Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Bokek? Coba Lakukan 5 Hal Ini Agar Dompet Kamu Kembali Tebal

by Miftahul Khoer on 18 Juni, 2019

Salah satu ‘penyakit membahayakan’ bagi setiap orang adalah gak punya duit alias bokek. Dalam keadaan bokek, rasanya setiap orang malas melakukan aktivitas dan lebih memilih diam di rumah aja. Jangankan ke luar rumah, mau apa-apa aja seolah dibatasi oleh kondisi finansial. Ujung-ujungnya kamu ya cuma bisa ngelamun gak keruan. Apa benar begitu?

bangkrut - CekAja.com

Eits, tunggu dulu. Selain diam gak jelas di rumah meratapi kondisi dompet yang sedang gak bersahabat, ada baiknya kamu melakukan lima hal ini yang bisa saja mengubah ‘nasib’ kamu lebih ceria dan menggembirakan lagi. Dan tentunya bikin dompet kembali tebal seperti sediakala. Yuk simak!

1. Tagih utang

Coba deh ingat-ingat lagi apakah kamu punya piutang, atau pernah meminjamkan uang kepada saudara, teman, sahabat, kerabat, dan orang yang dikenal lainnya? Kalau iya, lebih baik kamu tagih deh mumpung momennya tepat.

Bilang saja ke orang yang kamu pinjemin duit kalau kamu lagi butuh banget. Ini juga bisa jadi senjata dan alasan kamu yang selama ini segan menagih utang karena segan. Tenang, ini hak kamu kok agar duit yang kamu pinjemin bisa balik lagi.

Sekecil apapun utang yang kamu pinjamkan akan sangat bermanfaat jika dikembalikan apalagi dalam kondisi kamu yang sedang bokek. Namun, bukan berarti utang orang ke kamu Rp1.000 atau Rp5.000 juga harus benar-benar ditagih kali ya. Kalau segitu mah biar diikhlasin aja deh.

(Baca juga: 5 Cara Pulihkan Keuangan Pasca Lebaran, Cek Yuk!)
2. Bongkar celengan

Dalam keadaan bokek, ada satu cara lain yang juga bisa kamu lakukan yaitu membongkar celengan. Paling tidak uang recehan atau bahkan puluhan ribuan yang rutin kamu masukan ke celengan bisa menolong ‘penyakit kronis’ yang kerap dialami oleh hampir banyak orang ini.

Hanya saja ketika bongkar celengan, kamu gak perlu mengambil semua uang yang ada. Baiknya sih ambil secukupnya saja sesuai kebutuhan kamu untuk mengobati bokek yang kamu alami. Caranya, kamu bongkar celengan kemudian kamu ambil yang kamu butuhkan dan setelah itu kamu masukin kembali sisanya ke celengan yang baru. Kalau gak begitu ya nanti bisa-bisa duit di celengan bisa habis tak kekontrol.

3. Cari uang yang nyelip

Pernahkah kamu mendapat rezeki nomplok yang gak terduga? Ya, misalnya nemu duit yang nyelip di saku celana atau baju saat mau dicuci. Atau mungkin nemu duit di bawah kasur yang jatuh atau sengaja disimpan tapi lupa naro. Atau mungkin di tempat-tempat lain. Nah, saatnya kamu harus rajin ‘berburu’ uang rezeki nomplok tersebut. Siapa tahu kan, kamu memang benar-benar lupa nyimpan uang di mana aja dan akhirnya memang ketemu. Ya itu sih rezeki kamu.

Namun, biasanya memang ada tempat-tempat tertentu di mana ada uang yang nyelip terutama di saku celana. Coba deh periksa satu per satu baju dan celana kotor kamu. Syukur-syukur kamu benar-benar mendapat ‘uang kaget’ yang ada di saku celana dan tempat lainnya.

4. Jual barang tak terpakai tapi masih bernilai

Jangan kehabisan akal ketika kamu dilanda bokek berat. Meski kondisi ini sama sekali membuat kamu malas ngapa-ngapain, ada cara lain kok yang bisa kamu lakukan untuk sekedar ‘menambal’ kekosongan dompet kamu yakni dengan menjual barang bekas atau yang gak terpakai yang ada di sekitar kamu.

Coba deh kamu kumpulin barang-barang yang benar-benar menurut kamu sudah tidak terpakai tapi masih bisa digunakan oleh orang lain. Kamu bisa menjual barang bekas seperti kardus, perabotan dapur, kertas dan barang bekas lainnya yang bisa kamu jual ke tukang loak.

Kamu juga bisa menjual barang yang gak terpakai tapi masih bisa digunakan orang lain. Misalnya kamu punya beberapa gitar di rumah, nah kamu bisa jual salah satunya yang menurut kamu jarang dipakai tapi masih bisa digunakan orang lain. Coba jual di marketplace atau media sosial kamu dengan harga yang sesuai dengan barang. Jika ada yang beli ya berarti bisa cukup ‘mengobati penyakit’ bokek kamu.

(Baca juga: Belajar Cara Kelola Uang ala Generasi Baby Boomers Yuk!)
5. Bantu-bantu orang terdekat

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang terutama di saat kamu sedang bokek. Masalahnya, apakah kamu mau atau tidak mencari cara tersebut. Nah, cara lainnya yang bisa dilakukan adalah menghubungi teman kamu untuk bisa membantu mereka yang sekiranya sedang membutuhkan bantuan.

Misalnya kamu bisa bantu-bantu saudara atau teman yang punya toko, rental komputer, atau kafe. Bilang ke teman kamu kalau kondisi kamu sedang bokek dan butuh pekerjaan untuk bisa mendapatkan uang yang kamu butuhkan. Syukur-syukur teman kamu dengan ikhlas bisa meminjamkan kamu sejumlah uang untuk mencukupi kebutuhan kamu tanpa harus mengerjakan pekerjaan miliknya.

Namun, jika memang kamu benar-benar gak bisa berbuat banyak setelah mencoba ke sana kemari buat dapet uang dalam kondisi bokek, kamu bisa kok mengakses CekAja untuk mendapat panduan finansial secara terpercaya. Di CekAja, kamu bisa mengajukan pinjaman apapun sesuai kebutuhan kamu. Kuy cek!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami