Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

7 menit waktu bacaan

Hitung Bujet Perlengkapan Bayi, Berapa Mesti Disiapkan?

by Kartika Ratnasari on 19 Oktober, 2017

perlengkapan bayi _ CekAja.com

Melihat harga perlengkapan bayi saat ini yang cukup bisa menguras kantong, kita pun perlu membuat bujet khusus. Apalagi untuk kehadiran anak pertama.

Menunggu kelahiran buah hati, khususnya anak pertama, selalu jadi momen yang sangat menyenangkan bagi pasangan di manapun. Tanpa berpikir harga, persiapan yang dilakukan terkadang ingin dibuat istimewa. Bahkan cenderung sangat istimewa.

Salah satunya adalah ketika calon orang tua baru tak bisa menahan diri saat berbelanja perlengkapan bayi. Ketika mendatangi toko perlengkapan bayi, rasanya semua menjadi penting. Pada akhirnya, semua barang dibeli tanpa mempertimbangkan keperluan. Di tambah lagi, ada promo kartu kredit yang bikin belanja jadi lebih bersemangat.

Padahal, setelah dipilah lagi, sebenarnya tidak seluruh perlengkapan tersebut perlu dibeli. Ingat, masih banyak pengeluaran besar untuk keperluan si buah hati yang tak kalah penting.

Agar tidak kebablasan, sebaiknya kita mulai membuat daftar belanja dan menghitung anggaran keperluan bayi. Sekaligus mengetahui beberapa pertimbangan ketika berbelanja. Apa saja?

1. Perlengkapan pakaian bayi

Baju bayi new born

Perlengkapan pertama yang harus dipikirkan adalah baju bayi khusus new born. Meski bayi yang baru lahir masih sering dibedong, bukan berarti kita tak menyiapkan banyak baju untuk buah hati yang baru lahir.

Perhatikan juga berapa jumlah baju yang hendak dibeli. Jika kita diprediksikan melahirkan saat musim penghujan, antisipasi dengan membeli baju lebih banyak karena baju-baju cenderung lebih susah kering setelah dicuci. (Baca juga: 10 Cara Anti Bangkrut dalam Persiapan Pernikahan)

Baju bayi new born pun banyak jenisnya, lengan pendek, lengan panjang, dan tanpa lengan. Baju berlengan pendek biasanya dipakai saat bayi dibedong. Pada malam hari, biasanya bayi dipakaikan baju lengan panjang supaya lebih hangat. Sebaliknya di siang hari yang terik, baju tanpa lengan bisa membuat bayi merasa lebih nyaman.

Baju-baju tersebut pun memiliki merek dan harga yang beragam. Pilihan merek seperti Fluffy, Nova, Libby, Arella, Baby Kermit, atau Little Owl memiliki bahan yang adem, lembut, dan nyaman.

Selain itu, merek-merek tersebut juga sudah berlabel SNI. Harganya pun bervariatif untuk setiap merek. Baju lengan pendek dibanderol Rp12 ribu – Rp14 ribu/ helai. Baju lengan panjang mulai dari Rp13 ribu – Rp15 ribu/helai, dan baju tanpa lengan dibanderol mulai dari Rp10 ribu – Rp12 ribu/helai.

Popok kain

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif. Jika memungkinkan, sebaiknya pilih popok kain ketimbang popok sekali pakai untuk menghindari iritasi pada kulit bayi.

Khusus untuk popok, siapkan dalam jumlah banyak seperti 2 hingga 3 lusin karena bayi baru lahir bisa buang air hingga puluhan kali dalam satu hari.  Popok kain sendiri dibanderol mulai dari Rp 70 ribu per lusinnya.

Celana

Meski bayi yang baru lahir akan lebih sering menggunakan popok, tapi tak ada salahnya membeli celana bayi untuk berjaga-jaga. Harganya pun tidak begitu mahal, dengan kocek Rp 30 ribu, kita sudah mendapatkan 3 helai celana bayi.

Kain bedong

Mengingat bayi yang baru lahir memiliki ukuran tubuh sangat kecil, kita harus sangat berhati-hati saat menggendongnya. Agar lebih mudah dan aman, gunakan kain bedong. Selain itu, kain bedong juga memiliki banyak manfaat seperti menghangatkan tubuh bayi, hingga mencegahnya untuk menggaruk tubuh mereka sendiri.

Terdapat beberapa jenis kain bedong yang dijual di pasaran. Biasanya kain bedong biasa dibanderol mulai dari Rp70 ribu untuk setengah lusin. Sedangkan bedong instan bisa mencapai Rp50 ribu per helainya. (Baca juga: 5 Hal Penting Saat Daftar Asuransi Pendidikan Anak)

Sarung tangan dan kaki, serta topi

Sarung tangan dan topi berfungsi untuk menghangatkan bayi. Selain itu, sarung tangan juga berguna  untuk mencegah masuknya kuman yang datang dari tangan bayi yang masuk ke dalam mulut. Biasanya ketiga benda ini dijual dalam satu paket. Harganya dibanderol mulai dari Rp13 ribu/set.

2. Perlengkapan mandi

Handuk, washlap, sabun, sampo, kapas, dll

Selain perlengkapan tidur, tentunya perlengkapan mandi bayi juga wajib dibeli. Beberapa di antaranya adalah sampo, sabun, bak mandi khusus bayi, handuk, dan washlap. Karena kulit bayi yang masih sangat sensitif, pastikan untuk memiilih merek perlengkapan mandi yang aman bagi mereka.

Perlengkapan tambahan seperti baby oil, baby lotion, minyak telon, dan bedak bayi juga tak kalah penting karena bayi rentan masuk angin dan mengalami ruam. Biasanya perlengkapan seperti sabun, sampo, minyak telon, bedak bayi, baby oil dan baby lotion dijual dalam satu paket dengan berbagai merek dan harga yang bervariasi. Di pasaran, satu set perlengkapan mandi ini dibanderol mulai dari Rp80 ribu.

3. Perlengkapan tidur

Kasur, bantal dan guling

Kasur, bantal, dan guling bayi biasanya dijual dalam satu set. Bahkan beberapa ada yang menambahkannya dengan kelambu. Benda-benda ini bermanfaat agar bayi bisa tidur dengan nyenyak dan bebas dari gigitan nyamuk. Satu set perlengkapan tidur bayi ini bisa dibeli dengan kocek mulai dari Rp 120 ribu/set.

Perlak

Bayi yang baru lahir biasanya buang air dalam frekuensi yang cukup sering. Agar kotoran tak langsung terkena kasur, para ibu wajib membeli ini. Satu buah perlak bisa dibeli mulai dari Rp 70 ribu

Selimut

Selimut bayi berguna ketika kita membawa bayi ke luar rumah untuk diimunisasi. Pilih yang berbahan tebal agar bayi tetap merasa hangat. Hindari bahan bulu karena bayi masih rentan alergi. Satu buah selimut bayi berbahan handuk dibanderol mulai dari Rp 200 ribu.

4. Perlengkapan menyusui

Pompa ASI

Bagi ibu menyusui yang bekerja, pompa ASI jadi peralatan ‘perang’ yang wajib dimiliki. Apalagi jika si ibu memang ingin memberikan ASI eksklusif bagi sang buah hati. Pompa ASI manual dihargai mulai dari Rp 300 ribu, sedangkan pompa ASI elektrik harganya mulai dari Rp 500 ribu.

Cooler bag

Benda ini juga wajib dimiliki oleh ibu menyusui yang bekerja. Hasil perahan ASI nantinya diletakkan di cooler bag agar tetap awet. Harganya dibanderol mulai dari Rp 250 ribu

Botol ASIP

Tak kalah penting dari dua benda menyusui di atas, botol ASIP juga sangat berguna untuk menjaga perahan ASI agar tetap steril. Bagi para ibu yang memiliki mobilitas tinggi, sebaiknya sediakan banyak botol ASIP. Satu botolnya seharga Rp 2.500

5. Perlengkapan lainnya

Tas perlengkapan bayi

Ketika bayi sudah agak besar nanti, tentu kita akan membawa mereka pergi keluar rumah. Tas ini sangat berguna agar kita tak kelimpungan saat membawa perlengkapannya. Biasanya tas ini dibanderol mulai dari Rp 150 ribu.

Alat gendongan bayi

Gendongan bayi juga diperlukan untuk membawa bayi kita keluar rumah. Cukup gunakan kain jarik untuk menggendong bayi yang baru lahir. Sedangkan jika bayi sudah hitungan bulan umurnya, kita bisa membeli gendongan yang bahannya lebih tebal lagi demi keamanan bayi. Harganya mulai dari Rp 300 ribu.

Tips hemat saat belanja perlengkapan bayi

Saat membeli perlengkapan bayi, seringkali para orang tua terlalu bersemangat sehingga tak mempertimbangkan keperluan lainnya. Ditambah lagi jika persiapan keuangan kurang matang, bisa-bisa pengeluaran jadi membengkak.

Sebaiknya beli seperlunya karena masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Berikut tip agar bisa tetap hemat saat membeli perlengkapan bayi.

1. Coret daftar perlengkapan bayi baru lahir yang sudah dimiliki

Biasanya menjelang melahirkan, mulai banyak hadiah yang berdatangan. Kebanyakan orang akan memberikan kado perlengkapan bayi baru lahir seperti alat mandi, perlengkapan tidur, pakaian, dan perlengkapan menyusui. Tulis daftar barang yang sudah dimiliki dari hadiah tersebut, sehingga kita bisa mencoretnya dari daftar barang yang harus dibeli.

2. Manfaatkan diskon dan promo perlengkapan bayi online

Saat ini persaingan antar toko perlengkapan bayi semakin ketat. Banyak yang memberikan diskon besar untuk mendapatkan konsumen lebih banyak. Para orang tua bisa memanfaatkan momen diskon untuk berhemat lebih banyak ketika membeli perlengkapan bayi. Apalagi saat ini banyak toko online yang menjual perlengkapan bayi murah dengan harga promo.

3. Menyewa barang yang masa pakainya hanya sementara

Barang-barang yang tertulis di atas adalah barang yang diperlukan dalam jangka panjang untuk bayi kita. Untuk kebutuhan tambahan seperti stroller, car seat, atau box bayi, bisa kita dapatkan dengan menyewanya. Banyak tempat penyewaan untuk kebutuhan tersebut yang menawarkan harga murah dan kondisi yang sangat baik.

 

Tentang Penulis