Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Bisnis Musiman Saat Imlek yang Bisa Bikin Kamu Banyak Uang

by Surtan Siahaan on 6 Februari, 2016

Perayaan Imlek atau Sin Tjia tinggal menunggu hitungan hari. Mumpung hari besar warga Tionghoa ini sudah di depan mata, tidak ada salahnya mencoba peruntungan dalam berbisnis.  Sebab, Imlek yang dirayakan keturunan Tionghoa di seluruh dunia ini identik dengan berbagai barang kebutuhan tertentu.

Siapa tahu, dengan memanfaatkan momen yang singkat ini, kamu bisa memetik untung banyak. Mau tahu bisnis apa saja yang bisa kamu jalankan saat Imlek? Berikut ini idenya:

1. Kembang api

Puncak perayaan Imlek biasanya sangat meriah. Selain dirayakan dengan makan malam bersama di restoran, keluarga keturunan Tionghoa juga gemar bermain kembang api menjelang tahun baru itu. Permintaan kembang api pun biasanya meningkat drastis menjelang hari H.

Nah, tidak ada salahnya kan mencoba berjualan kembang api di sekitar permukiman warga Tionghoa di kotamu. Siapa tahu, setelah Imlek kamu bisa mengantongi duit lumayan.

(Baca juga: 5 Cara Mencegah Kantong Jebol Selama Imlek)

2. Pernak pernik Imlek

Bunga sakura, lampion, baju cheongsam adalah sebagian dari pernak-pernik yang dibutuhkan warga Tionghoa untuk merayakan Imlek. Sama seperti pohon natal bagi orang Kristen atau busana muslim bagi pemeluk Islam, bisnis pernak-pernik Imlek tidak ada matinya.

Setiap tahun, orang Tionghoa pasti mengalokasikan biaya untuk kebutuhan satu ini.

3. Penyewaan mobil

Imlek kali ini sangat istimewa karena membuat akhir pekan akan terasa semakin panjang. Artinya, banyak orang yang juga akan memanfaatkan kesempatan libur panjang ini untuk berlibur ke luar kota. Sejumlah tempat wisata pun diprediksi akan penuh.

Kalau kamu punya kendaraan pribadi dan tidak berencana menggunakannya saat libur nanti, bisa saja kamu menawarkan jasa penyewaan mobil. Jika kamu berasal dari kota yang menjadi tujuan wisata, manfaatkan pengetahuan kamu tentang daerah setempat untuk membuat penawaran lebih menarik dengan jasa sopir.

(Baca juga: Trik Memaksimalkan Diskon Belanja Online di Momen Imlek)

4. Dodol Imlek

Makanan satu ini bakal dicari-cari saat Imlek. Maklum, dodol Imlek atau sering disebut dengan kue keranjang erat kaitannya dengan perayaan Imlek. Biasanya, keluarga Tionghoa membawa makanan satu ini sebagai persembahan saat sembahyang.

Mumpung Imlek masih beberapa hari ke depan, tidak ada salahnya membuat makanan yang terbuat dari ketan dan gula jawa ini untuk dijual. Sebab, permintaan terhadap makanan satu ini akan terus berdatangan hingga perayaan Cap Go Meh atau 15 hari setelah malam Imlek.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami