Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Buat Para Laki-laki, Lengkapi Kriteria Finansial Ini Sebelum Bertemu Calon Mertua

by Rafly Aditia on 15 Maret, 2016

rumah tangga _ KPR - CekAja.com

Bertemu calon mertua merupakan momen yang mendebarkan. Salah kata atau tingkah, bisa-bisa hubungan dengan pasangan menjadi terancam. Belum lagi kalau pembicaraan mulai menjurus ke pernikahan, akan ada banyak pertanyaan yang menguji keseriusan dan kesiapan kamu.

Agar aman, pastikan kamu sudah mempersiapkan diri termasuk dalam hal finansial. Kalau kamu miliki masalah finansial, bisa-bisa restu pernikahan jadi terhambat. Nah apa saja sih kriteria finansial yang wajib kamu miliki saat ingin bertemu calon mertua? Berikut ini bocorannya:

Pekerjaan

Hal pertama yang wajib dimiliki sebelum membicarakan hal serius dengan calon mertua adalah pekerjaan. Bukan sekadar pekerjaan, tetapi pekerjaan yang jelas dan mapan. Mengapa demikian? Tentunya orang tua pasanganmu menginginkan masa depan yang baik untuk anaknya.

Jadi, kalau kamu berencana menemui calon mertua, carilah pekerjaan yang baik dan tetap. Lantas, bagaimana kalau kamu bukan orang yang suka pekerjaan kantoran? Coba jelaskan pada calon mertua mengenai pekerjaan yang kamu geluti dan prospeknya ke depan. Ceritakan juga dengan jelas dan jujur rencana yang ingin kamu bangun dengan pekerjaan atau bisnis tersebut. (Baca juga: Risiko-risiko Menakutkan yang Sering Terjadi Saat Banjir)

Punya rumah sendiri

Selain memiliki pekerjaan dan penghasilan yang mapan, kamu harus memiliki rumah sendiri. Tentunya, kamu tidak ingin merepotkan calon mertua dengan tinggal di rumah mereka kan? Tidak masalah apabila rumah tersebut masih dicicil, karena membeli rumah tidak seperti memiliki barang-barang lain. Harganya yang mahal membuat banyak orang melakukan pembelian rumah secara kredit.

Punya investasi

Selain rumah, sebaiknya kamu memiliki investasi. Ini bukan tabungan yang mengendap di rekening namun investasi yang bisa menghasilkan imbal balik yang menguntungkan. Ada banyak instrumen investasi  mulai dari saham, reksadana, obligasi atau deposito.

Dengan memiliki investasi, kamu akan dipandang sebagai seseorang yang bertanggung jawab dan berpikiran jauh ke depan oleh calon mertua.

Tabungan untuk menikah

Saat ingin menikah, sebaiknya kamu mengatakan kepada calon mertua bahwa kamu telah memiliki sejumlah tabungan untuk kebutuhan pernikahan nanti. Tabungan menikah ini berguna untuk semua kebutuhan yang berhubungan dengan hari pernikahan.

Tidak masalah apabila orang tua ingin memberikan bantuan untuk kebutuhan pernikahanmu. Tetapi dengan memiliki tabungan menikah, kamu akan dianggap sebagai orang siap dan tidak main-main.

Kalau bisa, punya kendaraan sendiri

Saat ini kendaraan menjadi alat yang sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas manusia. Selain itu, kendaraan juga jadi lambang gengsi yang memperlihatkan status ekonomi seseorang. Jika kamu sudah memiliki kendaraan dari hasil jerih payah sendiri, ini akan menjadi tambahan catatan nilai positif calon mertuamu. (Baca juga: 10 Orang yang Miliki Mobil Termahal di Dunia)

Punya tujuan finansial yang jelas

Terakhir adalah memiliki tujuan finansial yang jelas. Hal ini memang tidak harus diungkapkan pada calon mertua nanti. Tetapi, apabila mereka menanyakannya, kamu perlu memberitahukan bagaimana tujuan finansial yang dimiliki.

Bukan cuma sekedar tujuan dan angan-angan, tetapi juga bagaimana cara merealisasikannya. Ini akan membuat kamu dipandang mereka sebagai seseorang yang punya tujuan hidup dan baik untuk anaknya.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.