Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Bisa Diakses Smartphone, Ini Tabungan yang Kasih Banyak Keuntungan

by JTO on 14 Juli, 2017

investasi sektor finansial _ investasi - CekAja.com

Anjuran menabung tentunya sudah kita dapat sejak kecil. Tapi kenapa kebiasaan ini sulit diterapkan?

Ada tiga alasan kenapa orang tidak menabung. Pertama karena uangnya habis untuk konsumtif; kedua rekening tabungan memakan banyak biaya; dan yang terakhir pembuatan rekening masih dianggap rumit.

Padahal kalau ditanya secara pribadi, pasti setiap orang punya impian dan target finansial jangka pendek maupun jangka panjang. Misalnya belanja, berlibur, atau membeli rumah.

Menabung di rumah dengan menempatkan uang di celengan atau di bawah bantal memang sudah bukan zamannya lagi. Selain minim keamanan akan risiko yang mungkin terjadi, dana yang disimpan pun tidak akan berkembang. Sebab banyak cara yang kini tersedia untuk mengembangkan tabungan, seperti deposito berjangka dengan imbal hasil lebih besar.

Jangan berpikir rumit dulu. Karena sekarang membuka tabungan sangat mudah. Tidak hanya mudah, kita juga bisa memaksimalkan dana yang tersimpan di tabungan. Berikut adalah jurus jitunya:

Bisa daftar lewat smartphone

Fungsi smartphone yang sesungguhnya adalah memudahkan, termasuk urusan finansial. Jadi jangan hanya gunakan untuk nonton video atau chat saja.

Caranya, unduh aplikasi Jenius di smartphone. Siapkan KTP karena Jenius akan meminta bukti foto bareng KTP yang kita miliki. Selanjutnya siapkan kertas dan alat tulis karena Jenius akan meminta foto dari tanda tangan kita.

Asyiknya, proses pembukaan akun memerlukan waktu sekitar 10 menit saja. Tentu, syaratnya adalah akses internet di smartphone yang kita miliki punya kekuatan sinyal yang mumpuni dan bisa menjamin prosesnya bisa dilakukan dengan lancar. Misalnya adanya jaringan 4G atau LTE atau dengan WiFi yang baik.

Depositokan uang simpananmu

Kita tentu tahu tabungan konvensional yang ada saat ini memiliki biaya administrasi bulanan. Setiap bulan nasabah harus membayar iuran bulanan yang jumlahnya mulai dari Rp5.000-Rp20.000 sebulan. Dalam setahun berarti tabunganmu ‘bocor’ sebesar Rp60.000-Rp240.000. Jumlah ini mungkin lebih besar dari bunga yang diterima.

Lalu apa solusinya? Apakah ada tabungan yang bebas biaya administrasi bulanan pada nasabahnya namun memiliki banyak keuntungan? Jawabannya adalah Jenius dari BTPN.

Pasalnya, selain tidak mengenakan biaya administrasi bulanan, Jenius juga memiliki deposito berjangka, yaitu Maxi Saver yang bisa memaksimalkan simpanan yang dimiliki. Dengan Maxi Saver, kita bebas nilai pokok yang diinginkan dan dengan tenor yang bisa diatur sesuai keinginan (1-12 bulan).

Nilai bunga yang ditawarkan mulai dari 5,75% sampai 6,25% per tahun. Angka tersebut lebih tinggi dari nilai bunga deposito di bank konvensional yang rata-rata hanya 4% sampai 5% per tahun.

Bisa dilakukan di mana saja

Sudah bukan zamannya lagi datang pagi-pagi untuk menghindari antrian lalu mengambil nomor urut sampai dipanggil customer service demi mendaftar deposito. Maxi Saver bisa diakses langsung dari smartphone. Hanya butuh waktu 60 detik untuk bisa punya tabungan deposito.

Mau mencairkan atau memperpanjang juga bisa dilakukan hanya dengan beberapa kali klik melalui smartphone. Mau sedang liburan atau bekerja, saat sibuk maupun santai, semua bisa diakses dengan mudah dan cepat.

Uang jadi cepat bertambah

Bonus gaji, THR, atau penghasilan tak terduga di luar pendapatan rutin biasanya tidak akan berkembang jika hanya disimpan. Berbeda apabila kita bisa menyimpannya di sebuah produk deposito yang penuh keuntungan seperti Maxi Saver. Dengan bunga yang ditawarkan, maka uang yang kita simpan dapat bertambah.

Maxi Saver memang menyediakan fasilitas untuk dapat mencairkan dana sebelum jatuh tempo yang disepakati. Namun ada konsekuensinya, karena hanya nilai pokok yang akan dikembalikan dan bunga yang ada akan hangus.

Khusus untuk semua Maxi Saver dengan nilai pokok yang dibuat sampai tanggal 31 Juli 2017, akan dikenakan bunga senilai 6,25%. Ini artinya kalau kita punya uang Rp10.000.000, maka kita akan mendapatkan total Rp10.625.000 setelah satu tahun belum dipotong pajak.

Mengapa harus memilih deposito berjangka?

Dalam hidup, kita pasti memiliki banyak keinginan. Entah itu melanjutkan sekolah lagi, menikah, atau sekedar liburan. Banyak keinginan, banyak juga godaannya. Apalagi ketika kita tiba-tiba menerima rezeki nomplok, semua ingin dibeli tanpa memikirkan masa depan. Menabung saja sudah susah, apalagi harus investasi.

Deposito sebenarnya merupakan produk investasi karena bisa membuat uang semakin tumbuh. Jika produk investasi lain seperti reksadana dan saham, kita perlu mempelajari tentang harga dan semacamnya. Namun di deposito, hanya perlu sekali menaruh uang ke rekening deposito.

Berikut adalah tip agar bisa lebih dapatkan keuntungan deposito:

  1. Tentukan tenor deposito sesuai kebutuhan. Tenor bisa dipilih mulai dari satu bulan. Kalau sudah yakin tidak akan menggunakan uang tersebut, pilih tenor yang terpanjang yakni satu tahun.
  2. Pilih produk deposito yang mudah dipantau. Misalnya, dengan membuka rekening deposito yang terhubung dengan aplikasi
  3. Pilih produk yang menyediakan kemudahan untuk perpanjangan maupun pencairan dana seperti Maxi Saver dari Jenius.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami