Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Bukan Konveksi dan Percetakan, Bisnis Ini Bisa Bikin Kamu Kaya Karena Pilkada

by Surtan Siahaan on 8 Desember, 2015

Mulai 9 Desember 2015 hingga tahun 2018 mendatang, dan juga di masa-masa yang akan datang, Indonesia akan disibukkan oleh perhelatan Pilkada serentak. Bagi sebagian orang yang jeli melihat peluang, momen ini bukan cuma panggung buat politisi, namun saat yang tepat untuk mendulang uang.

Nah, bagi kamu yang ingin bisnis memanfaatkan momen Pilkada, jangan pilih yang umum dikerjakan orang seperti percetakan dan konveksi. Alasannya, pemain di sektor itu sudah terlalu banyak. Pilih yang belum banyak dilirik orang namun banyak dicari saat Pilkada. Berikut ini sejumlah daftarnya:

1. Jasa transportasi

Pemrintaan alat transportasi mulai bis, mobil hingga helikopter sekalipun akan tinggi saat Pilkada. Maklum, saat seperti ini biasanya politisi rajin menggalang masa dan melakukan kunjungan.

Tidak usah tunggu punya bis atau helikopter untuk mendulang untung dari banjir permintaan sewa transportasi. Manfaatkan mobil pribadi atau motor yang menganggur di rumah.

2. Air minum kemasan

Permintaan barang yang satu ini sudah jelas meningkat jelang Pilkada. Untuk sukses berjualan air minum kemasan, beri sedikit sentuhan kreatif pada barang jualan kamu.

Coba desain stiker logo partai dan foto kontestan Pilkada lalu tempelkan pada air minum kemasan. Bukan tidak mungkin pihak yang tertarik akan menbeli barang jualanmu dalam jumlah besar.

(Baca juga: Ide Bisnis Menarik Tapi Kurang Dana, Coba Crowdfunding)

3. Jasa menulis buku atau newsletter

Di musim Pilkada, para politisi biasanya akan sangat mencari perhatian. Jika kamu punya keahlian menulis, tawarkan jasa penulisan buku atau news letter.

Agar semakin tertarik, tawarkan jasa membuat dan mengelola blog untuk menjaring pemilih melalui internet. Jika blog yang kamu buat sukses dan mengundang banyak pembaca, keuntungan tambahan akan datang dari pengiklan yang tertarik.

(Baca juga : Orang terkaya di indonesia)

4. Grup musik

Karakter pemilih tiap daerah memang berbeda beda. Tapi, kebanyakan dari masyarakat Indonesia menyenangi hiburan palagi musik. Jika kamu punya keahlian memainkan alat musik dan bernyanyi, tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan menjual jasa untuk mengisi kampanye dengan musik.

5. Event Organizer

Event Organizer (EO) akan sangat dicari oleh kontestan Pilkada. Para politisi sangat membutuhkan jasa penyelenggara event yang memastikan jalannya berbagai kegiatan kampanye berjalan lancar.

Untuk membuat EO kamu tidak bisa melakukannya sendirian. Ajak sejumlah kenalan yang biasa menangani kegiatan besar untuk bergabung.

(Baca juga: Ini Budidaya Beromzet Ratusan Juta yang Bisa Kamu Kerjakan di Rumah)

6. Production house

Bisnis yang satu ini membutuhkan keahlian lebih. Jika kampu memiliki kemampuan memproduksi iklan baik visual maupun iklan audio, peluang bisnis satu ini cukup menjanjikan.

Biasanya tarif yang dipatok untuk menyewa production house bisa bernilai ratusan juta hingga miliaran. Tergantung tingkat kesulitan dan jumlah iklan yang dibutuhkan.

Tentang Penulis