Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Butuh Pinjaman Cepat Tanpa Jaminan? Cek di Sini!

by Sindhi Aderianti on 12 Oktober, 2018

Dana darurat di zaman serba berkebutuhan tinggi ini amat penting. Terutama bagi Anda yang berdomisili di kota-kota besar, di mana kebutuhan semakin beragam. Namun, ternyata banyak orang yang belum mengetahui cara untuk memperoleh pinjaman dana darurat. Nah, apakah Anda butuh pinjaman dana tunai cepat tanpa jaminan untuk memenuhi kebutuhan? Simak di sini!

pinjaman bisnis - CekAja.com

Idealnya, dana darurat yang perlu dikumpulkan jumlahnya adalah 12x dari pengeluaran seseorang per bulan. Misal; pengeluaran Anda dalam sebulan Rp 5 juta, dikalikan 12 maka dana darurat yang dimiliki setidaknya harus mencapai Rp 60 juta.

Biasanya dana darurat tersebut digunakan untuk menanggung biaya tak terduga seperti bencana alam atau krisis ekonomi. Maka selama tidak ada kepentingan tertentu, dana darurat tidak boleh diganggu gugat.

Lantas, bagaimana kalau tidak memiliki dana cepat dan darurat di saat-saat yang mendesak seperti itu? Mengajukan pinjaman jadi salah satu jalan keluarnya. Pinjaman yang diinginkan tentu sebisa mungkin secara prosuderal tidak membebani Anda. Dengan kata lain, tidak mengharuskan Anda memberi jaminan apapun.

(Baca juga: INFOGRAFIS: Mengenal Skor Kredit untuk Anda yang Butuh Pinjaman)

Produk finansial ini disebut KTA (Kredit Tanpa Angunan). KTA adalah pinjaman berupa kredit perorangan tanpa agunan dari bank atau lembaga keuangan kepada calon debitur yang memenuhi persyaratan.

Dengan KTA, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana cepat tanpa harus memberikan jaminan atau agunan seperti sertifikat rumah atau lainnya. Bahkan dalam hitungan hari, dana langsung cair.

Ada banyak cara pula yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh pinjaman. Baik secara online maupun offline. Jumlah yang bisa diajukan bervariasi, mulai dari skala kecil, menengah, hingga skala besar. Beberapa tempat di sekitar Jabodetabek juga bisa Anda datangi untuk langsung memprosesnya.

Pinjaman Online dan Offline, Bedanya Apa?

Awal kehadiran pinjaman online di Indonesia dimotori oleh perusahaan perusahaan teknologi finansial atau fintech. Beberapa perusahaan fintech pun mulai berdiri sejak awal 2014 lalu. Tak lama kemudian, bank dan lembaga keuangan ikut mengintegrasikan teknologi informasi pada keseluruhan sistem operasinya.

Dalam hal ini, pemberi dan penerima pinjaman tidak bertemu dan bertatap muka langsung, kecuali untuk kepentingan survei lokasi dan jaminan yang telah diunggah oleh calon debitur atau calon peminjam.

Sebab, semua proses mulai dari pengajuan, persetujuan hingga pencairan dana dilakukan secara online atau melalui konfirmasi SMS dan telepon.

Sedangkan kalau pinjaman offline, tentu mengharuskan Anda memproses pengajuan dengan datang langsung ke tempat. Peraturannya juga menetapkan tanggal pembayaran tagihan disertai dengan bunga yang dapat bertambah seiring dengan tenor atau jangka waktu pembayaran.

Di sisi lain, pinjaman konvensional pun memerlukan agunan atau jaminan aset dan melampirkan banyak dokumen pada saat pengajuan dilakukan.

Pinjaman tanpa jaminan online

Untuk pinjaman online, e-commerce produk finansial yang satu ini amat diandalkan. Pelanggannya juga sudah banyak, yaitu mencapai lebih dari 20 juta orang.

Melalui CekAja.com, Anda yang ingin mendapatkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) akan lebih leluasa dalam menentukan waktu pengajuan, karena tidak bergantung pada jam operasional kantor cabang bank.

Dokumen persyaratannya juga standar, seperti KTP, Kartu Keluarga, NPWP, dan slip gaji 3 bulan terakhir. Dalam proses verifikasi hingga pencairan, rata-rata bank yang bekerjasama dengan CekAja.com hanya butuh waktu minimal 3 sampai 5 hari kerja. Sementara, untuk jangka waktu pelunasan atau tenor lamanya sekitar 3 hingga 5 tahun.

Jadi apabila Anda butuh dana tunai dalam waktu singkat, cobalah untuk mengajukan pinjaman ke tiga alternatif di atas. Tanpa jaminan yang menyusahkan, dana pun bisa langsung cair kurang dari 5 hari saja.

(Baca juga: 3 Cara Ampuh Mengatasi Cicilan Pinjaman yang Menunggak)

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami