Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Buat SKCK Sekarang Bisa Online!

by Sindhi Aderianti on 17 January, 2019

Membuat SKCK kini juga bisa dilakukan secara online, yaitu melalui website kepolisian sesuai masing-masing daerah pemohon. Mudah, transparan, dan akuntabel!

 

 

Pernah mendengar SKCK? Pastinya tak asing lagi, apalagi untuk yang baru saja melamar pekerjaan di instansi tertentu. SKCK memiliki kepanjangan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Jauh sebelum itu, mungkin sebagian dari Anda lebih mengenalnya dengan sebutan surat kelakuan baik. Secara umum, SKCK merupakan surat yang diterbitkan Kepolisian Republik Indonesia melalui Kepolisian Sektor (Polsek) atau Kepolisian Resort (Polres).

Isi surat tersebut berisikan tentang catatan seseorang yang terdapat dalam data kepolisian. Jadi, surat ini hanya bisa dikeluarkan ketika pemohon tercatat tidak pernah melakukan tindakan kejahatan hingga tanggal dikeluarkannya SKCK tersebut.

Meski hanya berbentuk selembar kertas, SKCK amat penting. Selain untuk memenuhi syarat administrasi lamaran kerja seperti penerimaan CPNS, pendaftaran sekolah ke luar/dalam negeri dan pencalonan diri sebagai pejabat pun membutuhkan SKCK.

 

Pada dasarnya, SKCK hanya berlaku selama enam bulan sejak tanggal diterbitkan. Namun apabila sudah pernah membuat SKCK untuk melamar pekerjaan namun sudah habis masa berlakunya, maka Anda bisa mengurus perpanjangan SKCK.

 

Syarat Membuat SKCK Online

 

Dalam membuat SKCK online, ada beberapa dokumen yang harus Anda pindai dan lampirkan pada website. Berikut adalah dokumen persyaratan yang harus Anda miliki saat membuat SKCK baru atau memperpanjang SKCK yang sudah ada.

  • Surat Pengantar dari Kelurahan dimana pemohon berdomisili
  • Paspor (untuk keperluan ke luar negeri)
  • SIM/ KTP. Sebagai catatan, alamat yang tertera pada kartu identitas Anda harus sesuai dengan Surat Pengantar dari Kelurahan
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta Kelahiran/Ijazah
  • Pas foto 4 X 6 sebanyak 6 lembar (latar merah)

SKCK online tak lagi menggunakan sidik jari dalam pembuatannya, lantaran sistem yang sudah serba digital. Tetapi bukan berarti SKCK itu tidak sah, karena perihal sidik jari sudah terwakilkan pada data NIK pada kartu identitas.

Perlu diketahui juga, bahwa di setiap daerah mungkin memiliki kebijakan yang berbeda mengenai kepengurusan SKCK online. Namun dokumen utama yang harus ada umunya di daerah manapun sama saja.

(Baca juga: Mau Daftar CPNS? Cek 4 Golongan Gajinya!)

3 Langkah Singkat Membuat SKCK Online

Banyak yang beranggapan kalau mengurus SKCK itu sulit. Padahal dari tahun ke tahun, pengurusan SKCK masih bertahan dengan prosedur yang sama.

Justru, prosesnya kini semakin cepat. Apalagi semenjak ada SKCK online. Melihat kesibukan orang yang mungkin tidak sempat mengurus SKCK secara offline, Polri pun menyediakan layanan digital ini.

Cara membuat SKCK online tidak jauh berbeda dengan jalur konvensional. Hal yang membedakan adalah semua dokumen harus Anda pindai terlebih dahulu.

Penasaran bagaimana cara membuat SKCK online? Pastikan Anda sudah menyiapkan laptop atau komputer yang dilengkapi koneksi internet, lalu simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Akses website SKCK online

Website pembuatan SKCK online ada banyak. Pembagiannya disesuai dengan domisili atau tempat tinggal masing-masing pemohon, di antaranya meliputi:

  • skck.polri.go.id (Daerah Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Depok)
  • skck.poldajabar.org daftarskckbogor.com (Polda Jawa Barat)
  • skck.jateng.polri.go.id (Polda Jawa Tengah)
  • jatim.skck.online, polresbanyuwangi.com, sidoarjo.skck.online, resmalangkotaskck.com (Polda Jawa Timur)
  • bali.polri.go.id (Polda Bali)
  • skck.polrestapontianakkota.org (Polda Pontianak)
  • polresbalerang.com (Polres Balerang)
  • restapalembang.org (Polres Palembang)

2. Upload foto dan dokumen

Apabila sudah berhasil mengakses website yang dituju, Anda akan masuk ke menu pengisian data pribadi. Upload foto yang disyaratkan di laman tersebut beserta dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk pindai.

(Baca juga: Masalah yang Bikin Kamu Susah Naik Jabatan di Tempat Kerja)
3. Isi data diri

Kemudian isi data diri Anda selengkapnya. Dari mulai riwayat keluarga, riwayat pendidikan, serta riwayat pribadi.

Kemudian ada pula pertanyaan tentang tujuanmu membuat SKCK. Termasuk pernah atau tidaknya Anda terjerat kasus pidana.

Isi semua jawaban dengan jujur menggunakan kalimat yang baik dan benar. Jika sudah dilengkapi tanpa kurang satu pun, klik kirim data untuk proses lebih lanjut.

Setelah proses selesai, maka akan keluar nomor Briva yang digunakan untuk membayar melalui BRI mobile banking, ATM BRI, mesin EDC BRI, bahkan teller BRI.

Lalu kode registrasi pun muncul sebagai bukti yang nantinya harus Anda bawa untuk mengambil SKCK dalam bentuk fisik di kantor kepolisian. Mudah sekali, hanya memerlukan waktu kurang dari dua menit.

Ada batas waktu pula dalam pengambilan SKCK online ini, yaitu selambat-lambatnya 3 hari setelah Anda mendaftarkan diri melalui website terkait. Semisal registrasi online dilakukan sebelum pukul 08.00 waktu setempat, SKCK dapat diambil di loket pelayanan sampai dengan pukul 14.00 pada hari yang sama.

Jika lebih dari tiga hari, pemohon harus melakukan registrasi ulang karena data yang telah diinput akan secara otomatis dihapus setelah melewati batas waktu tersebut.

(Baca juga: Manfaat Serta Syarat Membuat SKCK)

Biaya yang Dibutuhkan untuk Pembuatan SKCK Online

Meskipun online, pembuatan SKCK tentu saja tak luput dari biaya. Sebagaimana perturan dalam Pasal 1 ayat (1) huruf n PP 60/2016 menyatakan bahwa tarif penerbitan SKCK merupakan salah satu jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dahulu biaya pembuatan SKCK adalah Rp 10.000. Namun setelah tanggal 6 Januari 2017, biaya pembuatan SKCK di Indonesia naik menjadi Rp 30.000 untuk WNI.

Sedangkan WNA harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 60.000. Biaya tersebut berlaku sama di seluruh Polres/Polsek setiap daerah.

Jadi Anda tak perlu bingung bertanya biaya yang harus Anda keluarkan untuk membuat SKCK online, bila berdomisili di luar DKI Jakarta dan sekitarnya.

Layanan digital hasil kerjasama kepolisian dan bank BRI ini, membuat publik yang mebutuhkannya semakin mudah berkat adanya SKCK online. Sebab masyarakat tak perlu lagi repot-repot mengantre panjang.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami