Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

8 Buah Tinggi Antioksidan yang Mudah Ditemukan

by Vera Khairifah on 23 Juni, 2020

Menjaga kesehatan merupakan hal penting untuk dilakukan, terutama saat maraknya penyebaran virus. Salah satu cara termudah adalah mengonsumsi buah tinggi antioksidan. Di negara tropis ini, ternyata tidak cukup sulit kok untuk menemukannya.

8 Buah Tinggi Antioksidan yang Mudah Ditemukan

Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh

Antioksidan adalah senyawa yang mampu memperlambat proses oksidasi senyawa lain meskipun dalam konsentrasi kecil. Asupan antioksidan pada tubuh sangat diperlukan, sebab antioksidan memiliki peran penting. Yakni melindungi sel-sel yang rusak akibat radikal bebas.

Radikal bebas sendiri adalah zat yang membahayakan bagi tubuh. Radikal bebas muncul dari hasil metabolisme, maupun karena faktor lainnya. Seperti akibat terpapar polusi udara dan sinar UV, mengonsumsi rokok maupun menghirup asap rokok, pestisida, mengonsumsi obat-obatan, dan proses radiasi.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa seseorang yang memiliki mobilitas tinggi, kegiatan yang padat, serta gaya hidup yang tak sehat lebih mudah terkena radikal bebas.

Bahaya radikal bebas dapat merusak DNA secara bertahap, naiknya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, dan menurunkan imunitas atau daya tahan tubuh. Sehingga seseorang mudah terserang penyakit dan berpeluang lebih besar terkena penyakit kronis.

Untuk mencegah efek radikal bebas tersebut, kamu harus melawannya dengan buah tinggi antioksidan. Efek mengonsumsi buah tinggi antioksidan memang tak bisa dilihat dalam waktu singkat, namun zat ini memiliki peran penting untuk membantu tubuh lebih sehat secara maksimal.

Daftar Buah Tinggi Antioksidan

Berikut daftar buah tinggi antioksidan yang cukup mudah ditemukan di Indonesia.

1. Anggur

Anggur - 8 Buah Tinggi Antioksidan yang Mudah Ditemukan

Tahukah kamu ternyata anggur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi terutama pada bagian kulitnya? Ya, anggur sejak dulu sudah dipercaya sebagai buah pencegah munculnya sel kanker.

Pengidap kanker yang sedang dalam proses penyembuhan juga disarankan mengonsumsi anggur untuk mencegah penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya.

Untuk mendapatkan antioksidan yang tinggi, pilihlah jenis anggur merah.

2. Plum

Plum - 8 Buah Tinggi Antioksidan yang Mudah Ditemukan

Buah dengan cita rasa asam manis ini juga mengandung banyak antioksidan. Dari berbagai jenis plum, pilihlah plum yang warna kulitnya kehitaman, ya. Selain menjadi buah tinggi antioksidan, plum juga mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, senyawa fenol, dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: Resep Jus Organik Untuk Penderita Kanker)
3. Kiwi

Kiwi - 8 Buah Tinggi Antioksidan yang Mudah Ditemukan

Buah yang berasal dari Tiongkok ini mengandung duo zat baik, yakni antioksidan dan vitamin C. jadi, sudah dipastikan kiwi membantu meningkatkan kualitas daya tahan tubuhmu agar enggak gampang sakit. Kesegaran kiwi juga dapat membantu meredakan gejala asma.

4. Jeruk

Jeruk - 8 Buah Tinggi Antioksidan yang Mudah Ditemukan

Jeruk sebagai buah yang paling mudah ditemukan di Indonesia juga masuk ke dalam buah tinggi antioksidan, lho. Cobalah sesering mungkin mengonsumsi jeruk untuk mendapatkan manfaat terbaik.

Mulai dari perbaikan sistem imun, mencegah demam dan flu, dan mencegah kerusakan sel tubuh.

5. Stroberi

Stroberi - 8 Buah Tinggi Antioksidan yang Mudah Ditemukan

Buah dengan nama latin fragaria alias stroberi tidak hanya manis dan menyegarkan, tapi juga mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, stroberi dikenal cepat mengurangi kadar kolesterol jahat, serta baik untuk dijadikan sumber vitamin C.

(Baca Juga: Ini Nih Manfaat Kelapa Ijo Bagi Tubuh)
6. Semangka

Semangka - 8 Buah Tinggi Antioksidan yang Mudah Ditemukan

Buah tinggi antioksidan selanjutnya adalah semangka. Jenis antioksidan yang terkandung pada semangka adalah cucurbitacin E dan likopen yang baik untuk mencegah kanker.

Sensasi segar saat memakan semangka timbul karena kandungan air yang tinggi di dalamnya. Ini bermanfaat untuk melawan peradangan tubuh, lho.

7. Pepaya

Pepaya - 8 Buah Tinggi Antioksidan yang Mudah Ditemukan

Pepaya merupakan buah tinggi antioksidan karena mengandung flavonoid yang merupakan senyawa antioksidan alami. Di Indonesia, buah dengan nama latin carica papaya ini sangat mudah ditemukan, bahkan mudah tumbuh liar di mana saja.

Papaya juga mengandung vitamin C dan dipercaya untuk membantu melancarkan buang air besar pada orang yang sembelit.

8. Tomat

Tomat - 8 Buah Tinggi Antioksidan yang Mudah Ditemukan

Terakhir, ada buah tomat yang biasa dikonsumsi sebagai jus maupun sebagai bumbu masakan. Selain antioksidan yang tinggi, tomat juga mengandung polifenol, naringenin, chlorogenic acid. Buah ini juga cocok banget dikonsumsi saat diet, karena rendah kalori dan lemak, namun kaya akan gula alami, vitamin A dan vitamin C.

Mengonsumsi buah-buahan dan makanan sehat lain membantumu menjaga kesehatan. Tapi, itu saja tidak cukup. Kamu membutuhkan perlindungan asuransi kesehatan yang membantumu mendapatkan layanan kesehatan terbaik saat jatuh sakit.

Kini, sudah banyak asuransi kesehatan premi terjangkau dengan manfaat yang beragam. Asuransi kesehatan sangat wajib dimiliki, terutama saat masa pandemi seperti sekarang. Yuk, cek asuransi kesehatan yang cocok untukmu serta ajukan secara mudah lewat CekAja.com.

Pengajuan asuransi kesehatan dijamin lebih mudah, proses cepat, dan terpercaya. Karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pilih, bandingkan, dan ajukan sekarang juga!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast