harga berapapun bukan masalah.

Berikut ini, ada 5 daftar makanan termahal di dunia yang harganya selangit:

Ayam Cemani – Rp 33 juta/ekor

Di luar negeri, ayam satu ini dikenal dengan julukan Lamborghini-nya para ayam. Sementara di Indonesia, ayam ini dikenal dengan nama Ayam Cemani. Ciri fisiknya yang khas membuat ayam satu ini mudah dikenali.

Soalnya, keseluruhan bagian tubuh hingga organ dalamnya berwarna hitam. Di Indonesia, ayam cemani dianggap sebagai ayam yang dekat dengan beberapa mitos tertentu. Di luar negeri, harga Ayam Cemani bisa mencapai Rp 33 juta per ekor.

(Baca juga: 10 Kota dengan Biaya Parkir Termahal)

Jamur White Truffle – Rp 66 juta/kg

Makanan asli dari Piedmont, sebuah tempat di utara Italia, ini juga sangat mahal. Namanya Jamur White Truffle. Makanan ini mengisi tangga keempat dari daftar makanan termahal di dunia. Mengapa bisa semahal itu? Karena, untuk mencari jamur tersebut tidak mudah.

Saking sulitnya, orang membutuhkan bantuan anjing yang sangat terlatih. Jamur ini memiliki ukuran yang kecil, ukuran terbesar ditemukan selama ini saja hanya sebesar 1,5 kilogram. Namun, harga jamur kecil saja sudah bisa membuat kamu kaya. Harga per kilogram jamur ini mencapai Rp 66 juta.

Telur Ikan Beluga – Rp 93 juta/kg

Bisa dibilang, telur ikan beluga setara dengan berlian. Ya, telur ikan yang sangat langka ini bahkan memiliki cara konsumsi yang sangat tidak sembarangan. Untuk memakan telur ikan beluga, kamu harus menggunakan bahan non logam seperti sendok mutiara atau tulang karena bahan metal akan merusak rasa caviar ini.

Telur ikan beluga berasal dari sebuah spesies ikan paling tua yang sudah hidup semenjak zaman dinosaurus. Tak heran harganya paling tidak menyentuh angka Rp 93 juta per kg.

Tuna Bluefin – Rp 103 juta/kg

Memiliki tekstur daging yang sangat lembut, Tuna Bluefin menjadi makanan yang paling digilai para pecinta sushi. Harga satu iris kecil dari tuna bluefin mencapai Rp 870 ribu. Ikan ini memiliki cita rasa yang benar-benar berbeda karena daging merahnya yang lembut tersebut.

Ikan ini juga bisa ditemukan di perairan Indonesia, namun sampai saat ini nelayan Indonesia belum mempunya peralatan yang lengkap untuk menangkap ikan yang harganya mencapai Rp 103 juta per kilogram tersebut.

(Baca juga: 10 Merchandise Star Wars Termahal yang Pernah Dijual)

Daun Emas – Rp 1,4 miliar/kg

Kalau pada daftar sebelumnya setiap makanan memiliki cita rasa yang khas, kali ini justru tidak memiliki rasa apapun. Ya, daun emas yang telah diolah ini tidak memiliki rasa apapun melainkan hambar. Lembaran emas berbentuk daun ini juga tidak memiliki nutrisi yang berpengaruh terhadap kesehatan.

Tetapi, gengsinya lah yang membuat daun emas ini mahal. Beberapa makanan di dunia ini menggunakan daun emas sebagai topping atau pembungkusnya, mulai dari donat hingga ayam. Harganya juga seistimewa namanya. Daun emas dibanderol senilai Rp 1,4 miliar rupiah per kilogram atau setara dengan 2 apartemen standar di Kota Jakarta.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.