Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Bukan hanya Susu Kental Manis, Hal-hal ini bisa Jadi Pemicu Diabetes

by Achmad Fauzi on 6 Juli, 2018

Diabetes merupakan salah satu penyakit sangat berbahaya bagi Anda, bahkan bisa mematikan. Pasalnya, penyakit diabetes akan menyebabkan gula darah tinggi yang selanjutnya bisa merusak organ vital di dalam tubuh. Jika organ vital di dalam tubuh tidak berfungsi, maka sangat berbahaya untuk hidup Anda.

tips sehat pria dan wanita _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Maka dari itu, Anda harus tahu pemicu-pemicu penyakit diabetes. Salah satunya, dipicu dari terlalu seringnya mengonsumsi susu kental manis. Selain itu, masih banyak lagi hal-hal yang menjadi pemicu penyakit diabetes.

Pemicu Diabetes

Saat ini memang tengah ramai pemberitaan tentang susu kental manis yang memiliki kandungan gula tinggi dan memicu diabetes. Nah perlu Anda ketahui, berikut hal-hal yang bisa jadi pemicu penyakit diabetes selain konsumsi susu kental manis secara berlebihan.

Bekerja terlalu malam

Ternyata bekerja terlalu malam juga salah satu pemicu Anda terkena penyakit diabetes. Menurut studi yang dipublikasikan dari jurnal Occupational & Environmental Medicine, pekerja yang bekerja malam hari dapat memiliki risiko 1,09 kali lebih besar mengidap diabetes.

Sama seperti di atas, studi dalam jurnal PLoS Medicine menyebutkan pekerja yang bekerja pada shift pagi dan malam hari sangat rentan mengidap penyakit diabetes. Hal itu disebabkan oleh dampak pergantian waktu terhadap aktivitas insulin yang menyebabkan naiknya gula darah dalam tubuh.

(Baca juga: Liburan Sekolah? Manfaatkan Promo Tempat Wisata Ini!)

Polusi udara

Ternyata polusi udara juga menjadi pemicu penyakit diabetes. Menurut studi dari Washington University School of Medicine, polusi udara berkontribusi atas 3,2 juta kasus diabetes baru secara global pada tahun 2016.

Artinya, ada 14 persen dari semua kasus baru diabetes yang ditemukan akibat pencemaran udara di tahun tersebut. Dalam studi tersebut, polusi dianggap membuat tubuh mengurangi jumlah produksi insulin. Sehingga, tubuh mencegah pengubahan glukosa darah yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan.

Stress

Makan bukan selalu menjadi pemicu penyakit diabetes. Tenyata, kondisi mental juga merupakan salah satu pemicu Anda terkena stress. Karena saat Anda stress, kelenjar pituitari di dalam otak menurunkan produksi hormon serotonin.

Serotonin sendiri adalah hormon yang teramat kompleks dengan banyak tugas, misalnya mengatur mood dan mempengaruhi kelenjar pankreas mengeluarkan insulin. Nah, saat hormon tersebut diproduksi sedikit, maka insulin otomatis berkurang. Dengan begitu, akan mengurangi kemampuannya menetralisir gula darah.

Selanjutnya, karena darah kekurangan pasokan insulin, glukosa darah akan tetap berada pada aliran darah tanpa bisa memasuki dinding sel, maka terjadilah kenaikan gula darah yang bisa menjadi pemicu diabetes.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit diabetes. Nah berikut, cara-cara yang bisa Anda lakukan agar bisa terhindar penyakit diabetes.

Mengubah menu makan

Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit diabetes yakni mengubah menu makanan. Karena, banyak makanan yang menjadi penyebab timbulnya diabetes. Anda harus menghindari makanan cepat saji dan makanan tinggi lemak jenuh.

Selain itu, hindari terlalu banyak minum soda. Karena soda kaya akan kandungan gula yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Maka dari itu, Anda harus mengubah makanan, salah satunya dengan memperbanyak konsumsi sayuran setiap hari.

Olahraga

Olahraga juga bisa membantu pencegahan diabetes pada diri Anda. Sebab, dengan berolahraga akan meningkatkan sensitivitas Anda terhadap insulin. Mulailah berolahragalah setiap hari minimal 30 menit untuk menjaga tingkat gula darah dalam rentang normal.

Tidur yang cukup dan nyenyak

Tidur yang cukup dan nyenyak sangat membantu Anda agar terhindar dari penyakit diabetes. Setidaknya enam jam tidur di malam hari sangat penting untuk mencegah diabetes. Jika kurang tidur akan meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tingkat insulin dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah. Selain itu, tidur yang tidak nyenyak juga bisa membuat nafsu makan menggila.

Dengan melakukan cara-cara itu diyakini Anda bisa terhindar dari penyakit diabetes. Sehingga, Anda bisa menjalani hari-hari dengan sehat dan bugar.

Namun, Anda juga perlu mempersiapkan perlindungan tambahan, salah satunya dari asuransi kesehatan. Dengan, adanya asuransi kesehatan Anda bisa terlindungi biaya rumah sakit saat terjangkit diabetes.

(Baca juga: Cek Perhitungan Biaya Pendidikan untuk Anak)

Anda bisa ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com. E-commerce finansial nomor satu di Indonesia menyediakan asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan. Yuk, mulai dari sekarang ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com.

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami