Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Bukan Sekadar Peraturan, Kamu Bisa Cepat Punya Rumah Bila Memanfaatkannya

by Ariesta on 1 Maret, 2016

rumah murah _ KPR - CekAja.com

Lewat beberapa peraturan dari pemerintah ini, sebenarnya kamu dimudahkan untuk lebih cepat miliki rumah.

Sandang, pangan, dan papan, merupakan tiga kebutuhan primer untuk bertahan hidup. Oleh karenanya, memiliki hunian yang layak dan nyaman adalah impian setiap orang. Tapi memiliki rumah yang dicita-citakan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Faktor penghasilan sering menjadi alasan utama kenapa kamu belum bisa mewujudkannya.

Padahal, sekarang ini sudah banyak loh kemudahan yang ditawarkan. Tidak perlu mengontrak atau menumpang di rumah mertua. Aturan-aturan ini membantumu mewujudkan impian punya rumah sendiri.

DP (Down Payment) 1%

Down Payment (DP) merupakan uang muka sebagai tanda jadi. Idealnya DP rumah komersial tersebut dipatok 15-20 persen dari harga rumah. Sedangkan untuk rumah kedua tipe 70 berdasarkan ketentuan BI harus 30 persen. Kamu yang berpenghasilan rendah tidak perlu khawatir karena pemerintah memberikan kemudahan lewat rumah bersubsidi.

Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat mengaksesnya melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Syarat mutlak untuk mengajukan KPR rumah besubsidi yakni pasti belum pernah mempunyai rumah sebelumnya. Yang kedua adalah ada batasan penghasilan. Jadi hanya masyarakat berpenghasilan maksimal Rp4  juta per bulan dan terbebas dari macam kredit lain saja yang bisa lolos sebagai pemilik kredit rumah bersubsidi.

Tidak perlu khawatir soal DP karena sejak 1 Maret 2015 lalu, Bank BTN punya program uang muka (DP) hanya 1%, bagi penerima Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Selebihnya, DP yang dibayarkan pun masih terjangkau. Misalnya saja Perumahan Puri Mas Asri Cengkong, yang dikembangkan oleh PT Tujuh Bintang Mandiri ini terletak di Karawang dan memiliki spesifikasi rumah dengan tipe dengan luas bangunan 30 meter dan luas tanah 60 meter. Mengutip dari Okezone.com, Rumah dengan tipe dua kamar ini dihargai Rp115 Juta. Promosi yang diberikan adalah berupa biaya pemesanan (booking fee) sebesar Rp500 ribu dan uang muka (DP) 5%, yakni sebesar Rp5.750.000.

(Baca juga: Daftar Istilah yang Wajib Dicatat Agar Tidak Tertipu Saat Beli Rumah)

Selain Karawang, kawasan penyangga Ibu Kota lainnya yang memiliki hunian dengan harga terjangkau terdapat di Parung Panjang, Bogor. Pesona Residence yang dikembangkan PT Berlian Sinergi Propertindo ini memberikan harga rumah senilai Rp133.500.000 dengan tipe25/60 dengan DP hanya Rp7.175.000. Nah, cukup terjangkau bukan?

Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat)

Setelah disahkannya Undang-undang (UU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) maka kamu yang berpenghasilan rendah (MBR) bisa mendapatkan bantuan pembiayaan dengan bunga yang rendah yakni 5%. Bunga yang dikenakan tersebut lebih rendah dibandingkan suku bunga pada umumnya yang besarannya mencapai 12 persen. Ditambah lagi, MBR yang membeli rumah subsidi bebas dari pajak pertambahan nilai (PPN).

Nantinya, gaji akan dipotong sebesar 3% dengan rincian 2,5% ditanggung pekerja dan 0,5% ditanggung pemberi kerja. Namun lebih lanjut mengenai jumlah iuran akan diatur dalam PP. Tapera ini dibangun dengan asas prinsip gotong royong. Masyarakat yang mampu membantu yang tidak mampu namun masyarakat mampu tidak akan rugi. Karena saat sudah berakhir masa kepesertaannya masyarakat yang mampu tersebut akan menerima hasil dari iurannya ditambah hasil investasi

Refinancing

Apa kamu merasa kesulitan untuk membayar angsuran KPR Anda tiap bulannya? Ini bisa saja terjadi ketika pendapatan kamu berkurang atau bisa ada biaya mendesak lain yang harus dibayarkan setiap bulannya. Kalau begitu, kamu bisa mempertimbangkan KPR Refinance. Pada dasarnya, KPR Refinance akan memperbarui KPR lama, sehingga masa angsuran kamu pun dimulai lagi dari bulan pertama lagi. Dan asyiknya lagi, kamu juga bisa menyesuaikan besarnya angsuran per bulan dari awal, sehingga banyaknya jumlah uang yang perlu disetorkan per bulannya bisa kamu sesuaikan dengan pendapatan kamu.

(Baca juga: 6 Cara Punya Properti Tanpa Modal)

Kalau setelah berhitung kamu menemukan bahwa melakukan KPR Refinance akan menghemat lebih banyak biaya, maka tidak ada salahnya jika kamu segera memindahkannya ke bank lain. Sebagai contoh kamu sedang mencicil rumah dengan tenor 15 tahun. Pada tahun keenam, kamu mendapatkan tawaran kredit rumah dengan bunga lebih rendah dari kredit yang ia bayarkan saat ini.

Satu hal yang harus kamu ketahui dengan jelas adalah seluk-beluk proses refinancing ini. Jangan ragu untuk melakukan komparasi harga dari satu bank ke bank lain. Bagaimana, sekarang memiliki rumah jadi semakin mudah bukan? Jangan tunda sampai harganya melambung, ayo ajukan sekarang juga.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami