Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Biaya untuk Menikah Kurang, Apa Solusinya?

by Surtan Siahaan on 1 Februari, 2016

Hi CekAja

Saya Ikhsan Hadi Salam, usia 20 tahun, tinggal di Kalimantan Selatan.
Saya  bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan komunikasi sejak 1,9 tahun lalu. penghasilan gaji pokok Rp 2,2 juta/bulan. Saat ini saya sedang membutuhkan biaya kira-kira Rp 10 juta untuk tambahan biaya menikah dengan tunangan saya bulan April 2016 nanti.
Bagaimana saya bisa mendapatkan uang tersebut saat ini, yang saya punya hanya BPKB motor. Demikian yang ingin saya sampaikan, sudi kiranya bapak/ibu dapat memberikan saran kepada saya untuk menyelesaikan permasalahan ini. Terima kasih banyak.

 

Jawaban

Hai Ikhsan, sebelumnya selamat atas rencana pernikahannya. Berkaitan dengan pernikahan yang akan berlangsung kurang dari 12 bulan, mengajukan kredit dengan agunan pada bank atau lembaga keuangan adalah solusi yang bisa ditempuh

Namun, sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kamu mengetahui sejumlah pertimbangan sebelum mengambil kredit dengan agunan. Kredit agunan motor adalah fasilitas kredit dari bank atau lembaga keuangan lain yang dapat kamu manfaatkan untuk berbagai kebutuhan konsumtif dengan menjaminkan kendaraan.

(Baca juga: Pinjaman yang Bisa Diperoleh dari Bank dengan Menjaminkan Rumah?)

Untuk mengajukan permohonan ini terdapat sejumlah persyaratan seperti KTP, telah berusia 21 tahun atau sudah menikah, memiliki penghasilan tetap yang dibuktikan melalui slip gaji dengan minimal masa kerja 1 tahun dan punya NPWP pribadi.

Sesuai dengan namanya, kredit dengan agunan membutuhkan aset peminjam yang akan dijadikan dasar bagi bank untuk mengabulkan permohonan kredit. Jaminan alias agunan ini pula yang menentukan besaran nilai pinjaman. Untuk sejumlah bank, nilai jual agunan harus mengcover 120% dari kredit yang diajukan.

Lalu, apa fungsi agunan tersebut? Jadi, ketika pembayaran cicilan kredit bermasalah, bank akan menyita jaminan tersebut sebagai ganti pelunasan utang. Pertimbangan lain adalah soal biaya bunga. Ini adalah pertimbangan paling penting yang harus kamu pikirkan masak-masak sebelum mengajukan pinjaman.

(Baca juga: Berapa Pinjamanmu? Gunakan Kalkulator Simulasi Kredit Bank untuk Hitung Cicilannya)

Pada umumnya, bank menampilkan suku bunga flat per tahun atau per bulan di iklan atau pun penawaran. Lakukan perbandingan bunga terlebih dahulu sebelum kamu menetapkan pilihan. Pertimbangkan juga biaya administrasi dan juga biaya lain apabila nasabah melakukan pelunasan lebih cepat dibandingkan tenor.

Terakhir, pastikan bahwa penghasilan tetap kamu bisa mengcover cicilan dengan perhitungan bunga, dan biaya lain-lain.

Salam,

Money Master Logo - CekAja.com

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami