Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Bisnis Ramah Lingkungan Ini Untungnya Bisa Bikin Kamu Adem

by Surtan Siahaan on 20 Januari, 2016

bisnis sampah - CekAja.com

Dulu bisnis ramah lingkungan memang dijauhi karena dianggap mahal dan tidak efisien. Namun, tumbuhnya kesadaran konsumen terhadap lingkungan membuat produk- produk ramah lingkungan punya pasar tersendiri. Bagi kamu yang berencana membuat bisnis, sejumlah ide ini mungkin menarik untuk dipertimbangkan. Berikut ini daftar bisnis ramah lingkungan yang bisa dicoba:

Furnitur bekas

Bisnis furnitur sedang naik daun. Booming ini tidak cuma berlaku untuk furnitur baru melainkan juga furnitur second alias bekas. Hal ini dipicu oleh mahalnya harga furnitur baru. Maklum, harga kayu semakin hari semakin mahal saja.

Selain itu, para pemburu furnitur juga beranggapan bahwa kualitas kayu pada furnitur bekas tergolong lebih baik dibandingkan yang baru. Untuk berbisnis furnitur bekas kamu hanya butuh kreatifitas. Sebab, hanya dengan sedikit polesan, furnitur lama bisa diubah menjadi barang cantik yang harganya menarik.

Kerajinan daur ulang

Binsis kerajinan dari bahan daur ulang sangat dihargai di luar negeri. Dan, di Indonesia, bisnis seperti ini pun mulai memiliki pasarnya sendiri. Ke depannya, bisnis ini diprediksi akan berpeluang tumbuh semakin besar.

Keunggulan bisnis kerajina dari bahan daur ulang adalah bahannya yang murah dan mudah diperoleh. Bahan yang digunakan bisa diambil dari botol plastik bekas, kertas bekas atau kain bekas yang bisa disulap menjadi aneka pernak-pernik cantik dan menarik.

(Baca juga: Ini Bisnis Pabrik yang Bisa Kamu Jalankan Dengan Modal Mini)

Daur ulang elektronik

Masih ingat dengan cerita warga Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang bikin heboh karena mampu membuat televisi dari monitor komputer rusak? Asal memiliki keahlian di bidang elektronik, kenapa tidak membuat usaha sejenis.

Hanya bermodalkan Rp 300 ribu per televisi, kamu bisa memperoleh untung Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. Ide lainnya adalah akuarium dari bahan televisi bekas. Akuarium jenis ini sedang hype karena bentuknya yang unik dan cocok jadi pajangan.

Cukup bermodalkan hardcase tv bekas dan kerjasama dengan pengrajin akuarium, kamu bisa memasarkan produk unik satu ini.

Pupuk Organik

Sampah adalah permasalahan sekaligus solusi bagi orang yang jeli. Banyaknya sampah rumah tangga baik organik maupun tidak di lingkungan sekitar kita merupakan modal yang berharga.

Kalau kamu mau, kamu bisa mengolah sampah menjadi pupuk organik yang punya nilai ekonomi. Apalagi, gaya hidup sehat yang mendorong orang untuk mengkonsumsi makanan organik membuat pupuk organik memiliki pasarnya sendiri.

(Baca juga: Bisnis Dadakan Ini Bisa Bikin Kaya Mendadak di 2016)

Pabrik limbah plastik

Binsis satu ini belum banyak dilirik oleh pelaku UKM di Indonesia. Padahal, prospek bisnis ini cerah karena permintaan pabrik plastik akan limbah cukup tinggi. Harga jual limbah plastik berupa bubuk juga cukup mahal.

Sekilo bubuk limbah plasrtik dihargai Rp 8.000 hiongga Rp 9.000. Nah, untuk memulai bisnis ini dibutuhkan dua hal: mesin penghancur plastik dan lahan untuk menampung dan menjemur limbah plastik. Untuk mesin harganya berfariasi antara Rp 200 juta hingga Rp 250 juta.

Tentang Penulis