Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Brand Sepatu Lokal: 10 Nama yang Tak Kalah Mantul dari Merek Luar

by Miftahul Khoer on 20 Januari, 2020

Baik pria maupun wanita, khususnya kaum milenial saat ini telah menjadikan sepatu sebagai barang koleksi yang wajib dimiliki. Berbagai produsen sepatu bermunculan di mana-mana. Termasuk brand sepatu lokal yang sedang naik daun dan tak kalah bersaing dengan brand luar.

sepatu Compass

Selain dipakai untuk melindungi kaki, sepatu juga kini memang telah menjadi lifestyle untuk menopang gaya sehari-hari. Sepatu bisa menjadi elemen utama sebagai penunjang penampilan agar terlihat menarik.

Maka dari itu, tak heran jika berbagai produsen sepatu bermunculan. Buat kamu yang pengen tampil lebih kece lagi, berikut daftar brand sepatu lokal yang lagi hype di 2020 untuk menambah koleksi kamu.

1. Brodo
Brodo - Brand Sepatu Lokal 10 Nama yang Tak Kalah Mantul dari Merek Luar
source: bro.do

Beragam jenis sepatu buatan brand Brodo sudah banyak dipasarkan secara luas. Kamu juga pasti sudah tidak asing lagi dengan brand sepatu lokal satu ini. Salah satu yang menjadi pride bagi Brodo adalah pernah terpilih sebagai Official Footwear Merchandise Asian Games 2018 lalu. Maka tak diragukan lagi Brodo ini telah menjadi salah satu brand yang masuk ke dalam daftar brand Indonesia terbaik saat ini.

Brand yang hype ini awalnya hanya memproduksi sepatu formal, casual, dan jenis boots. Namun, melihat peluang sepatu sneakers cukup besar, sekarang brand sepatu pria ini juga mencoba berinovasi dan menyuguhkan sepatu sneakers kepada customer-nya. Harga sepatu sneakers ini mulai dari kisaran Rp250.000 hingga Rp495.000.

(Baca  juga: 7 Brand Sepatu Basket Pemain NBA Terpopuler yang Paling Dicari)
2. Nah Project
Nah Project - Brand Sepatu Lokal 10 Nama yang Tak Kalah Mantul dari Merek Luar
source: mldspot.com

Jika kamu melihat dari logo brand ini sekilas mirip New Balance tapi jangan salah ternyata brand ini berasal dari Indonesia dengan nama Nah Project. Beberapa tahun belakang Nah Project mulai dikenal luas dan digandrungi anak-anak muda. Tak dipungkiri memang selain model dan desain yang menarik, tampilan dari brand Nah Project ini sangat eyes catching, kekinian dan terlihat simple.

Untuk pemasarannya pun, Nah project ini terlihat cukup berhasil. Apalagi beberapa waktu lalu brand produk Nah ini dipakai oleh orang nomor satu di tanah air, ya siapa lagi kalau bukan Presiden Jokowi. Oleh karena itu nama brand ini semakin melambung tinggi banyak digemari oleh kawula muda. Untuk harganya sendiri ada mulai dari Rp297.000 hingga Rp415.000.

Apalagi secara model, desain sepatu yang ditawarkan Nah sangat kekinian dan didukung pula dengan harga yang terjangkau.

3. Compass
Compass - Brand Sepatu Lokal 10 Nama yang Tak Kalah Mantul dari Merek Luar
source: mainbasket.com

Brand Compas sendiri sudah ada sejak tahun 1998, dalam perjalanannya tersebut banyak mengalami pasang surut hingga tahun 2017, Compass melakukan inovasi-inovasi serta memperbaiki strategi pemasarannya hingga bisa melejit sampai sekarang.

Mungkin brand yang satu ini bisa dikatakan paling popular di kalangan milenial. Brand sneakers lokal bernama Compass ini lagi hype dan banyak digandrungi anak muda. Yang tak kalah menariknya yaitu setiap rilis artikel baru, brand ini selalu ditunggu-tunggu dan seringkali sampai sold out.

Ada banyak customer yang hingga rela mengantri berjam-jam untuk mendapatkan sepatu Compass dari store-nya langsung. Hal tersebut lantaran sneakers yang diproduksi Compass memiliki harga yang cukup terjangkau dan kualitasnya bener-bener memuaskan. Harga sepatu sneakers dibanderol mulai dari kisaran Rp130.000 hingga Rp960.000.

4. Geoff Maxx
Geoff Max - Brand Sepatu Lokal 10 Nama yang Tak Kalah Mantul dari Merek Luar
source: blibli.com

Berbicara fesyen, Kota Bandung memang selalu menjadi buruan paling pertama. Ada banyak barang-barang berkualitas dan bernilai seni tinggi yang dibuat oleh anak-anak kreatif asal Bandung ini. Seperti halnya brand yang berasal dari kota kembang ini dan kini namanya mulai mencuri perhatian banyak orang.

Geoff Maxx ini didirikan pada tahun 2012 lalu dengan mengusung konsep yang keluar dari pasaran. Geoff Maxx lebih fokus pada konsep old school. Produk yang dibuat Geoff Maxx ini tidak hanya sepatu saja tetapi Geoff juga memproduksi kebutuhan fesyen lainnya seperti kaos, jaket, topi. Untuk harga sepatunya berkisar antara Rp275.000 hingga Rp420.000-an.

5. Word Division
Word Division - Brand Sepatu Lokal 10 Nama yang Tak Kalah Mantul dari Merek Luar
source: axoo.us

Para pecinta fesyen streetwear pasti gak asing lagi dengan nama brand yang satu ini. Ya siapa lagi kalau bukan Word Division yang juga berasal dari Kota Bandung. Sepatu produksi Word Division umumnya menggunakan berbahan kanvas premium, kulit asli, dan ada juga menggunakan kulit sintetis untuk beberapa bagian. Materialnya dijamin berkualitas sehingga nyaman ketika digunakan dan tahan lama. Harga yang dibanderol Word Division di kisaran Rp550.000-an.

6. Poison Street
Poison Street - Brand Sepatu Lokal 10 Nama yang Tak Kalah Mantul dari Merek Luar
source: fjb.kaskus.co.id

Kemudian ada lagi nih brand sneakers lokal bernama Poison Street dengan mengedepankan kualitas dan harga yang sangat cocok di kantong. Selain desainnya yang simple dan pilihan sneakers bertali atau slip on masih menjadi andalan produk Poison street. Pasar yang diincar oleh yaitu anak-anak muda milenial dan anak sekolah dengan mengaplikasikan warna hitam putih sehingga bisa dipadupadankan dengan seragam sekolah, terutama anak sekolah di tingkat atas. Harganya mulai dari Rp200.000-an hingga Rp500.000-an.

7. Patrobas
Patrobas - Brand Sepatu Lokal 10 Nama yang Tak Kalah Mantul dari Merek Luar
source: jualo.com

Brand sepatu lokal yang satu ini tak kalah hype. Brand Patrobas sendiri kini mulai banyak dicari oleh para pecinta sepatu-sepatu casual. Selain itu ada banyak pilihan model yang bisa kamu pilih, jadi pelanggan pun bisa lebih leluasa mencari mana yang cocok untuk mereka pakai. Dengan memberikan banyak pilihan model, tentu saja Patrobas bisa menggaet lebih banyak pelanggan selain itu harga yang dibanderol tidak terlalu membuat kantong kita kering kerontang. Harga sepatu Patrobas mulai dari Rp250.000-an.

8. Instinct
Instinct - Brand Sepatu Lokal 10 Nama yang Tak Kalah Mantul dari Merek Luar
source: id.carousell.com

Beda halnya dengan merek sepatu yang satu ini. Brand Instinct berasal dari Samarinda yang memfokuskan produknya pada sepatu skateboard atau skate shoes. Dengan harga sekitar Rp400.000-an, sebanding dengan harga yang mereka berikan, kualitas sepatu Instinct tidak bisa dibantah lagi. Nah untuk kamu para skaters bakal lebih kece kalau kamu pakai sepatu Instinct ini.

9. Saint Barkley
Saint Barkley - Brand Sepatu Lokal 10 Nama yang Tak Kalah Mantul dari Merek Luar
source: neighbourlist.com

Banyak yang mengira, produk sepatu lokal ini dari luar. Meski memiliki nama asing, eh ternyata nama band Saint Barkley ini berasal dari Bandung. Hingga kini, brand ini banyak mencuri perhatian karena berkualitas tinggi serta dibanderol dengan harga terjangkau sesuai kocek anak milenial, harganya mulai dari Rp330.000-an lho. Selain itu, ketenaran sepatu ini juga tidak dipungkiri karena berkat bapak Presiden Jokowi yang pernah membeli pada saat acara Jakarta Sneaker Day 2018 lalu. Kantor Pusat Saint Barkley berada di Jalan terusan Jakarta No. 47, Bandung.

(Baca juga: Merk Sepatu Futsal Terbaik Beserta Tips Memilih yang Tepat)
10. Losing Grip
Losing Grip - Brand Sepatu Lokal 10 Nama yang Tak Kalah Mantul dari Merek Luar
source: id.carousell.com

Brand lokal sepatu yang satu ini menekankan pada gaya sporty sekaligus trendi. Ya nama brand-nya yaitu Losing Grip. Sepatu yang mereka tawarkan yaitu model sepatu sneakers dengan ciri khas berupa tipe Hi Basic. Jangan salah, harganya pun cocok di kantong dan terjangkau banget pastinya, harganya sekitar Rp450.000-an. Untuk look-nya sendiri jangan diragukan lagi, pokoknya cocok banget buat kamu kaum milenial urban yang suka bergaya santai.

Nah, itulah 10 sepatu brand lokal yang kini banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Buat kamu yang masih bingung dan masih memakai produk luar, kini hasil produk anak muda Indonesia pun tak kalah keren dan berkualitas lho!

Biar belanjamu lebih asyik, kantongi juga kartu kredit terbaik untuk memudahkan transaksi dan mencicipi berbagai promo. Kamu bisa gunakan kartu kredit Mayapada untuk menikmati promo Chinese New Year tahun ini yang seru.

Nikmati diskon 8% lewat promo bertajuk Festival Belanja Hoki Tokopedia atau Chinese New Year JD.ID. Yuk belanja!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.