Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Butuh HP Baru? Inilah Daftar HP Murah yang Rilis 2020

by Teti Purwanti on 14 Januari, 2020

Akhir tahun lalu hingga awal tahun ini, keriuhan bahasan ponsel anyar masih didominasi oleh iPhone 11 dan juga flagship Samsung yang tentu saja harganya selangit. Kedua pabrikan ini memang terkenal selalu bersaing untuk merebut pasar ponsel pintar. Meski begitu, jangan paksakan dirimu! Apalagi hingga menjual ginjal untuk mendapatkan ponsel yang harganya bisa dipakai untuk membeli motor tersebut. Masih banyak kok smartphone yang harganya masuk akal dan pas di kantong kamu dengan teknologi dan spek mumpuni yang rilis pada tahun ini. Berikut daftar HP murah yang rilis 2020:

HP Termurah Yang Rilis 2020

Samsung A20s
Samsung A20s - Butuh HP Baru Inilah Daftar HP Murah yang Rilis 2020
source: droidlime.com

Selain seri S yang terkenal sebagai flagship dengan harganya yang cukup tinggi, Samsung juga punya lini ponsel harga bisa terbilang miring dengan spesifikasi yang mumpuni. Ponsel ini dibanderol dengan harga Rp2 jutaan, atau tepatnya Rp2,5 juta untuk 3GB/32GB dan Rp2,8 untuk 4GB/64GB.

Soal layar, ponsel ini memiliki layar seluas 6,5 inci, TFT PLS, dan resolusi HD Plus. Dimensi ponsel ini, 163,31 x 77,52 x 7,99mm dengan prosesor Snapdragon 450, RAM 4GB dan ROM 64 GB dan masih bisa menggunakan eksternal hingga 512 GB. Ponsel ini memiliki tiga kamera belakang, 13 MP (f/1.8) kamera utama, 8 MP (f/2.2) ultra-wide angle, dan 5 MP (f/2.0) depth sensor. Sementara itu kamera depan 8 MP (f/2.0).

Soal baterai, ponsel ini dibekali 4.000 mAh dengan konektor type C. OS ponsel ini adalah Android 9 Pie + One UI. Ponsel ini juga sudah bisa mengunci dengan wajah dan juga sidik jari. Kalau kamu tertarik membeli ponsel ini, terdapat tiga pilihan warna, yaitu merah, hijau, dan hitam.

Redmi Note 8
Redmi Note 8 - Butuh HP Baru Inilah Daftar HP Murah yang Rilis 2020
source: geekbuying.com

Xiaomi juga beberapa tahun terakhir memiliki pangsa pasarnya tersendiri di Indonesia. Redmi Note 8  dibekali konfigurasi kamera belakang yang serupa dengan versi “Pro”, hanya saja kamera utama ponsel tersebut beresolusi 48 MP (f/1.8, wide).  Tiga kamera lain nya sama dengan milik Redmi Note 8 Pro. Sementara itu, kamera dengan Redmi Note 8 beresolusi 13 MP (f/2.0).

HP murah yang rilis di 2020 memiliki ukuran layar berdiagonal 6,3 inci. Jenis panel dan resolusi layar IPS LCD, Full HD Plus, dengan aspect ratio yang sama-sama 19,5:9.

Dapur pacu Redmi Note 8 ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 665 dengan storage lebih besar, mencapai 128 GB. Untuk Redmi Note 8, ada tiga varian RAM dan memori internal, yang terdiri dari 3/32 GB, 4/64 GB, dan 6/128 GB. Redmi Note 8 Pro memiliki dua varian, yaitu 6/64 GB dan 6/128 GB.

Redmi Note 8 memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh dan didukung teknologi pengisian daya cepat 18W. Sistem operasi Android 9.0 Pie yang dilapisi antarmuka MIUI 10. Harga Redmi Note 8 di Indonesia dipatok sebesar Rp 1.999.000 untuk varian 3 GB/ 32 GB, Rp 2.199.000 untuk varian 4 GB/ 64 GB, dan Rp 2.799.000 untuk varian 6 GB/128 GB.

Realme 5
Realme 5 - Butuh HP Baru Inilah Daftar HP Murah yang Rilis 2020
source: gizmologi.id

Realme resmi memboyong Realme 5 ke Indonesia. Ponsel ini merupakan penerus Realme 3 dan banyak peningkatan spesifikasi yang dibawa dari pendahulunya. Mulai dari segi desain, fitur, dan spesifikasi utama lainnya termasuk prosesor. Smartphone baru ini cukup “menggoda” penggemar ponsel di Indonesia, sebab, harga yang dibanderol cukup kompetitif dan spesifikasi yang diusung cukup tinggi.

Kamera Realme 5 memang hanya memiliki resolusi 12 megapiksel. Namun untuk konfigurasi belakangnya, kamera ultra wide 8 megapiksel, kamera makro 2 megapiksel, dan kamera depth sensor 2 megapiksel. Adapun bentang layarnya Realme 5 sangat luas sebesar 6,5 inci. Kapasitas Baterai Realme 5 juga besar yakni 5.000 mAh.

Realme 5 dijual mulai dari harga Rp 1,9 juta untuk versi RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB. Untuk Realme 5 versi RAM 3 GB penyimpanan 64 GB, dijual dengan harga Rp2,2 juta. Sedangkan Realme 5 versi RAM 4 GB penyimpanan 128 GB dijual dengan harga Rp2,7 juta.

Vivo Y12
Vivo Y12 - Butuh HP Baru Inilah Daftar HP Murah yang Rilis 2020
source: droidlime.com

Vivo Y12 memiliki layar berukuran 6,35 inci dan rasio layar 19,3:9 dengan desain Ultra All Screen. Bezel yang sangat tipis di seluruh sisi membuat rasio layar-ke-bodi mencapai hingga 89% sehingga memberikan tampilan unggulan, sehingga dapat menikmati tampilan yang lebih luas. Selain itu, mudah dikendalikan hanya dengan satu tangan berkat adanya gesture control yang didesain khusus.

AI Super Wide-Angle Camera pada Y12 dapat memperluas pandangan hingga 120°, sehingga dapat menangkap lebih banyak pemandangan, teman, serta gambar yang mengesankan. Dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh yang terbesar di kelasnya, didukung dengan fitur hemat daya cerdas untuk daya tahan baterai yang lebih lama.

Ponsel Y12 dilengkapi dengan prosesor octa-core dengan desain 12nm dan kecepatan hingga 2.0GHz. Dengan Memori Besar, dapat menyimpan lebih banyak aplikasi dan menjalankannya dengan lebih lancar. Tentu, Y12 juga hadir dengan Funtouch OS 9, yaitu sistem operasi yang disesuaikan pada Android 9.0. Anda dapat melakukan hal apapun dengan lebih mudah bersama Y12.

Ponsel ini juga memiliki fitur khusus, Ultra Game Mode dirancang khusus untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan. Mainkan e-sports layaknya professional dengan Competition Mode, yang mengalokasikan sumber daya dan memprioritaskan performa game. Untuk performa yang lebih cepat, Dual-Turbo merupakan fitur paling tepat yang dibutuhkan. Dengan mengurangi frame-drop, Y12 akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih lancar. Ponsel ini dibanderol dengan harga kisaran Rp1,5 jutaan.

Oppo A5s
Oppo A5s - Butuh HP Baru Inilah Daftar HP Murah yang Rilis 2020
source: gizmologi.id

Oppo A5s adalah ponsel Oppo yang menyasar segmen kelas menengah. Oppo pun membanderol Oppo A5s dengan harga relatif terjangkau di Indonesia, yakni Rp1.999.000. Oppo A5s memiliki bentang layar 6,2 inci dengan panel IPS yang mendukung resolusi 720 x 1520 piksel. Layar ini memiliki aspect ratio 19:9 dan dilindungi oleh teknologi Gorilla Glass dari Corning.

Dari segi kamera, terdapat dua kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 13 megapiksel dan 2 megapiksel (depth sensor). Kamera belakang tersebut juga dilengkapi dengan LED flash, berikut pemindai sidik jari berbentuk elips. Adapun untuk selfie, kamera dengan beresolusi 8MP dan dibekali dengan AI Beautification 2.0.

Oppo A5s ditenagai dengan chipset Mediatek Helio P35 dengan kecepatan clock hingga 2,3 GHz. Chipset tersebut dipadankan dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB. Pada aspek software, Oppo A5s dijalankan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo yang dilapisi antarmuka Color OS 5.2. Baterainya sendiri berkapasitas 4.230 mAh. Baterai Oppo A5s sendiri diklaim kuat bertahan hingga 17 jam pemakaian normal dan 13,5 jam untuk menonton video secara offline.

(Baca Juga: Cara Melacak Handphone Android Hilang dengan Mudah dan Akurat)
iPhone X Fold
iPhone X Fold - Butuh HP Baru Inilah Daftar HP Murah yang Rilis 2020
source: igeekphone.com

Selain hp murah yang rilis 2020, beberapa pabrikan akan meluncurkan ponsel yang bisa dilipat dengan nama yang beragam di tahun ini. Ada desas-desus yang kuat bahwa Apple akan memperkenalkan HP Smartphone lipat pertama bernama iPhone X Fold. Meski baru desas-desus, ponsel ini konon akan menjadi yang terbaik pada 2020.

Microsoft Andromeda Foldable
Microsoft Andromeda Foldable - Butuh HP Baru Inilah Daftar HP Murah yang Rilis 2020
source: wincamp.org

Selain Apple, Microsoft juga didesas-desuskan akan meluncurkan ponsel lipat, yang bernama Andromeda, dan segera bisa dimiliki pada 2020. Ponsel ini juga memungkinkan menyimpan dan mengoperasikan beberapa dokumen internal dan bahkan dalam paten.

Microsoft masih belum mengkonfirmasi fitur atau spesifikasi Surface Neo atau Duo sehingga ada kemungkinan perusahaan tersebut sedang mengerjakan hologram dan memilih untuk tidak mengungkapkan. Tentu saja, ini semua spekulasi karena Microsoft telah mencatat pada beberapa kesempatan bahwa perusahaan masih memutuskan perangkat keras final untuk kedua smartphone yang dapat dilipat.

Xiaomi Mi Mix Flex
Xiaomi Mi Mix Flex - Butuh HP Baru Inilah Daftar HP Murah yang Rilis 2020
source: techmalak.com

Tidak mau kalah dengan Huawei dan Samsung, serta Motorola yang sudah lebih dahulu mengeluarkan ponsel lipat, pada 2020 konon Xiaomi juga akan meluncurkan ponsel lipat dengan nama Xiaomi Mi Mix Flex yang akan datang dengan layar ganda. Selalu berusaha memberikan harga yang terjangkau, Xiaomi Mi MI Flex juga dibanderol Rp 15 juta, cukup terjangkau jika dibandingkan dengan Samsung Lipat Galaxy dibanderol Rp 28 juta, sedangkan Huawei Mate X dijual Rp 37 juta, yang terbilang mewah.

Huawei Mate X
Huawei Mate X - Butuh HP Baru Inilah Daftar HP Murah yang Rilis 2020
source: cnet.com

Ponsel lipat dari Huawei akan dibekali dengan teknologi 5G pertama di dunia. Mate X dibanderol lebih mahal dari Galaxy Fold yakni sekitar Rp 36,5 juta. Dalam posisi dilipat, Mate X menjadi ponsel dengan ukuran 6,6 inci. Sementara ketika dilebarkan dimensinya berubah menjadi 8 inci. Dari sisi ketebalan, Mate X lebih tipis dengan 5,4 mm dalam mode tablet dan 11 mm ketika dilipat. Ketebalannya terhitung masih lebih tipis dibanding Fold.

Tahun ini kira-kira kamu akan memilih ponsel harga terjangkau atau yang lebih kekinian dan bisa dilipat? Sesuai budget yah, jangan dipaksakan!

Ingin menggunakan kartu kredit untuk membeli smartphone terkini? Segera bandingkan dan ajukan hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.