Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Bujet untuk Mudik Lebaran yang Sering Dilupakan Orang

by Rafly Aditia on 23 Juni, 2017

mudik aman dan nyaman _ kartu kredit - CekAja.com

Tak terasa,  Idul Fitri sebentar lagi tiba dan kini arus mudik pun telah dimulai. Tentunya kalian semua berharap agar mudik lebaran kali ini dapat berjalan lancar dan baik-baik saja.

Agar kondisi finansial pun ikut selamat dan baik-baik saja, coba siapkan dana untuk 5 hal berikut ini dari sekarang supaya mudik lebaran berjalan lancar dan menyenangkan:

Rekreasi bersama

Tak lengkap rasanya jika mudik ke kampung halaman tapi tidak berekreasi dengan keluarga. Tidak harus ke tempat mewah, cari tempat rekreasi umum dengan bujet yang sesuai dengan kantong.

Kalau bisa, untuk rekreasi bersama tidak menghabiskan lebih dari 20 persen pendapatan kalian di bulan ini.

Widget TRV Insurance

Bikin rencana belanja oleh-oleh

Belanja oleh-oleh menjadi salah satu budaya yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia saat mudik. Kerap kali belanja oleh-oleh menjadi beban finansial yang tidak disadari,  sehingga harus pintar-pintar menyiapkannya.

Banyak kasus di mana belanja oleh-oleh menguras uang bahkan bisa bikin THR habis. Sebab, biasanya orang tidak menyiapkan anggaran khusus untuk oleh-oleh sehingga saat belanja menjadi kalap dan menghabiskan banyak uang.

Untuk itu, buatlah anggaran belanja oleh-oleh sebelum pergi mudik. Tidak perlu banyak-banyak dan mahal, yang penting oleh-oleh yang dibeli merupakan ciri khas dari kampung halaman kita.

Siapkan uang ekstra untuk bensin

Kalau mudik dengan kendaraan pribadi,  siapkanlah uang ekstra untuk bensin.  Mengapa demikian? Karena saat mudik jalanan menuju kampung halaman menjadi sangat macet, bahkan bisa mengakibatkan lama waktu perjalanan hingga berkali-kali lipat daripada biasanya.

Alokasikan juga dana khusus untuk kuliner di jalan

Salah satu kenikmatan saat mudik adalah wisata kuliner di perjalanan,  apalagi kalau kalian mudik hingga melewati beberapa daerah terkenal maka jangan sia-siakan waktu dan mampirlah ke tempat makan yang dilewati.

Agar dompet tidak jebol, buatlah anggaran untuk wisata kuliner beserta jadwal dan tempat makandari sekarang. Kalian bisa lihat di internet dan aplikasi-aplikasi pencari restoran dan tempat makan di smartphone. Agar lebih hemat lagi, manfaatkan diskon kartu kredit.

Bujet angpau

Terakhir dan tidak boleh dilupakan, angpau untuk anak, keponakan, dan orang tua juga harus dipersiapkan dark sekarang.

Ingat, sesuaikan bujet untuk angpau dengan uang yang dimiliki serta biaya-biaya yang harus dikeluarkan bulan ini. Penting dilakukan  agar tidak menimbulkan kegelisahan di tengah bulan karena uang habis sebelum tanggal gajian berikutnya

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami