Bukan Budaya Indonesia, Ini 6 Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara

4 min. membaca Oleh CekAja on

Hari kasih sayang atau biasa dikenal sebagai Valentine’s day jatuh pada 14 Februari setiap tahunnya. Hari tersebut merupakan hari khusus untuk merayakan rasa sayang kepada orang tua, anak, saudara, sahabat, dan tentu saja pasangan.

Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara

Jelang hari Valentine, tentunya kita sudah melihat banyak hiasan berbentuk hati berwarna pink atau merah di berbagai tempat umum. Selain itu toko-toko juga mulai menjual pernak-pernik seperti boneka, cokelat dan juga bunga. Meskipun bagi sebagian orang Valentine bukan budaya asli Indonesia, namun euforianya tidak bisa dipisahkan dari pandangkan kemana pun kita bepergian sepanjang Februari ini.

Namun di beberapa negara, Valentine dirayakan secara khusus. Tidak hanya bertukar cokelat ataupun bunga saja, berikut beberapa perayaan Valentine di beberapa negara.

1. Perancis

Perancis - Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara

Valentine dirayakan secara khusus di Perancis. 14 Februari dirayakan sebagai hari bagi kekasih. Salah satu perayaannya adalah dengan memberikan kartu ucapan.

Menurut sejarah, kartu Valentine pertama berasal dari Perancis ketika Charles, Duke of Orleans, mengirimkan surat cinta kepada istrinya saat di penjara di Menara London pada 1415. Sejak saat itu, kartu Valentine menjadi tradisi di Perancis dan juga menyebar ke berbagai negara di dunia.

Perayaan Valentine lainnya yang menjadi tradisi di Perancis adalah lotere d’amour atau diterjemahkan sebagai ‘menggambar untuk cinta.’ Dalam tradisi ini, laki-laki dan perempuan akan duduk berhadapan dan kemudian bergiliran memanggil satu sama lain dan berpasangan.

Laki-laki yang tidak puas dengan pasangannya bisa dengan mudah meninggalkan pasangannya ke perempuan lain. Sedangkan perempuan-perempuan yang ditinggalkan akan berkumpul sesudahnya di api unggun.

Pada saat itu, para perempuan membakar foto laki-laki yang berbuat salah pada mereka dan melemparkan sumpah serapah terhadapnya. Namun, perayaan ini jadi tidak terkendali sehingga pemerintah Perancis akhirnya melarang warganya untuk melakukan tradisi lotere d’amour ini.

2. Korea Selatan

Korea Selatan - Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara

Valentine merupakan hari libur yang cukup populer di Korea Selatan. Ada variasi liburan yang dirayakan setiap tanggal 14 mulai dari Februari hingga April di negeri gingseng ini.

14 Februari selalu dirayakan dengan para perempuan memberikan kado berupa cokelat, permen, ataupun bunga kepada pasangan mereka. Kemudian pada 14 Maret atau yang biasa dikenal sebagai White Day merupakan hari di mana para laki-laki membalas pemberian yang mereka dapatkan di 14 Februari.

(Baca juga: Yuk, Kenali Asal Usul, Fakta, dan Mitos Seputar Valentine)

Dan yang terakhir, 14 April atau biasa disebut Black Day, merupakan hari libur untuk mereka yang tidak merayakan Valentine’s Day maupun Black Day. Biasanya Black Day dirayakan oleh mereka yang tidak memiliki pasangan. Dalam merayakan Black Day, biasanya mereka akan memakan semangkuk jjangmyeon atau mie pasta kacang hitam khas Korea Selatan.

3. Italia

Italia - Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara

Dulunya, orang Italia merayakan Valentine sebagai Festival Musim Semi. Dalam festival ini, banyak pasangan kekasih berkumpul di taman-taman. Mereka menikmati malam dengan acara pembacaan puisi dan musik sebelum berjalan-jalan dengan kekasih mereka.

Tak hanya itu, tradisi lain hari Valentine di Italia adalah perempuan muda yang belum menikah diminta untuk bangun sebelum matahari terbit untuk melihat calon suami mereka. Mitosnya, bahwa laki-laki yang pertama dilihat perempuan di Hari Valentine adalah laki-laki yang akan dinikahinya dalam setahun atau paling tidak mirip dengan jodohnya.

Saat ini, orang Italia merayakan Valentine dengan bertukar hadiah dan makan malam romantis. Salah satu hadiah Valentine paling populer di Italia adalah Baci Perugina, yakni hazelnut kecil yang dilapisi cokelat dan dibungkus dengan kutipan romantis dalam empat bahasa.

4. Afrika Selatan

Afrika Selatan - Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara

Afrika Selatan merayakan Hari Valentine dengan mengadakan festival yang dihiasi banyak bunga dan tanda cinta lainnya. Adapun satu tradisi yang dilakukan di Afrika Selatan yakni para perempuan biasanya menyematkan hiasan berbentuk hati di lengan baju mereka pada 14 Februari.

Tradisi ini merupakan tradisi Romawi Kuno yang dikenal sebagai Lupercalia. Tak hanya itu, pada hiasan tersebut harus dituliskan nama orang yang dicintai.

5. Filipina

Filipina - Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara

14 Februari dianggap sebagai tanggal cantik untuk pasangan di mabuk cinta di Filipina mengikat hubungan mereka ke jenjang pernikahan.

(Baca juga: 7 Kado Valentine Termahal Sepanjang Sejarah)

Beberapa tahun terakhir, perayaan Valentine ini dijadikan sebagai upacara pernikahan massal. Ratusan pasangan di Filipina berkumpul di mal ataupun area publik lainnya untuk menikah ataupun memperbarui janji suci mereka.

6. Taiwan

Taiwan - Tradisi Perayaan Valentine di Berbagai Negara

Berbeda dari banyak negara, Taiwan merayakan hari kasih sayang sebanyak dua kali dalam setahun. Perayaan pertama jatuh pada 14 Februari dan yang kedua pada 7 Juli.

Dalam perayaan hari Valentine, para lelaki diharapkan memberikan karangan bunga kepada kekasih mereka. Menurut tradisi Taiwan, warna dan jumlah bunga menjadi pesan penting. Misalnya bunga mawar merah memiliki arti “satu-satunya cinta”.

Selain itu, memberikan mawar sebanyak 99 akan mengekspresikan “cinta abadi”. Dan memberikan 108 mawah menandakan sebauh pertanyaan penting yakni “maukah kamu menikah dengan ku?”.

Nah itu dia perayaan hari Valentine yang unik di beberapa negara. Meski Indonesia tidak memiliki perayaan khusus, bukan berarti kamu nggak bisa merayakannya loh. Kamu bisa ajak orang terkasih untuk makan malam romantis ataupun memberikan mereka hadiah manis di hari kasih sayang ini dengan memanfaatkan promo kartu kredit untuk mendapatkan diskon di restoran favorit atau mendapatkan cashback di beberapa merchant.

Salah satu kartu kredit yang banyak memberikan keuntungan seperti itu adalah Citi Cash Back Card. Pemegang kartu kredit dari Citibank ini bisa menikmati 1 persen cash back untuk semua transaksi. Tanpa limit cash back, tanpa batas waktu penukaran, dan tanpa belanja minimum. Keuntungan ini bahkan bisa berlaku selamanya, tanpa batas waktu.

Pilih, ajukan, dan miliki Citi Cash Back Card yang bisa bikin momen makan malam romantis bersama pasangan tidak akan terlupakan lewat CekAja.com. Ajukan sekarang!

Tentang kami

CekAja

CekAja