Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Bisa Gak Pinjam Uang Tanpa Syarat Apa Pun?

by Satrya Agung on 29 Maret, 2016

pinjaman bank_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Ketika kita dihadapkan akan situasi finansial yang sulit, kita akan dihadapkan dengan beberapa pilihan.

Seperti menjual barang-barang yang dimiliki, atau menggadaikannya, bahkan bisa juga dengan meminjam uang pada teman, saudara, dan keluarga. Kalau kamu punya barang-barang yang bisa dijual baiknya kamu merelakan barang tersebut.

Yang penting kesulitanmu dalam finansial bisa teratasi. Atau kalau masih rada enggan bisa menggadaikannya dengan harapan akan menembus kembali barang tersebut saat sudah punya. Tapi jika tidak ada barang yang bisa dilego, maka pilihannya adalah dengan meminjang uang.

Dasarnya akan selalu ada persyaratan yang harus kamu penuhi dalam transaksi pinjam meminjam ini. Namun jika kamu berharap pinjam uang tanpa syarat apa pun maka akan sangat sulit. Kenapa ada syarat dalam pinjam meminjam uang? Untuk jelasnya mari kita bahas bersama.

Persyaratan pinjaman

Jika kamu meminjam uang pada bank pasti ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. Standarisasinya adalah batas usia yang mana diperbolehkan mengajukan pinjaman pada bank. Biasanya hanya berusia 21 tahun ke atas yang bisa mengajukan dan mendapatkan pinjaman tersebut.

Ini didasari karena pada usia tersebut sudah dianggap dewasa baik secara fisik dan mental sehingga mengerti akan tanggung jawab yang ditimbulkan karena transaksi pinjam meminjam ini. Dengan meminjam uang pada bank kamu berkewajiban untuk membayar tagihannya tiap bulan hingga lunas. Dan jika kamu gagal membayar maka akan konsekuensi yang timbul.

Selain itu pada usia tersebut diperkiran kamu sudah mempunyai pekerjaan yang mana kamu akan mendapatkan pendapatan tiap bulan. Besar pendapatan atau gaji yang kamu peroleh dari pekerjaan tersebut cukup untuk membayar tagihan utangmu. Perlu diingat, maksimal jumlah pinjaman atau tagihan yang harus kamu bayarkan tidaklah boleh melebihi satu pertiga dari gajimu.

Ini ditujukan agar kamu masih bisa memenuhi kebutuhan primer lain walau tetap membayar tagihan hutang. Ini belum termasuk persyaratan lain mesti dipenuhi seperti status kewarganegaraan yang mana di Indonesia hanya WNI (Warga Negara Indonesia) yang boleh mengajukan pinjaman, kartu tanda penduduk, bukti penghasil tiap bulan baik dari gaji atau mungkin dari pendapatan yang kamu peroleh sebagai wirausaha, dan persyaratan lainnya.

Pinjaman tanpa syarat

Lalu bagaimana dengan pinjaman uang tanpa syarat apa pun? Apakah bisa kita mendapatkan pinjaman dengan tanpa syarat sama sekali? Bagaimana jika mengajukan pinjaman pada orang terdekat seperti teman, atau keluarga? Apakah meminjam uang pada orang terdekat seperti keluarga juga butuh persyaratan?

Iya. Biarpun kamu meminjam kepada orangtua sekalipun harus ada persyaratan yang harus kamu penuhi. Karena ini sebagi bentuk tanggung jawab kamu sebagai peminjam. Walaupun kamu tidak harus menyertakan dokumen-dokumen layaknya meminjam pada bank, tapi ada persyaratan yang harus kamu penuhi. Bahkan biasanya persyaratan tersebut muncul dari si peminjam.

Misal, saat kamu meminjam uang, kamu akan otomatis memberikan janji kapan uang tersebut akan dikembalikan. Apakah dalam waktu 1 minggu, 1 bulan atau sewaktu gajian bulan depan. Janji ini bisa dikategorikan dengan syarat.

Bisa juga datang dari yang meminjam uang, seperti uang harus dikembalikan kapan. Kamu akan mendapatkan pinjaman jika menyetujui persyaratan tersebut. Saat jatuh tempo yang sudah disepakati maka kamu harus membayar utangmu tersebut.

Maka dengan demikian bisa dibilang tidak ada pinjaman uang tanpa syarat apa pun. Sebuah persyaratan dibutuhkan dalam sebuah transaksi yang mengedepankan kepercayaan seperti pinjam meminjam. Setiap pihak harus harus berpegang teguh pada persyaratan yang sudah disepakati. Terlebih bagi yang meminjam. Setuju?

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami