Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Bosan Jadi Karyawan? Cek Daftar Ide Bisnis Usai Lebaran!

by Tisyrin N. T on 21 Juni, 2018

Setelah Lebaran, tak jarang perusahaan mengalami masalah berupa berkurangnya jumlah karyawan. Ya, tak sedikit karyawan yang memutuskan resign usai menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Jika Anda termasuk salah satunya dan sedang mencari peluang bisnis, simak yuk!

pengusaha muda _ pinjaman usaha - CekAja.com

Menjadi karyawan memang menjanjikan suatu kenyamanan dalam hal finansial. Namun, tak selamanya jalan menjadi karyawan akan mulus. Ada saja hal-hal yang membuat seseorang harus  berhenti mulai dari mengundurkan diri karena berbagai alasan hingga terkena PHK.

Tak jarang mantan karyawan memutuskan beralih menjadi pengusaha. Nah, apabila Anda termasuk orang yang sedang mempersiapkan diri terjun ke dunia usaha, inilah beberapa ide bisnis yang cocok dikembangkan pasca Lebaran.

Day care

Salah satu masalah yang dialami banyak orangtua setelah Lebaran adalah pengasuh yang tidak kembali lagi ke rumah dengan berbagai alasan. Nah, day care bisa menjadi pilihan bagi orangtua yang sulit mendapatkan pengasuh pengganti.

Bisnis day care memerlukan modal yang tak sedikit serta tenaga kerja yang mumpuni. Jika Anda serius ingin menjadi pengusaha, tak ada salahnya mencoba bisnis yang satu ini. Day care berpeluang berkembang di kota-kota besar karena banyak orang tua yang sibuk.

Dengan adanya day care, orangtua bisa menitipkan anak di tempat yang aman. Selain itu,  anak juga tak sekedar bermain tetapi juga bisa belajar bersosialisasi dengan kawan seusianya. (Baca juga: Libur Lebaran Usai, Pemerintah Ingatkan PNS Jangan Bolos Kerja)

Bisnis perlengkapan sekolah

Saat Idulfitri, anak-anak sekolah biasanya mendapatkan amplop Lebaran yang apabila dikumpulkan maka jumlahnya terbilang lumayan. Orangtua kerap mengarahkan anak-anak menggunakan uang Lebaran untuk sesuatu yang berguna termasuk membeli perlengkapan sekolah.

Bisnis perlengkapan sekolah akan semakin menjanjikan apabila libur Lebaran datang bersamaan dengan liburan kenaikan kelas, seperti tahun ini. Maka, selama liburan, anak-anak dapat memanfaatkannya untuk berburu perlengkapan sekolah.

Nah, untuk mendulang untung dari perlengkapan sekolah, Anda tak harus membuka toko fisik. Anda bisa menjual perlengkapan sekolah secara online dengan mengincar orangtua yang mencarikan perlengkapan sekolah baru untuk anak-anaknya.

Laundry

Selain pengasuh yang seringkali ‘menghilang’ pasca Lebaran, tak jarang Asisten Rumah Tangga alias ART juga tidak kembali ke rumah setelah Lebaran. Dengan ketiadaan ART, tentu banyak keluarga yang kelimpungan karena pekerjaan rumah menumpuk.

Jasa laundry tentu sangat diperlukan dalam kondisi semacam itu. Selagi bisa mendapatkan tempat yang strategis untuk usaha laundry serta bisa memberikan tarif yang kompetitif, maka bisnis laundry pun berpotensi laku keras.

Cuci motor mobil atau bengkel

Sesuai perjalanan mudik, mobil dan motor seringkali dalam kondisi kotor dan memerlukan service. Selain itu, tak sedikit orang yang membeli  kendaraan baru sebelum mudik sehingga potensi untuk mendapatkan pelanggan semakin besar.

Anda bisa mengembangkan bisnis cuci mobil dan motor sekaligus bengkel, atau hanya salah satunya. Jika Anda memiliki modal yang cukup serta lokasi usaha yang memadai, layanan lengkap berupa cuci mobil dan motor sekaligus bengkel bisa Anda garap.

Bisnis makanan atau minuman sehat

Saat Lebaran, kebiasaan makan secara tak terkendali bisa timbul. Sesuai menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, nafsu makan bisa meningkat ketika Lebaran tiba. Selama Lebaran, makanan berlemak serta mengandung gula tinggi tersaji di rumah. Hal tersebut bisa mengundang aneka keluhan penyakit.

Karena itulah, kesadaran untuk hidup sehat seringkali terbit pasca Lebaran. Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan berbisnis katering makanan sehat, minuman sehat, hingga cemilan sehat. (Baca juga: Butuh Pinjaman Cepat untuk Menikah? Cek Di Sini!)

Nah, bagi Anda yang masih kebingungan karena belum memiliki modal bisnis yang cukup, Anda bisa mengajukan pinjaman online di CekAja.com. CekAja.com adalah e-commerce finansial nomor satu di Indonesia yang menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga keuangan terpercaya.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami