Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

BTS Mampu Hasilkan US$4,65 Miliar, Ternyata Cuma Segini Kekayaan Personelnya

by Anes Saputra on 27 Februari, 2020

BTS merupakan salah satu grup K-Pop paling populer yang sering menduduki puncak tangga lagu Korea Selatan maupun Amerika Serikat (AS). Boyband ini memulai debutnya pada tahun 2013 dengan tujuh anggota, yaitu Jin, Jimin, V, Jungkook, J-Hope, SUGA, dan RM.

BTS menjadi ‘gelombang’ besar di kancah musik secara global. Karya mereka digilai banyak orang di berbagai dunia. Nama mereka jadi topik perbincangan di dunia maya.

Secara grup, estimasi kekayaan yang dimiliki oleh Bangtan Boys ini bernilai sekitar US$60 juta atau Rp847,04 miliar. Angka ini mereka peroleh tak hanya dari pasar Korea saja tapi juga dari berbagai negara, termasuk AS.

Namun, menurut Hollywood Reporter, selama perjalanan kariernya grup ini mampu menghasilkan US$4,65miliar alias Rp65,64 triliun dari PDB negaranya, Korea Selatan. Wow!

Tak hanya dari penjualan album dan tur dunia, BTS juga mengumpulkan kekayaan mereka dari penjualan merchandise. Misalnya pada 2017, BTS berkolaborasi dengan aplikasi messenger, LINE, untuk membuat merchandise dan streetwear bagi para penggemar yang disebut BT21. Merchandise tersebut terdiri dari totebag, case smartphone, hingga mainan.

Selain itu, BTS juga pernah berkolaborasi dengan brand kosmetik, VT yang menghadirkan lipstik, palet eye shadow, hingga foundation. Kemasan dari makeup tersebut pun menyertakan karakter BT21.

Kemudian Mattel, merek boneka ternama, juga membuat boneka miniatur para personil BTS di 2019. BTS pun menjadi brand ambassador dari berbagai merek ternama, salah satunya FILA dan tidak lupa Tokopedia dari Indonesia.

Jadi nggak heran deh kalo manajemen BTS berhasil memperoleh pemasukan yang luar biasa. Eh tapi gimana dengan para anggotanya? Berikut adalah jumlah kekayaan masing-masing personil dari BTS.

1. J-Hope (US$12 juta atau Rp169,4 miliar)

J-Hope - BTS Mampu Hasilkan US$4 Miliar Ternyata Cuma Segini Kekayaan Personelnya

Menurut Celebrity Net Worth, J-Hope menempati urutan pertama dengan memiliki kekayaan bersih tertinggi di antara anggota BTS lainnya. Kekayaan J-Hope tercatat sebesar US$12juta yang ia hasilkan sebagai rapper, dancer, penyanyi, serta produser rekaman. Selain itu, jumlah tersebut ia peroleh dari proyek lainnya di luar BTS.

(Baca juga: Nama-Nama Asli Artis Korea yang Sebenarnya. Kamu Sudah Tahu?)

Pada 2018, J-Hope merilis mixtape solo yang berjudul “Hope World”. Mixtape tersebut pun sempat menduduki puncak tangga lagu di Billboard 100 di Amerika Serikat. Menurut Billboard, J-Hope membuat sejarah menjadi solo Korea pertama dengan rilisan yang paling laris.

Tak hanya di Amerika, mixtape tersebut juga menduduki urutan pertama di 7 negara lainnya, termasuk Kanada.

2. Jin (US$8 juta atau Rp112,93 miliar)

Jin - BTS Mampu Hasilkan US$4 Miliar Ternyata Cuma Segini Kekayaan Personelnya

Di urutan selanjutnya ada Jin dengan jumlah kekayaan US$8juta. Sama seperti anggota lainnya, Jin mendaaptkan kekayaannya dari rilis album, konser, dan merchandise grup. Dia juga memperoleh keuntungan dari penampilan BTS di televisi.

Selain grup, Jin juga memiliki proyek dengan saudaranya, Kim Seok Jung. Pada 2018, mereka membuka restoran yang menghadirkan hindangan kukus ala Jepang. Restoran, Ossu Seiromushi, mendapatkan popularitas di media sosial dengan influencer dan Youtuber banyak mengulasnya.

3. RM (US$8 juta atau Rp112,93 miliar)

RM - BTS Mampu Hasilkan US$4 Miliar Ternyata Cuma Segini Kekayaan Personelnya

Leader dari BTS ini memiliki kekayaan sebesar US$8juta. Tak hanya sebagai leader dan rapper, RM juga merupakan seorang penulis lagu yang berbakat. Ia bertanggung jawab untuk menulis dan memproduki sebagian besar lagu BTS. RM telah memiliki lebih dari 130 song credits atas namanya.

RM juga memiliki proyek solo, di mana ia menulis lagu seperti “Waste It On Me” yang berkolaborasi dengan Steve Aoki dan “Party (XXO)” untuk girlband Korea, GLAM. RM juga merilis mixtape solonya pada 2015, kemudian merilis yang kedua berjudul “Mono”.

Pada 2015, RM muncul di lagu “Fantastic” yang menampilkan Mandy Ventrice untuk versi Korea dari film “Fantastic Four”.

4. Jimin (US$8 juta atau Rp112,93 miliar)

Jimin - BTS Mampu Hasilkan US$4 Miliar Ternyata Cuma Segini Kekayaan Personelnya

Selanjutnya adalah Jimin. Kekayaannya sebesar US$8juta yang sebagian besar hasil dari rilis album, tur, serta penjualan merchandise. Ia juga telah membantu menulis lagu seperti “Boyz With Fun” dan “Lie”.

Selain itu, ia juga memperoleh keuntungan dari penampilannya di reality show Korea.

Ia juga tampil di beberapa acara televisi seperti Hello Conselor, Please Care of My Refrigerator, My Pet Clinic, dan SBS StarKing. Pada 2018, Jimin merilis proyek solonya berupa lagu berjudul “Promise” yang memadukan lirik Korea dan Inggris.

5. Jungkook (US$8 juta atau Rp112,93 miliar)

Jungkook - BTS Mampu Hasilkan US$4 Miliar Ternyata Cuma Segini Kekayaan Personelnya

Nama Jungkook juga ada pada kredit lagu “Love is Not Over” dan “Dead Leaves”. Kekayaan Jungkook, US$8 juta, juga diperoleh dari penampilannya di TV seperti Flower Crew, Celebrity Bromance, dan King of Mask Singer.

(Baca juga: Daftar Lagu Paling Hits Sepanjang 2019 Hingga Awal 2020)

Pada 2015, Jungkook juga mengambil bagian dalam kolaborasi dengan artis Korea lainnya untuk lagu “One Dream, One Korea” yang dirilis untuk mengenang Perang Korea. Ia juga menjadi pembawa cara untuk MBC’S Show! Music bersama Jimin dan J-Hope.

6. V (US$8 juta atau Rp112,93 miliar)

V - BTS Mampu Hasilkan US$4 Miliar Ternyata Cuma Segini Kekayaan Personelnya

Begitu pula dengan V. Kekayaannya sebesar US$8 juta ia peroleh dari penjualan album BTS, tur, dan merchandise. Namun selain menjadi penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman, V juga berkiprah di dunia akting.

Debut aktingnya dimulai pada 2016 pada drama “Hwarang: The Poet Warrior Youth” dari KBS. Ia bersama Jin menulis lagu untuk soundtrack drama tersebut. Sedangkan lagu solo pertamanya dirilis pada 30 Januari 2019 berjudul “Scenery”.

7. SUGA (US$8 juta atau Rp112,93 miliar)

SUGA - BTS Mampu Hasilkan US$4 Miliar Ternyata Cuma Segini Kekayaan Personelnya

SUGA pun membukukan kekayaan sebesar US$8 juta, sama seperti anggota BTS lainnya. Selain sebagai rapper, SUGA juga memiliki andil cukup besar untuk lagu-lagu BTS.

Kurang lebih ada 70 lagu yang ia tulis. Ia juga menggubah lagu “Wine” untuk penyanyi Korea, Suran. Lagu ini kemudian memenangkan lagu Soul/R&B terbaik di Melon Music Awards.

Pada 2018, SUGA merilis ulang mixtape solonya dan menduduki urutan ketiga di tangga lagu Billboard World Album. Selain itu, lagu “We Don’t Talk Together” yang dinyanyikan BTS bersama Heize diproduksi oleh SUGA.

Mau kaya seperti BTS tapi wajah tidak berstandar boyband? Jangan putus asa, kamu bisa kok merintis bisnis sendiri dan meraup kekayaan atas jerih payah kamu berusaha. Urusan modal awal jangan dipusingkan, lewat CekAja.com kamu bisa mengajukan pinjaman berbentuk Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari berbagai bank di Indonesia.

Syaratnya mudah, ada yang cuma berbekal KTP doang. Jadi tunggu apa lagi, ajukan sekarang!

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke