Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Pilihan Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Ditiru Oleh Pemula

by Ayunindya Annistri on 22 November, 2019

Sukses merintis bisnis di usia muda, siapa yang tak mau? Namun impian ini kadang terkendala karena besarnya modal yang dibutuhkan, terlebih untuk pemula. Bahkan, beberapa diantara mereka rela meminjam dana dengan jumlah yang tidak sedikit. Padahal faktanya, kini banyak bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal oleh pemula, salah satunya adalah bisnis online.

Beruntunglah kita yang hidup di era serba digital ini. Karena, selain kemudahan mengakses informasi dari seluruh penjuru dunia, era digital banyak dimanfaatkan untuk memulai bisnis online tanpa modal. Kamu hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet yang stabil untuk memudahkanmu dalam memulai bisnis online tersebut.

Tips Memulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Memulai bisnis ini sebenarnya cukup gampang, karena kamu enggak perlu memiliki toko fisik. Asalkan komitmen dalam menjalaninya ditambah dengan kreativitas tanpa batas, bukan tidak mungkin bisnis online yang dijalani bisa mendatangkan untung besar. Berikut tips memulai bisnis online tanpa modal:

Apapun bisnis yang dijalankan, tidak terkecuali bisnis online, tentu memiliki tujuan utama. Karena dengan adanya tujuan utama, kamu pun bisa menentukan strategi dan menanggulangi segala risiko agar tujuan tersebut bisa dicapai.

Bukan tidak mungkin suatu bisnis yang dijalani bisa merugi sewaktu-waktu, termasuk pula bisnis online tanpa modal. Untuk itu, sebagai pemula yang baru berkecimpung dalam dunia bisnis, kamu perlu memiliki mental yang kuat, agar bisa melalui segala kendala dalam memulai bisnis online ini. Jika gagal, jangan pernah patah semangat! Karena ingatlah, suatu kegagalan bisa jadi jalan untukmu meraih sukses di masa mendatang.

Keberhasilan suatu bisnis dapat dilihat dari strategi yang digunakan. Tanpa adanya strategi, sebagaimana pun bisnis yang dijalankan pasti akan merugi lantaran tidak mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. Oleh karena itu, untuk memulai bisnis online tanpa modal, kamu harus memiliki strategi yang matang, termasuk pula cara mencegah risiko kerugian sewaktu-waktu.

Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal, Keuntungan Besar

Kalau kamu masih bingung akan plihan bisnis yang ingin dijalani tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, tenang saja! Berikut 6 pilihan bisnis online tanpa modal untuk pemula yang bisa ditiru:

1. Freelance Writer

Suka menulis dan paham mengenai dasar-dasar Search Engine Optimization alias SEO? Jika iya, maka kamu bisa memulai bisnis online tanpa modal yang satu ini, freelance writer. Pasalnya, kini banyak perusahaan besar membutuhkan seseorang yang tak hanya pandai menulis saja, namun juga paham akan SEO. Sehingga tulisan yang diterbitkan bisa mencapai target, yaitu menempati halaman pertama di mesin pencarian Google.

Tetapi sayangnya, tidak semua perusahaan berani membayar besar untuk seorang freelancer writer, terlebih jika kamu adalah pemain baru dalam bidang ini. Jadi, jangan berekspektasi tinggi ya, bila diawal merintis bisnis ini, kamu hanya meraup keuntungan sekitar Rp 3 hingga Rp 5 juta saja setiap bulannya.

2. Jasa Titip

Ketenaran jasa titip dikalangan pecinta belanja, menjadikan bisnis online tanpa modal ini berpeluang menghasilkan untung besar. Bahkan, bila kita mengetik kata ‘jastip’ di Instagram, akan muncul ratusan akun yang siap melayani kebutuhan pelanggan dengan merek dan harga berbeda-beda.

Untuk memulai bisnis jastip, kamu hanya membutuhkan ponsel dan akun Instagram saja. Kemudian upload foto barang-barang branded tersebut yang sedang mengadakan promo maupun diskon besar-besaran. Bakal lebih baik lagi, jika akun Instagram jastip memiliki lebih dari puluhan ribu followers dan jangan lupa gunakan hashtag, agar pengguna Instagram lainnya bisa melihat barang yang kamu tawarkan.

(Baca Juga: Cara Menghemat Listrik Paling Efektif Agar Tagihan Tidak Membengkak)
3. Jasa Desain Grafis Online

Kalau tidak ingin bekerja kantoran, kamu bisa mencoba mengembangkan bakatmu dalam mendesain dengan menjadi seorang desain grafis online. Selain waktu kerjanya yang jauh lebih fleksibel, membuka jasa desain grafis online jelas menguntungkan, karena pekerjaannya bisa dilakukan di rumah. Sasaran pasar untuk bisnis online tanpa modal ini, salah satunya adalah perusahaan yang baru berkembang alias start up.

4. Youtuber

Ingin menjadi YouTuber sukses dan terkenal seperti Ria Ricis atau Atta Halilintar? Bisa banget! Apalagi kalau kamu sudah terbiasa menghibur orang lain dengan lawakan atau karya yang dibuat. Konon kabarnya, seorang YouTuber, bisa meraup pendapatan besar yaitu sekitar Rp 7 juta per bulan, jika video yang diunggah berhasil ditonton sebanyak 1 juta viewers.

Untuk menjalani bisnis online tanpa modal ini, kamu memerlukan kamera atau smartphone, laptop dengan aplikasi edit video dan koneksi internet yang stabil. Selanjutnya, tinggal menyiapkan akun YouTube dan video semenarik mungkin untuk diunggah. Semakin bagus konten video yang dibuat, maka semakin banyak juga orang yang menonton video tersebut. Siap-siap jadi terkenal dan mendapat keuntungan besar ya!

5. Fotografer

Kalau menyenangi dunia fotografi, kamu bisa melakoni bisnis online tanpa modal yang satu ini. Asalkan sudah memiliki skill yang mumpuni serta kamera dan peralatan penunjang lainnya. Kalau hasil foto sekiranya memiliki nilai jual tinggi, kamu dapat memasarkannya di media sosial yang dimiliki.

6.  Bisnis Dropshipping

Satu lagi bisnis online yang bentuknya hampir mirip dengan bisnis jastip yaitu dropshipping. Bisnis ini bisa ditekuni oleh pemula, karena kamu tidak perlu repot untuk menyetok barang sendiri, melainkan membeli dari pihak lainnya, tetapi saat dijual masih atas namamu.

Lantas, bagaimana cara kamu mendapatkan untung dari bisnis ini?

Rupanya cara mendapatkan keuntungannya cukup mudah loh, kamu hanya perlu menghitung rata-rata harga asli produk ditambah laba dan biaya ongkir. Tak hanya itu saja, bisnis ini juga enggak perlu modal, karena semua produknya bisa langsung kamu dapatkan dari berbagai online shop terpercaya.

Bagaimana? Sudah siap memulai? Jika ingin mencoba bisnis lainnya tapi masih kekurangan dana, enggak perlu khawatir ya. Karena CekAja.com punya solusi untuk masalahmu. Yuk, ajukan pinjaman dananya dari sekarang dan dapatkan beragam penawaran menarik yang sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau