BLT UMKM Rp2,4 Juta Diperpanjang pada 2021, Berikut Syarat dan Cara Mendapatkannya!

Kabar baik bagi kita semua! Sebab, BLT UMKM Rp2,4 juta diperpanjang pada 2021. Dikarenakan peminatnya yang begitu banyak, Bantuan Langsung Tunai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (BLT UMKM) akan diperpanjang oleh Kementerian Koperasi dan UMKM hingga tahun 2021 ini.

Teten Masduki, selalu Menteri Koperasi dan UMKM, mengungkapkan bahwa sudah terdapat 28 juta pelaku UMKM yang mendaftar untuk bisa mendapatkan bantuan.

Padahal ketika itu, pemerintah justru hanya menyalurkan bantuan kepada 12 juta pelaku UMKM saja. Dan dikarenakan hal itulah, BLT UMKM Rp2,4 juta diperpanjang pada 2021 ini.

(Baca Juga: 5 Pilihan Pinjaman Online Jika BLT UMKM Rp2,4 Juta Tak Cair)

Nah, untuk kamu yang ingin mendapatkan BLT UMKM ini, maka diharuskan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah kabupaten/kota di wilayah masing-masing.

Akan tetapi, tentu sebelum melakukan pendaftaran, tentu kamu juga diharuskan untuk memenuhi persyaratan dan mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan.

Lantas, apa saja sih persyaratan dan dokumen yang harus kamu penuhi? Maka dari itu, yuk simak dulu pembahasan kita berikut ini.

Siapa yang Berhak Menerima BLT UMKM?

Untuk BLT UMKM Rp2,4 juta diperpanjang pada 2021, maka dapat dipastikan bahwa penerima dana bantuan tidak akan berubah dan tetap sama dengan tahun 2020, yaitu berupa 12 juta pelaku UMKM.

Pada nantinya, BLT UMKM akan ditujukan kepada pemilik UMKM yang belum pernah mendapatkan atau menerima bantuan pinjaman atau sejenisnya dari pihak perbankan (unbankable).

Sedangkan bagi yang sudah mendapatkan bantuan dan berhasil menjalankannya, maka disarankan untuk mengikuti program KUR super mikro.

Persyaratan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa untuk mendaftar BLT UMKM Rp2,4 juta diperpanjang pada 2021, kamu harus memenuhi sejumlah persyaratan terlebih dahulu, yaitu adalah:

  • Merupakan pelaku usaha mikro yang sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan (unbankable).
  • Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul.
  • Bukan berasal dari anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, maupun pegawai BUMN/BUMD.

Bagi para pelaku UMKM yang belum memiliki rekening, akan tetap bisa mendaftar. Sebab, pada nantinya UMKM yang telah dinyatakan berhak menerima bantuan akan segera dibuatkan rekening oleh salah satu bank penyalur.

Adapun bank penyalur yang berpartisipasi adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) TBK (BNI), dan Bank Syariah Mandiri (BSM).

Cara Melakukan Pendaftaran

Perlu diketahui bahwa untuk melakukan pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 juta diperpanjang 2021, tidak dapat dilakukan secara online, melainkan kamu diharuskan untuk mengajukan diri secara langsung di Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) yang terletak di kabupaten maupun kota masing-masing.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa sejumlah berkas yang dibutuhkan, yaitu berupa:

  • NIK
  • Nama Lengkap
  • KTP
  • Alamat Tempat Tinggal
  • Bidang Usaha
  • Nomor Telepon

Apabila tempat usaha ternyata berbeda dengan domisili atau tempat tinggal, maka pendaftar harus meminta Surat Keterangan Usaha (SKU) terlebih dahulu dari desa tempat kamu membangun usaha.

Cara Cek Status Penerima

Setelah kamu melakukan pendaftaran dengan mengikuti cara dan langkah yang telah dibahas sebelumnya, kamu kamu bisa langsung melakukan pengecekan, untuk mengetahui status penerima bantuan.

Cara yang bisa kamu lakukan yaitu sebagaimana berikut ini:

  • Kunjungi laman https://eform.bri.co.id/bpum
  • Masukkan nomor kTP dan kode verifikasi ke dalam kolom yang telah disediakan
  • Klik “Proses Inquiry”
  • Setelah itu, secara otomatis layar akan menunjukan informasi atau pemberitahuan terkait status penerima bantuan yang telah kamu lakukan sebelumnya.

Jika kamu dinyatakan sebagai penerima bantuan, maka segeralah datang ke Bank BRI terdekat dengan membawa identitas diri. Mudah banget kan!

Proses Pencairan

Pencairan BLT UMKM Rp2,4 juta diperpanjang 2021 dapat dilakukan melalui Bank BRI, yaitu dengan melengkapi dokumen Surat Pernyataan dan/atau kuasa Penerima Dana BPUM dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

Akan tetapi pada nantinya, kamu tak perlu sibuk mempersiapkan surat-surat tersebut, karena sepenuhnya akan disediakan oleh pihak dari Bank BRI.

Sehingga, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengisi dan melengkapi data yang diperlukan. Bagi penerima dana bantuan yang telah memiliki rekening BRI, maka bisa langsung membawa persyaratan lainnya, seperti buku tabungan, kartu ATM, dan identitas diri.

Sementara itu bagi yang belum memiliki nomor rekening, maka akan dicetakkan buku tabungan oleh Bank BRI, yaitu dengan membawa KTP dan bukti SMS atau pemberitahuan mengenai apakah kamu benar-benar telah dinyatakan menerima bantuan dana atau tidak.

Butuh Modal Usaha? Ajukan Saja di CekAja.com!

Jadi, itulah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui mengenai BLT UMKM Rp2,4 juta diperpanjang pada 2021.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa BLT UMKM ini hanyalah diperuntukan bagi kamu yang sudah memiliki usaha namun membutuhkan dana tambahan untuk mengembangkannya.

Lantas, bagaimana jika belum memiliki usaha sama sekali? Segera ajukan pinjaman modal usaha saja di CekAja.com.

Tanpa memerlukan persyaratan yang muluk, di sini kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar cicilan lho.

(Baca Juga: Cara Daftar Pinjaman BRI untuk UMKM)

Dengan kata lain, kamu bisa mengajukan pinjaman dana dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan serta memilih tenor yang sekiranya tidak membebankan kamu perihal finansial.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online. Sehingga, kamu bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun.

Pencairan dananya pun juga hanya membutuhkan beberapa hari saja setelah pengajuan kamu diversifikasi dan disetujui.

Dengan adanya CekAja.com, kamu tak perlu khawatir lagi untuk mencari modal usaha dalam membangun bisnis impian. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan pinjaman modal usaha kamu hanya di CekAja.com.