Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Buat Mahasiswa Tingkat Akhir yang Sering Galau, Resolusi Ini Mesti Kamu Miliki

by Tisyrin N. T on 28 Desember, 2016

mahasiswa tingkat akhir - CekAja.com

Mahasiswa tingkat akhir kerap merasakan kegalauan dalam berbagai hal. Padahal, mumpung tahun baru, sejumlah resolusi bisa kamu pikirkan. Jadi di tengah kegalauan tersebut, semangat untuk berjuang tetap menyala.

Menjelang tahun baru, banyak orang yang mempersiapkan resolusi yang akan dicapai pada tahun mendatang, begitu pun dengan para mahasiswa tingkat akhir.

Sayangnya, setuju atau tidak, kegalauan sering melanda untuk kamu yang sudah ada di ujung masa kuliah. Mulai dari kegalauan akan masa depan hingga urusan atas nama cinta. Skripsi bisa jadi merupakan kegalauan terbesar, karena tak sedikit yang mengalami kendala hingga tak mampu menyelesaikan tugas akhir kuliah itu dengan tepat waktu.

Dibanding larut dalam kegalauan, yuk susun resolusi 2018 agar masa depanmu lebih cerah. Berikut ini daftar financial wishlist yang bisa kamu capai di tahun depan.

Lulus

Setiap mahasiswa mengidam-idamkan bisa lulus tepat waktu atau bahkan lebih cepat. Dengan begitu, semakin cepat kamu bisa menerapkan ilmu yang sudah kamu pelajari di bangku kuliah dan menjalani kehidupan nyata yang sesungguhnya. Orang tuamu juga akan bangga karena anaknya mampu menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Namun, tak sedikit mahasiswa yang kesulitan untuk melakukan hal tersebut. Jika kamu ingin lulus kuliah tahun depan, berusahalah semaksimal mungkin. Kamu harus pandai membagi waktumu dengan baik. Jangan sampai kamu terlalu fokus mengurus hal-hal lain lalu kuliahmu keteteran.

Dapat kerja

Selain lulus, financial wishlist-mu yang lain pada tahun depan adalah mendapatkan pekerjaan idaman. Mencari pekerjaan bagi fresh graduate membutuhkan perjuangan ekstra, karena masih minim pengalaman serta harus menghadapi banyak persaingan.

Namun, jangan menyerah untuk mewujudkan keinginanmu. Manfaatkan situs pencari kerja, jangan lelah mengikuti berbagai job fair, dan jangan malas bertanya pada kenalan-kenalanmu mengenai info lowongan pekerjaan. Setelah memiliki penghasilan sendiri, kamu pun siap menciptakan menciptakan mimpi-mimpi lainnya seperti beli rumah atau beli mobil sendiri.

Buka usaha

Tak masalah jika kamu memilih berbisnis setelah lulus kuliah. Toh, jumlah pengusaha di Indonesia belum mencapai 2% dari jumlah penduduk lho. Dengan berwirausaha, kamu tak akan sibuk mencari pekerjaan. Kamu malahan akan menyediakan lapangan kerja untuk orang lain.

Menikah

Menikah muda? Jika kamu memang sudah punya biaya nikah dan sudah ada calon yang tepat, kenapa tidak? Namun, kamu harus paham betul konsekuensinya dan siap menjalaninya. Pikirkan baik-baik agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Melanjutkan kuliah

Kamu ingin melupakan sejenak urusan mencari pekerjaan atau berwirausaha? Kamu memilih untuk melanjutkan kuliah.  Jika ingin mendapatkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri, jangan lupa untuk mengasah kemampuan bahasa asingmu. Jangan sungkan untuk mencari info dan mendatangi pameran pendidikan.

Nggak jomblo lagi

Apakah resolusimu tahun depan adalah menemukan pasangan? Mahasiswa tingkat akhir memang kerap memikirkan masalah cinta. Ada yang merasa kesepian karena belum juga menemukan kekasih di usia 20-an. Ada pula yang merasa dilema karena telah menjalani hubungan yang serius dengan kekasih yang lebih tua, padahal merasa belum siap menikah. Kamu termasuk yang mana?

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami