Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Boleh Ditiru Jakarta, Ini Daftar Kota Surga Bagi Pesepeda

by Miftahul Khoer on 21 November, 2019

Kemacetan dan polusi membuat pemerintah daerah terus berusaha untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Bukan hanya membuat transportasi massal yang nyaman, namun juga jalur sepeda.

Salah satu yang tengah giat melakukannya adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang sedang fokus membangun 63 kilometer (km) jalur sepeda di sejumlah ruas jalan. Jalur-jalur tersebut mulai diuji coba sejak 20 September silam.

Sepeda sendiri, telah menjadi alternatif moda transportasi bagi warga di sejumlah negara yang ramah lingkungan. Beberapa kota di negara ini bahkan dikenal sebagai surga yang paling nyaman bagi pesepeda. Simak daftarnya!

1. Amsterdam dan Utrecht, Belanda

Biasanya dalam satu negara hanya satu kota saja yang terkenal untuk bersepeda, namun tidak begitu dengan Belanda. Di negara ini, setidaknya ada dua kota yang sangat nyaman bagi pesepeda yaitu Amsterdam dan Utrecht.

Amsterdam sendiri konon memang memiliki infrastruktur kota yang kebanyakan diperuntukkan bagi para pesepeda. Lalu lintas kota ini juga lebih banyak didominasi oleh pesepeda dibandingkan mobil pribadi.

Selain nyaman, kota ini konon juga memiliki pemandangan yang asyik dinikmati sambil bersepeda. Jaringan utama infrastruktur untuk pesepeda juga telah dibangun dengan sempurna oleh pemerintah setempat, sehingga bersepeda di kota ini menjadi sangat menyenangkan. Masyarakat pengguna sepeda juga terus meningkat dengan jumlah yang fantastis membuat tingkat penjualan sepeda lebih tinggi dari kendaraan bermotor.

2. Copenhagen, Denmark

Kota ini juga sangat ramah bagi pesepeda, dengan jalur khusus pesepeda yang lebar dan nyaman di jalan raya serta jembatan khusus pesepeda di pelabuhan dan tempat-tempat keren lainnya. Di kota ini, pesepeda lebih dihargai dibandingkan pengendara kendaraan bermotor.

(Baca juga: Setuju atau Tidak Kalau Sepeda Motor Bisa Masuk Jalan Tol?)

Kota ini memiliki sekitar 402 km jalur khusus pesepeda yang “menggusur” keberadaan kendaraan pribadi bahkan angkutan umumnya. Saking terkenalnya dengan pesepeda, kota ini menyelenggarakan Copenhagen Bike Show setiap tahun dan menjadi ajang rutin temu komunitas pesepeda dari seluruh dunia.

3. Sevilla, Spanyol

Sevilla memiliki jalur sepeda sepanjang 80 km yang dibuat khusus demi kenyamanan para pesepeda. Tidak usah takut jalurnya digunakan pengendara bermotor, jalur sepeda dibatasi plang besi yang rapat. Kota ini berusaha sangat keras untuk mengubah citra kotanya untuk menjadi kota yang ramah bagi pesepeda.

4. Tucson, Amerika Serikat

Kalau Denmark punya ratusan kilometer jalur sepeda, Tucson memiliki sekitar 1.000 km jalur khusus pesepeda. Ditambah lagi, jalur terpanjang didominasi di pusat bisnis, sehingga membuat masyarakat lebih nyaman bersepeda dibandingkan kendaraan lain. Adapun setiap Sabtu, diadakan bersepeda santai hingga ke gunung di daerah tersebut, yaitu Gunung Lemmon.

5. Wina, Austria

Sepeda sangat mendominasi setiap perlintasan di kota Wina, selain trem, bus, dan taksi. Saking ngetrennya bersepeda, kepemilikan sepeda di kota ini sangat tinggi. Kalau tidak mau beli, ada juga penyewaan yang membuat orang menjadi tertantang untuk mengayuh pedal sepeda.

Sama dengan Copenhagen, di Wina juga terdapat festival bagi pesepeda Argus Bike Festival yang digelar tiap bulan April.

6. Montreal, Kanada

Kota ini sudah memiliki 643 kilometer jalur sepeda dan masih terus pemerintah kota tersbeut terus berusaha untuk memanjangkannya. Montreal juga menjadi pioner dalam membuat jalur sepeda di kawasan Amerika Utara.

Pada awal tahun 2000-an, pemerintah di sana menginvestasikan dana mencapai US$134 juta (Rp1,3 triliun) untuk memperbaiki dan membangun jalur sepeda baru. Pembangunan ini juga termasuk untuk memperluas wilayah ramah sepeda. Saking panjangnya jalur sepeda di negara ini, dengan bersepeda, penduduk dan wisatawan bisa main ke taman nasional dengan pemandangan yang sangat indah.

7. Strasbourg, Perancis

Perancis mulai menetapkan aturan kawasan bebas kendaraan bermotor di sejumlah titik, terutama yang dipadati turis. Meski kotanya terbilang masih sepi, namun Strasbourg sangat nyaman bagi pesepeda karena nyaman, indah, dan sepi. Ditambah lagi, keamanannya juga sangat terjamin dengan CCTV 24 jam di setiap sudut kota.

(Baca juga: Cocok Untuk Ibu Muda, Ini 5 Sepeda Listrik Di Bawah Rp 3 Juta)

Apakah kamu sudah siap mengayuh sepeda di kotamu? Selain sehat bagi diri sendiri, kamu juga tentu bisa ikut serta mengurangi polusi udara akibat kendaraan bermotor. Yuk mulai dari sekarang!

Kalau belum punya sepeda di rumah, manfaatkan program cicilan 0% dengan tenor 3, 6, 12, sampai 24 bulan dari kartu kredit PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI untuk memiliki sepeda kamu sendiri.

Dapatkan kartu kredit BRI melalui CekAja.com yang memungkinkan kamu memilih dan membandingkan langsung benefit kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan. Ajukan sekarang juga di sini.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.