Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik

by Riri Anggraheni Eka Rimandasari on 4 Mei, 2016

rencana finansial sekolah anak - CekAja.com

Istilah “buat anak tidak boleh coba-coba…” memang memiliki makna. Tentu saja, jika kamu terlalu hemat, sekadar mencoba-coba atau bahkan ragu memilih investasi terbaik untuk anak, tentu akan berpengaruh pada masa depannya.

Untuk memilih asuransi pendidikan mana yang terbaik untuk anak kamu, ada beberapa kiat yang dapat kamu ikuti atau dijadikan bahan pertimbangan, yang utama adalah pelajari nilai proteksi dan investasinya. Dua hal ini merupakan yang wajib dipertimbangkan dalam memilih asuransi pendidikan.

Penting untuk mengetahui seberapa besar proteksi atau perlindungan dalam bentuk Uang Pertanggungan (UP) yang diperoleh seandainya orangtua sebagai tertanggung meninggal dunia, kecelakaan, atau cacat tetap, sehingga memastikan anak tetap dapat bersekolah dengan lancar.

Selain investasi yang menyertai asuransi pendidikan, meski lebih berisiko ketimbang tabungan, menjanjikan potensi keuntungan lebih tinggi, sehingga lebih sesuai dengan tingginya kenaikan biaya pendidikan. Langsung saja yuk kita simak perihal memilih asuransi pendidikan terbaik dan hal penting lainnya!

Apa sih sebenarnya asuransi pendidikan itu?

Mungkin sebagian dari kamu masih ada yang belum paham, apa sih sebenarnya asuransi pendidikan. Asuransi Pendidikan adalah salah satu cara investasi untuk mempersiapkan dana pendidikan anak kelak. Pengertian asuransi adalah memberikan fungsi perlindungan atau proteksi. Dalam asuransi pendidikan biasanya orang tua adalah pemilik asuransi.

Orang tua akan membayar sejumlah uang sebagai premi dalam waktu tertentu. Biasanya jumlah premi dan waktu akan disepakai sesuai produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Asuransi pendidikan direkomendasikan untuk membuat rencana keuangan mempersiapkan dana sekolah anak untuk jangka waktu menengah hingga panjang.

Mengapa asuransi pendidikan penting?

Asuransi pendidikan sangat penting, ini karena bisa menjadi investasi jangka panjang bagi masa depan anak kelak. Konsep asuransi pendidikan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tabungan berencana. Pemilik asuransi akan mendapatkan dana masuk sekolah setiap kali si anak memasuki jenjang edukasi baru, di Sekolah Dasar, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi.

Keuntungan lainnya dengan mengikuti asuransi pendidikan adalah ketika pemilik asuransi (orang tua) meninggal dunia, dana pendidikan akan tetap diberikan untuk si anak yang menjadi tertanggung. Beberapa produk malah menawarkan dengan keuntungan asuransi jiwa juga, apabila orang tua meninggal dunia, tidak hanya biaya pendidikan anak yang dibayarkan, namun ada tambahan dana klaim untuk si anak yang ditinggalkan.

Banyak produk asuransi untuk membuat rencana keuangan pendidikan anak menjadi lebih mudah. Asuransi Prudential , Asuransi Manulife , Commonwealth, Axa Mandiri, Sinar Mas adalah perusahaan asuransi yang menawarkan produk jenis ini. Yang mana yang paling bagus? Pilihan ada pada diri sendiri. Untuk memilih produk asuransi terbaik perlu pengetahuan dan kejelian lebih.

Tips memilih asuransi pendidikan terbaik

Ada beberapa hal lain yang penting diperhatikan dalam memilih asuransi pendidikan terbaik untuk anak kamu adalah:

  1. Cari perusahaan asuransi yang sudah terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik
  2. Cari yang pencairan klaimnya cepat dan mudah
  3. Tanyakan informasi ke orang-orang yang sudah terlebih dahulu menggunakan produk asuransi dari perusahaan yang sama
  4. Tanyakan informasi mengenai kekurangan dan kelebihan produk-produk asuransi yang ditawarkan kepada agen asuransi
  5. Pastikan premi yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan finansial kamu dan pasangan, dan apakah bisa diubah sesuai dengan kondisi keuangan
  6. Pastikan program yang ditawarkan sesuai dengan manfaat yang dijanjikan, artinya nilai tabungan asuransi harus sesuai dengan rencana biaya sekolah anak
Pilihan asuransi pendidikan terbaik untuk masa depan anak

Di bawah ini terdapat beberapa di antara berbagai penyedia asuransi pendidikan terbaik yang bisa menjadi pilihan kamu:

1. PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia)

Perusahaan asuransi yang berdiri pada 1995 ini juga menawarkan produk asuransi pendidikan, di antaranya:

  1. PRUmy child, yang memberikan perlindungan komprehensif sejak saat dalam kandungan, dilahirkan, hingga dewasa, mulai dari perlindungan kesehatan, finansial, dan pendidikan.
  2. PRUlink edu protection, yang merupakan produk terkait investasi yang memberikan santunan dana setiap bulan saat terjadi risiko.
2. Manulife

Produk asuransi pendidikannya yang ditawarkan perusahaan asuransi ini adalah:

  1. ProGraduate, program asuransi untuk membantu mempersiapkan dana pendidikan anak sejak masuk perguruan tinggi hingga berusia 23 tahun, dengan manfaat pembayaran tunai sebagai dana pendidikan total sebesar 250% dari Uang Pertanggungan dan masa pembayaran premi yang fleksibel sesuai kebutuhan pendidikan anak maupun kondisi  keuangan.
  2. StudyLink, program asuransi plus investasi untuk mempersiapkan dana pendidikan anak melalui pengambilan dana yang diinvestasikan secara terjadwal mulai anak berusia 6 hingga 23 tahun.
3. AXA Mandiri

Perusahaan yang sahamnya dimiliki  oleh AXA Group dan Bank Mandiri ini menawarkan banyak pilihan produk, di antaranya:

  1. Asuransi Mandiri Tabungan Rencana, produk yang dirancang untuk mempersiapkan dan mewujudkan impian masa depan seperti menyekolahkan anak, pernikahan, hingga persiapan pensiun.
  2. Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah, produk asuransi jiwa yang ditujukan untuk membantu perencanaan keuangan jika musibah datang, dan juga memberikan manfaat asuransi pendidikan unit link dengan tingkat investasi yang kompetitif.
4. AJB Bumiputera 1912

Produk asuransi pendidikan yang ditawarkan adalah Mitra Beasiswa dan Mitra Cerdas.

  1. Mitra Beasiswa, yang memberikan perlindungan anak dan biaya pendidikan mulai dari TK hingga perguruan tinggi, terlepas dari perubahan keadaan keuangan.
  2. Mitra Cerdas, program asuransi yang menyediakan biaya pendidikan yang terkait dengan investasi sehingga dana yang dirancang untuk biaya pendidikan akan meningkat sejalan dengan hasil investasi.

Sudahkah kamu memahami penjelasan di atas? Penting sekali untuk kamu pahami dan terapkan bahkan bisa juga sebarkan pada kerabat. Kenyataannya ada banyak faktor yang bisa kamu pertimbangkan untuk memilih asuransi pendidikan untuk anak.

Yang jelas keputusan ada di tangan kamu dan pasangan, pilihlah yang paling sesuai dengan kemampuan dan tujuan keuangan kamu dan pasangan sehingga bisa memastikan biaya pendidikan anak kamu tetap terjaga. Tentukan pilihanmu dan buat masa depan anak lebih cemerlang!

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami