Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Bisnis Sampingan Artis Indonesia yang Bikin Mereka Jadi Lebih Kaya

by Rafly Aditia on 25 Agustus, 2016

tips bisnis _ pinjaman usaha - CekAja.com

Profesi artis masih punya daya tarik bagi anak muda. Apa lagi alasannya kalau bukan penghasilan yang tinggi. Dalam sekali syuting, misalnya, seorang artis sinetron terkenal bisa mengantongi puluhan juta rupiah.

Namun, kekayaan artis Indonesia yang besar tidak hanya bersumber dari honornya sebagai penghibur. Di balik pekerjaan utamanya, sejumlah artis Indonesia memiliki bisnis sampingan yang membuat mereka jadi lebih kaya. Beberapa usaha sampingan para artis bahkan sudah punya pamor. Siapa para artis tersebut dan bisnis apa yang mereka geluti? Berikut ini artikel selengkapnya.

Endorse media sosial

Sekarang banyak sekali artis Indonesia yang menjadikan media sosial, terutama Instagram, sebagai sumber penghasilan. Mulai dari artis papan atas sampai pendatang baru menyediakan media sosial mereka sebagai ruang mempromosikan produk tertentu. Bayaran yang dipatok pun tidak murah, bahkan bisa sampai jutaan rupiah hanya untuk satu endorse di media sosial.

Ada sejumlah artis Indonesia yang sering disebut sebagai ratu endorse di antaranya Sharena Gunawan, Putri Titian, Jessica Iskandar, Chika Jessica. atas.

(Baca juga: 3 Tantangan Menjalankan Usaha Tanpa Modal Besar)

Bikin startup

Ternyata saat ini banyak artis yang sudah melek di dunia bisnis teknologi. Hal itu dibuktikan dengan bermunculannya startup-startup yang didirikan artis. Sebagian besar startup itu berbasis teknologi. Sebut saja situs kincir.com milik Giring Nidji atau MalesBanget.com punya Christian Sugiono.

Bisnis fesyen

Artis dan fasyen adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Hal ini begitu terbukti jika melihat banyaknya artis yang ikut terjun ke dunai fashion. Sebut saja Daniel Mananta yang sukses dengan brand “Damn I Love Indonesia”. Begitu juga dengan Raffi Ahmad, Ariel Noah, Zaskia Sungkar, Zaskia A. Mecca,  dan sejumlah artis Indonesia lainnya.

Tempat karaoke

Selain itu, banyak penyanyi Indonesia yang memilih karaoke sebagai bisnis sampingan. Sebut saja Inul Daratista yang sukses dengan Inul Vista, Rossa yang mendirikan Diva Karaoke, hingga Allegro karaoke milik Maia Estianty. Ada pula karaoke Masterpiece milik Ahmad Dhani hingga Ayu Ting-Ting yang menggunakan namanya sebagai merek karaoke.

Investasi properti

Tidak banyak artis yang diketahui menekuni bisnis properti. Namun, beberapa artis yang mengambil jalan tersebut juga ada seperti Rossa yang dikabarkan punya villa mewah di Raja Empat, Raffi Ahmad dengan koleksi apartemennya, sampai Nikita Willy yang diam-diam berinvestasi tanah, apartemen dan townhouse.

(Baca juga: 4 Film Inspiratif Penuh Motivasi untuk Meraih Sukses)

Bisnis rumah makan memang jadi pilihan

Nampaknya, bisnis kuliner juga berhasil memikat para artis. Bahkan banyak artis Indonesia yang memilih untuk menjalani bisnis retoran sebagai usaha sampingan mereka. Sebut saja pasangan Darius dan Donna Agnesia yang membukar restoran bernama Meet The Beef atau Tukul Arwana dengan Bakul Tukulnya.

Ingin punya bisnis sampingan seperti artis Indonesia namun terbentur keterbatasan modal? Dapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga terbaik di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.