Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Bukan Murni Urusan Bisnis Tapi Bisa Bikin Pengusaha Bangkrut

by Rafly Aditia on 29 April, 2017

bisnis rugi_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Ingin sukses berbisnis di Indonesia memang tidak mudah. Alasannya, faktor yang menentukan keberhasilan tidak murni persoalan bisnis.

Hal ini bahkan sudah menjadi keluhan para pebisnis, utamanya yang berada di daerah. Apa saja sih kendala non bisnis yang justru dapat merugikan pebisnis? Berikut ini daftar dan solusi yang perlu diketahui para pelaku bisnis:

Bunga tinggi

Suku bunga yang tinggi kerap merugikan pebisnis. Dengan suku bunga tinggi, pebisnis harus mengurangi keuntungan agar produknya tetap dapat bersaing di pasar. Salah satu bunga yang paling tinggi berada pada jenis pembiayaan kartu kredit. Bagi pebisnis cerdas,  memilih kartu kredit dengan suku bunga rendah wajib dilakukan.

Untuk kartu kredit bisnis kamu bisa memilih kartu kredit Danamon Amex sebagai pilihan terbaik dengan suku bunga yang rendah. Selain itu, mengajukannnya juga mudah karena bisa dilakukan secara online lewat CekAja.com.

Birokrasi rumit

Urusan birokrasi menjadi salah satu masalah yang sangat merugikan para pebisnis. Apalagi, birokrasi yang rumit dan berbelit-belit. Birokrasi yang rumit bukan hanya memakan biaya tetapi juga waktu yang sebenarnya sangat berharga dalam dunia bisnis.

Terkadang, birokrasi yang seharusnya mudah menjadi sulit karena ada permainan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Agar urusannya lancar, pengusaha pun harus merogoh kocek sebagai pelicin. Tapi, jiak kamu pebisnis yang cerdas, jangan pernah melakukan suap saat berbisnis. Bila mengalami masalah atau malah kamu merasa diperas oleh oknum petugas, laporkan petugas tersebut pada isntansi penegak hukum agar ditindak sesuai prosedur yang berlaku.

Di era digital seperti sekarang, kamu pun bisa mengungkap keboborokan birokrasi langsung menggunakan media yang bisa kamu akses dengan mudah seperti sosial media facebook, twitter atau instagram. Jadi, jangan malah menggunakan pelicin untuk melancarkan urusan ya.

Adanya pungutan liar

Tidak dapat dipungkiri, bahwa pungutan liar merupakan biaya berlebih yang sangat merugikan pebisnis. Pungutan liar biasanya muncul dengan wujud dan macam yang berbeda.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pungutan liar dapat diatasi dengan mengadukan persoalan tersebut pada instansi hukum yang berwenang. Anda juga dapat membongkar masalah tersebut menggunakan media masa ataupun sosial media.

Tagihan macet

Hal satu ini bisa dibilang sangat merugikan bagi para pebisnis. Hal yang umum di dunia bisnis adalah pebisnis memberikan solusi pembayaran bertahap kepada kliennya.

Namun tak jarang tagihan tersebut macet karena berbagai hal. Tentunya ini sangat merugikan bagi pebisnis, apalagi kalau tagihan tertunda dalam jumlah yang besar dan dengan kurun waktu yang cukup lama. Agar kondisi keuangan perusahaan tetap stabil, kamu membutuhkan suntikan modal. Modal usaha bisa diakses dalam berbagai bentuk mulai dari pinjaman bank hingga bantuan pemerintah.

Musibah tak terduga

Hal lain yang dapat merugikan pebisnis adalah musibah tidak terduga. Tidak jarang musibah dapat membuat pebisnis bangkrut total. Contohnya ketika kantor, toko atau bengkel kebakaran, sangat mungkin bisnismu rugi besar bahkan harus gulung tikar.

Untuk menghindari risiko seperti ini kamu harus melindungi bisnis dengan asuransi yang tepat. Misalnya, lindungi toko, ruko, kantor atau bengkelmu dengan asuransi properti. Maka risiko finansial seperti ini dapat tertanggulangi dan tidak membuat bisnis bangkrut.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami