Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Berhemat Uang Boleh Saja, Asalkan …

by Ariesta on 11 Januari, 2016

terlilit utang - CekAja.com

Kebanyakan orang telah diajarkan sejak kecil bahwa berhemat adalah hal yang baik. Kalau kamu punya kupon diskon, manfaatkan untuk belanja. Akan tetapi berhemat tidak selamanya baik. Berikut ini enam usaha berhemat yang sebaiknya  tidak kamu lakukan beserta risikonya.

Membeli peralatan bayi bekas

Harga stoler atau baby box memang tidak murah sehingga banyak orang tua yang mencari altenatif barang bekas. Ini tidak masalah. Namun mainan untuk berlatih menggigit, botol susu, dan dot adalah peralatan yang sebaiknya dibeli dalam kondisi baru. Ini karena penggunaan benda-benda tersebut berkontak langsung dengan bayi sehingga harus terjaga kebersihan dan kehigeinisannya.

Membeli sepatu murah

“Sepatu murah menyebabkan lecet dan kapalan,” kata Alan Berman, ahli penyakit kaki dan bedah ortopedi Bedah dari New York. Daripada berfokus sepenuhnya pada harga, Berman menyarankan agar konsumen mencari sepatu dengan bagian hak dan alas yang kuat dan kokoh. Dia juga merekomendasikan fleksibilitas di daerah kaki. Untuk sepatu olahraga, pastikan kakimu bisa bernapas dengan nyaman. (Baca juga: Empat Tips Irit Atur Belanja Bulanan)

Membeli asuransi dengan premi termurah

Tentu saja lebih baik memiliki asuransi kesehatan yang biasa saja daripada tidak memilikinya sama sekali. Namun Dan Maynard, presiden dari Connecture, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi kesehatan menyarankan agar kamu tidak main-main dalam jaminan kesehatan. Tidak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Tidak mau membayar pemasangan kitchen set

Terkadang konsumen berusaha menghemat pengeluaran dengan tidak membayar biaya pemasangan saat membeli kitchen set. Penting untuk diingat, dengan membayar biaya pemasangan, produsen bertanggung jawab atas instalasi dan kerusakannya yang ditimbulkan akibatnya. Jadi, jangan ambil risiko dengan memasang sendiri. (Baca juga: Lima Cara Hemat Ketika Ingin Kredit Rumah)

Membeli produk yang menjanjikan gratis di awal bulan

Sangat menggoda untuk membeli sesuatu yang menjanjikan gratis biaya di bulan-bulan awal. Misalnya gratis internet tiga bulan pertama kalau berlangganan setahun atau gratis semua channel tv kabel.  Pembayaran selama setahun bisa memangkas uang simpananmu apalagi jika kondisi finansial memang kurang sehat. (Baca juga: Ini Biaya Kesehatan yang Harus Kamu Tanggung Bila Pensiun Tanpa Asuransi)

Tidak ke dokter saat sakit

Ini merupakan upaya penghematan yang sering dilakukan orang. Penyakitmu mungkin terkesan sepele, tapi kalau berlangsung terus menerus, jangan pelit untuk mengeceknya ke dokter. Penyakit  berat berawal dari gejala ringan. Lebih baik lagi jika kamu rutin melakukan check up kesehatan.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami