Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Bos Go-Jek Hingga Rich Brian Masuk Daftar Tokoh Inspiratif Asia

by Achmad Fauzi on 25 Mei, 2018

Media asal Singapura, The Straits Time merilis daftar orang-orang yang paling inspiratif di Asia. Sebanyak 50 orang mulai dari pebisnis, seniman, sampai dengan atlet masuk ke dalam daftar. Yang membanggakan, ada enam orang Indonesia yang masuk ke daftar tersebut.

Enam orang Indonesia tersebut masuk ke daftar bertajuk 50 Asians to Watch versi The Straits Time. Mulai dari bos transportasi online Go-Jek Nadiem Makarim sampai rapper muda yang mendunia Brian Imanuel masuk dalam daftar.

The Straits Time menganggap enam orang Indonesia itu memiliki karya serta kepribadian yang bisa mengubah orang-orang Asia maupun dunia. Yuk cek nama-nama mereka!

Nadiem Makarim (Enterpreneur, CEO Go-Jek)

Siapa yang tak mengenal Nadiem Makarim? Pencetus ojek online yang telah banyak mengubah kebiasaan orang Indonesia. Karena, dengan Go-Jek, orang-orang dapat memesan ojek melalui aplikasi handphone Anda.

Apalagi saat ini Go-Jek tak hanya sebagai transportasi online penumpang, tetapi juga menawarkan jasa antar barang (Go-Send), makanan (Go-Food), alat kesehatan, massage, dan kebersihan (Go-Clean).

Ini juga bukan pertama kalinya Nadiem menjadi inspirasi banyak orang. Pada tahun 2012, Nadiem juga dinobatkan sebagai Asian Of The Year versi The Straits Time.

(Baca juga: Hati-Hati Tawaran Investasi Bodong Jelang Lebaran!)

Brian Imanuel alias Rich Chigga (Rapper)

Pemuda berwajah oriental ini sukses mengguncang Asia dan dunia dengan musiknya, khususnya hip-hop. The Straits Time menilai kehidupan rapper berusia 18 tahun ini telah bertransformasi dari Youtuber menjadi penyanyi dan penulis lagu di kancah musik Amerika Serikat.

Remaja yang belajar bahasa Inggris dari Youtube ini, memulai karirnya dengan membuat sandiwara komedi di sosial media Twitter. Pada tahun 2012, seorang teman memperkenalkannya ke hip-hop.

Debut single-nya, “Dat $tick” melambungkan Rich Chigga ke panggung dunia dan video musik resminya telah dilihat lebih dari 90 juta kali di YouTube. (Baca juga: Biaya Nikah Pangeran Harry dan Meghan Markle Tembus Rp600 Miliar, Cek Rinciannya!)

Album debutnya “Amen”, dirilis di Amerika Serikat pada 2 Februari. Album Amen juga telah mencapai nomor 1 di iTunes hip-hop chart. Raihan ini menjadikan dirinya artis Asia pertama yang melakukannya.

Joey Alexander (Pianis)

Remaja 14 Tahun ini merupakan orang Indonesia pertama yang masuk ke dalam nominasi Grammy Award. Album debutnya pada 2015 yang berjudul “My Favorite Things”, membawanya untuk meraih dua nominasi yakni “Best Jazz Instrumental Album” dan “Best Improvised Solo”.

Selain itu, Joey juga musisi Indonesia pertama yang terdaftar di Billboar chart mingguan dari 200 album terlaris di Amerika Serikat.

Joey telah belajar piano sejak usia enam tahun. Dia belajar sendiri dengan menggunakan keyboard elektronik mini pemberian orang tuanya.

Joey akan menjadi headlining Rochester International Jazz Festival, salah satu festival yang terbesar di dunia pada bulan Juni. Dirinya juga telah merilis album barunya “The Eclipse”, pada 4 Mei lalu. (Baca juga: Jokowi Teken Aturan THR dan Gaji ke-13 PNS, Diberikan Juni dan Juli 2018)

Faye Simanjuntak (Aktivis)

Remaja berusia 15 tahun ini mulai terkenal setelah mendirikan sebuah organisasi yang menampung korban-korban pedagangan manusia yaitu, Rumah Faye. Lewat organisasinya, cucu Menteri Luhut Binsar Pandjaitan ini mencegah, menyelamatkan, dan merehabilitasi korban perdagangan manusia.

Pada tahun 2016, Rumah Faye membuka perumahan penampungan pertamanya hingga 20 anak perempuan antara usia 12 dan 18 tahun, dan menawarkan program rehabilitasi fisik, psikologis, dan spiritual serta pendidikan dan pelatihan kejuruan.

Peraih Nobel Perdamaian Desmond Tutu pun menganugerahkan Faye menjadi salah satu dari tiga finalis teratas untuk Penghargaan Perdamaian Anak Internasional melalui Rumah Faye.

William Tanuwijaya (Enterpreneur, Tokopedia)

Setelah lulus dari sekolah menengah di sebuah kota kecil di Sumatra Utara tahun 1999, William Tanuwijaya pindah ke Jakarta untuk belajar Teknologi Informasi. Karena bukan orang yang mampu, William harus menggunakan kapal laut untuk bisa mengasah ilmu di Jakarta.

Saking uangnya pas-pasan, William pernah bekerja di warnet selama berjam-jam. Setelah lulus, William kemudian bekerja sebagai pengembang game dan perangkat lunak. (Baca juga: Cegah Delay Saat Mudik, 1.200 Petugas dan Penerbangan Tambahan Disiapkan)

Pada tahun 2009, William bersama temannya membuat startup jual beli yang dinamakan Tokopedia. Tokopedia saat ini merupakan startup terbesar di Indonesia.

Bahkan, pada tahun 2014 nama William menjadi headline di media cetak dan online Indonesia setelah Tokopedia menerima 100 juta dolar AS dari Softbank dan Sequoia Capital. Tidak hanya itu, raksasa e-commerce asal China Alibaba juga menyuntik dana ke Tokopedia sebesar 1,1 miliar dolar AS.

Budi Gunadi Sadikin (Direktur Utama PT Inalum)

Budi Gunadi Sadikin juga masuk ke dalam 50 daftar orang yang paling ditunggu dan menginspirasi banyak pihak. Dia adalah Direktur Utama PT Inalum (Persero).

Saat ini, Inalum menjadi perusahaan holding BUMN sektor tambang. Inalum membawahi PT Bukit Asam, PT Timah (Persero) Tbk (TINS), PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ATNM), dan PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA).

Tidak hanya itu, perusahaanya juga sedang bernegosiasi untuk mengakuisisi saham mayoritas di Freeport Indonesia yang mengoperasikan tambang Grasberg, tambang emas terbesar di dunia. Jika dia berhasil, perusahaannya akan menjadi perusahaan tambang terbesar di Asia Tenggara.

Bagaimana menurut Anda? tokoh-tokoh tersebut sangat menginspirasi bukan? Pantas jika mereka dianggap sebagai sosok paling ditunggu di Asia.

Jika Anda juga ingin menjadi inspirasi bagi banyak orang, Anda bisa memulai perusahaan sendiri untuk bisa berguna bagi sesama. Mulailah saat ini juga! (Baca juga: Cek E-Learning OJK Agar Anak-anak Anda Melek Keuangan)

Apabila Anda butuh pendanaan dalam merintis usaha, silakan kunjungi CekAja.com untuk mendapatkan pinjaman modal usaha.

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.