Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Butuh Pinjaman Dana untuk Usaha? Coba Cara Ini Deh!

by Satrya Agung on 1 April, 2016

bisnis pensiunan - CekAja.com

Kamu sedang menjajaki peruntungan sebagai pengusaha? Sudah menjalani beberapa tahun dan sudah mulai nampak membuahkan hasil. Tentu jerih payahmu saat ini sudah mulai terbayar walau belum maksimal.

Tapi setidaknya cukup membuatmu tersenyum, bukan? Kini kamu sedang bersiap melebarkan sayap demi mendapatkan hasil yang lebih. Tapi terbentur dengan dana. Yang kamu butuhkan pastinya pinjaman dana untuk usaha kan? Tenang, ada solusinya kok. Yuk, disimak.

Ada beberapa opsi yang bisa kamu jalani guna mendapatkan suntikan dana ini. Semua opsi ini bisa kamu dapatkan dengan cara online. Kamu tinggal pilih yang mana yang sekiranya cocok dengan perencanaanmu. Mari kita bahas satu persatu ya.

Crowdlending

Crowdlending ini adalah peminjaman dana yang uangnya didapatkan dari banyak orang atau istilahnya sederhananya dana patungan. Yang mana sistemnya hampir sama dengan pinjaman modal usaha yang diberikan pihak bank. Si peneriman dana harus mengembalikan uang yang sudah dipinjamkan dengan bentuk dicicil berikut dengan bunganya. Tentu bunga yang dibebankan pun terbilang terjangkau.

Salah satu penyedia crowdlending ini adalah Modalku.co.id. Dimana kucuran dana yang bisa kamu peroleh berkisar 50 juta hingga 500 juta. Namun sayangnya saat ini yang bisa menikmati hanya yang berlokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang.

Selain Modalku, juga ada GandengTangan.org tapi menerapkan sistem yang berbeda. Di GandengTangan kamu tidak akan dikenakan bunga apa pun alias 0%. Tapi ada syarat wajib yang harus kamu penuhi, yakni usahamu harus mempunyai dampak sosial atau disebut dengan kewirausahaan sosial.

Crowdfunding

Crowdfunding ini lebih dulu muncul ketimbang crowdlending. Dari namanya saja maka akan bisa diketahui bahwa dana yang didapat adalah hasil keroyokan banyak orang. Yang membedakan adalah kamu tidak harus mengembalikan pinjaman dana untuk usaha dari crowdfunding ini.

Yang paling terkenal sebagai pengusung ide crowdfunding di Indonesia adalah KitaBisa.com. Sudah banyak proyek yang digelar dengan model ini. Bukan hanya untuk usaha saja, tapi juga untuk proyek sosial.

Lalu ada Wujudkan.com yang lebih fokus pada jenis usaha yang bergerak di bidang seni, literasi, dan kuliner.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Cara ini yang paling banyak ditempuh oleh wirausahawan, khususnya yang berskala menengah ke bawah. Apa pun jenis usahamu selama telah berjalan 2 tahun dan mempunyai perencanaan yang matang dan proyeksi meyakinkan maka bisa mendapatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR).

CekAja Sebagai Solusi Mendapatkan Pinjaman

Penyedia jasa UKR yang paling terpercaya adalah CekAja.com yang mana telah banyak menyalurkan bantuan ke para pengusaha kecil dan menengah. Caranya pun gampang dan bisa diproses secara online.

Secara umum persyaratan yang dibutuhkan adalah:

  • Warga Negara Indonesia yang bermukim atau berdomisili di Indonesia
  • Berusia 21 tahun atau sudah menikah, dan maksimal berusia 60 tahun saat pinjaman lunas
  • Usaha yang dijalankan sudah berusia minimum 2 tahun yang mana lokasi dan jenis usaha yang dijalankan sama
  • Belum pernah memperoleh fasilitas kredit, atau bagi yang sudah pernah diberi kredit mempunyai catatan kredit yang baik dan tidak bermasalah.

Pada poin tiga mungkin kamu agak bertanya apa maksudnya. Agar tidak bingung kami akan jelaskan.

Begini, maksud dari poin 3 tersebut adalah bisnis kamu berlokasi dan jenisnya sama selama 2 tahun. Misal, kamu punya bisnis di bidang kuliner, atau contohnya warung nasi Padang. Nah lokasi warung kamu itu selama 2 tahun ini tidak pindah-pindah alias tetap dan tidak pernah berganti-ganti bidang usaha selama 2 tahun tersebut. Ini dimaksudkan agar memudahkan tim untuk menganalisa apakah kamu layak atau tidak mendapatkan bantuan.

So, sudah tahu kan cara yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan solusi butuh pinjaman dana untuk usaha? Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami