Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Bisa jadi Kado Valentine, Cek 5 Pilihan Asuransi Terbaik untuk Pasangan

by Sindhi Aderianti on 11 February, 2020

Valentine tinggal menghitung hari. Sudah beli kado apa untuk pasanganmu di hari kasih sayang nanti? Cokelat mungkin terdengar sangat biasa ya. Nah, kali ini CekAja ingin merekomendasikan ide kado valentine yang berbeda, yaitu asuransi!

asuransi untuk kado valentine

Asuransi adalah bentuk perlindungan diri dan proteksi keuangan untuk masa depanmu. Selain itu, bisa juga dijadikan instrument investasi. Memang jika mendengar biaya preminya, mungkin kamu akan beralasan ‘belum butuh’. Tapi kalau melihat manfaat yang diberikan asuransi di kemudian hari, tentu sangat worth it.

Tahun 2020 harus lebih melek finansial, dong. Apalagi jika kamu berniat menikah dalam waktu udekat. Pas kalau memilih asuransi sebagai kado valentine untuk pasanganmu. Yuk, lihat-lihat pilihan jenis asuransi yang tepat untuknya berikut ini:

1. Asuransi kesehatan

Penyakit sering kali hadir tanpa permisi. Kamu pastinya tak rela kalau sang kekasih jatuh sakit dan sulit mendapat perawatan medis yang mumpuni. Oleh karena itu, lindungi dirinya dengan jaminan dari asuransi kesehatan. Memiliki asuransi sedari muda amat disarankan, karena preminya akan terhitung lebih murah.

Asuransi kesehatan punya beragam manfaat, dimana segala biaya yang terkait dengan kesehatan seperti biaya rumah sakit, biaya dokter, biaya obat, dan biaya operasi akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Beberapa asuransi juga menyediakan fasilitasi biaya untuk penyakit kritis.

Memiliki asuransi kesehatan tetap penting, meskipun pasanganmu sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Hal ini karena asuransi swasta menawarkan kenyamanan, pelayanan lebih cepat, jaringan rumah sakit yang luas, fleksibilitas serta adanya fasilitas pencairan klaim. Jadi, tak akan rugi bila kamu menghadiahinya asuransi tersebut.

2. Asuransi kendaraan

Selain asuransi kesehatan, punya asuransi mobil juga tak kalah pentingya. Apalagi jika pasanganmu membeli mobil dengan cara menyicil. Asuransi kendaraan akan menjamin segala risiko yang menimpa si dia dan mobil, entah itu karena pencurian atau kecelakaan di jalan.

(Baca juga: 11 Cara Operator Bandara Cegah Masuk Virus Corona ke Indonesia)

Jenis asuransi kendaran ada 2, yakni Asuransi all risk  dan TLO (Total Loss Only). Untuk asuransi all risk, pihak perusahaan akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Sedangkan asuransi TLO hanya akan menjamin riisko kehilangan atau kerusakan pada kendaraan dengan minimal kerusakan sebesar 75 persen.

3. Asuransi perjalanan

Pasanganmu hobi jalan-jalan atau sering business trip keluar kota/negeri? Valentine ini, berikan ia kado asuransi perjalanan saja. Semakin jauh perjalana, risiko yang hadir otomatis semakin banyak. Untuk itu, asuransi perjalanan siap memberi keuntungan sebagai berikut:

  • Kecelakaan diri
  • Bagasi dan barang milik pribadi
  • Gangguan dan pembatalan penerbangan
  • Penggantian biaya pengobatan akibat kecelakaan
  • Biaya evakuasi medis dan pemulangan jenazah
  • Keterlambatan penerbangan
  • Layanan 24 jam untuk bantuan medis darurat
  • Penghentian perjalanan

Traveling kemana jadi lebih nyaman dan aman, karena pasanganmu selalu dilindungi oleh asuransi perjalanan. Bahkan untuk kasus virus corona yang marak terjadi di beberapa negara, asuransi perjalanan bisa membantumu untuk membatalkan rencana perjalanan tersebut.

4. Asuransi jiwa

Kamu juga bisa menghadiahi sang pujaan hati asuransi jiwa. Asuransi jenis ini sebenarnya akan sangat berguna untuk pasangan yang sudah menikah. Pasalnya, asuransi jiwa bertanggung jawab memberikan perlindungan bagi pencari nafkah.

Fungis utama asuransi jiwa tak lain untuk melindungi keluarga dari dampak finansial akibat hilangnya sumber penghasilan. Semisal, risiko tak terduga saat suami meninggal dunia. Begitupun kalau kemungkinan buruknya, kepala keluarga mengalami cacat permanen. Kamu dan keluarga akan mendapat sejumlah uang untuk menutupi kebutuhan dalam jangka waktu tertentu.

5. Asuransi kecelakaan diri

Terakhir, asuransi kecelakaan diri pun bisa kamu berikan sebagai kado valentine. Memang tidak ada yang mau musibah terjadi, contohnya kecelakaan. Apalagi sampai membahayakan keselamatan pasangan. Tapi sebagai upaya berjaga-jaga, asuransi jenis ini justru sangat penting untuk juga dimiliki.

(Baca juga: Hindari 5 Tempat Ini Saat Rayakan Valentine)

Asuransi kecelakaan diri berguna sebagai pemberi santunan terhadap risiko kematian, cacat total, serta biaya pengobatan akibat suatu kecelakaan yang diderita tertanggung baik itu kecelakaan lalu lintas ataupun kecelakaan kerja. Intinya, asuransi kecelakaan diri bisa meringangkan meringankan beban finansial atas risiko besar tersebut.

Namun, ada beberapa pengecualian risiko yang tidak dijamin. Misalnya jika kecelakaan terjadi karena karena kesengajaan atau kecerobohan pemilik polis asuransi. Lalu berkelahi, percobaan bunuh diri, atau melakukan tindakan kriminal juga tidak lolos kualifikasi untuk diberikan santunan.

Gimana, sudah tak bingung lagi, kan mau beli kado valentine apa untuk si dia? Kamu bisa mendapatkan semua produk asuransi tersebut secara online melalui CekAja.com. Ikuti step by step pengajuannya, dalam sekejap asuransi pilihanmu bisa langsung dimiliki.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.