Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cairin, Aplikasi Pinjol yang Transfer Dana Lewat 4 Langkah Mudah

by Anes Saputra on 18 Februari, 2020

Keberadaan produk pinjaman online (pinjol) atau yang juga dikenal dengan sebutan peer to peer (P2P) lending semakin menjamur di pasaran. Hal itu berbanding lurus dengan semakin digemarinya metode pengajuan pinjaman jenis ini di masyarakat.

Bukannya tanpa alasan, pinjol menjadi populer karena prosesnya yang tidak berbelit-belit. Hanya dengan menggunakan smartphone di genggaman, pinjaman bisa cair dalam waktu yang relatif cepat.

Kendati demikian, dibutuhkan kehati-hatian saat ingin mengajukan pinjol. Sebab, tidak semua produk pinjaman jenis ini dapat dipercaya. Nahas saat ketemu pinjol abal-abal, justru akan membuat kondisi keuanganmu semakin berantakan di kemudian hari.

Nah, untuk kamu yang tengah membutuhkan dana dari pinjol, salah satu yang direkomendasikan adalah Cairin. Alasannya? Simak 5 ulasan berikut ini:

1. Apa itu Cairin?

Cairin merupakan salah satu platform atau aplikasi pinjol yang menawarkan pinjaman tanpa agunan. Berada di bawah naungan PT Idana Solusi Sejahtera, fintech yang satu ini berkomitmen memberikan kepuasan kepada nasabahnya lewat proses pencairan pinjaman dalam waktu yang cepat.

Kamu tidak perlu repot-repot menyiapkan atau menyerahkan jaminan agar permohonan pinjamanmu dikabulkan Cairin. Hanya bermodalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), nominal pinjaman yang kamu ajukan bakal segera cair setelah pihak Cairin melakukan verifikasi.

2. Sudah kantongi izin OJK

Tidak dapat dimungkiri bahwa akhir-akhir ini banyak tersiar kabar soal keresahan masyarakat akibat tersangkut utang dengan pihak pinjol. Kebanyakan dari nasabah tersebut mengeluhkan cara penagihan pihak fintech yang berlebih, bahkan sampai melewati batas privasi.

Namun, keluhan yang sama tidak akan kamu alami jika melakukan pinjaman melalui aplikasi Cairin. Sebab, Cairin sudah terdaftar atau sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lewat Surat Tanda Berizin/Terdaftar Nomor S-216/NB.213/2019.

(Baca juga: Apa Sih Pengertian Pinjaman Peer To Peer? Ini Penjelasannya)

Izin tersebut resmi dikeluarkan OJK pada tanggal 8 April 2019 untuk perusahaan PT Idana Solusi Sejahtera dengan jenis usaha konvensional.

Dengan predikat tersebut, keamanan dan privasimu dalam melakukan pinjaman di Cairin pun terjamin. Seandainya ada masalah yang merugikan nasabah di kemudian hari, OJK bisa melakukan investigasi dan meminta pertanggungjawaban dari pihak Cairin, bahkan dari pihak Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Sebab, fintech yang memperoleh izin dari OJK harus menjadi anggota asosiasi serta harus tunduk pada aturan yang ada.

3. Pengajuan pinjaman mudah

Perihal proses pengajuan pinjaman mungkin menjadi salah satu pertimbangan kenapa kamu harus memilih Cairin sebagai solusi atas masalah keuangan kamu. Bagaimana tidak, Cairin tidak menuntut persyaratan yang neko-neko.

Kamu hanya perlu menyiapkan KTP yang nantinya bakal kamu foto untuk di-upload di aplikasi Cairin. Selain itu, agar bisa mengajukan pinjaman, kamu hanya dipersyaratkan berusia minimal 20 tahun yang memiliki rekening pribadi serta memiliki pekerjaan atau penghasilan.

Kamu hanya perlu melakukan empat langkah sederhana agar pengajuan pinjamanmu dapat diproses dan dikabulkan pihak Cairin. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Kamu harus mengunduh dan meng-installaplikasi Cairin di smartphone kamu;
  2. Isi dan lengkapi data pribadimu sebagaimana yang diminta aplikasi;
  3. Tunggu proses verifikasi dari pihak Cairin;
  4. Verfikasi selesai, nominal pinjaman akan dicairkan melalui nomor rekening yang kamu daftarkan.

Agar proses verifikasi di aplikasi berjalan lancar, saat mengisi dan melengkapi data, kamu harus memastikan bahwa informasi yang diisi sesuai dengan yang tercatat di KTP dan rekening pribadimu.

Selain itu, pastikan foto yang kamu unggah terlihat atau terbaca dengan jelas. Terakhir, saat proses verifikasi wajah, pastikan bahwa kamu berada di tempat dengan pencahayaan yang cukup serta dengan koneksi internet yang stabil.

Semakin lengkap dan jelas informasi yang kamu bagikan, tentu akan semakin besar kesempatan kamu untuk lolos verifikasi dan semakin cepat pinjamanmu cair.

4. Limit pinjaman tinggi, tenor fleksibel

Yang namanya hidup, kamu tidak bisa menebak apa yang bakal terjadi, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap orang terdekat. Bisa jadi kamu membutuhkan dana dadakan tatkala kondisi finansialmu sedang tidak sehat. Kalau sudah begini, yang kamu butuhkan adalah bantuan finansial sesegera mungkin dan memenuhi nominal yang kamu butuhkan.

Di sinilah Cairin mengambil peran. Selain menawarkan kemudahan proses, aplikasi fintech yang satu ini menawarkan limit pinjaman yang tinggi. Kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp500 ribu hingga Rp5 juta.

Dengan limit itu, kamu pun bisa memilih tenor sesuai dengan kemampuan finansial kamu. Secara fleksibel, Cairin membebaskan kamu untuk memilih jangka waktu pengembalian pinjaman dengan tenor terpendek 91 hari dan tenor terpanjang 365 hari.

5. Pembayaran mudah

Tidak hanya memudahkan saat pengajuan, Cairin pun menawarkan kemudahan pembayaran pinjaman oleh nasabah. Saat pinjamanmu jatuh tempo, kamu bisa melakukan pembayaran dengan mentransfer ke Virtual Account kamu via ATM, mobile bankinginternet banking, ataupun melakukan pembayaran langsung ke counter Cairin.

Setelah melakukan pembayaran, Cairin akan memberikan bukti bayarmu secara otomatis. Kalau sudah begitu, status pinjaman kamu pun akan berubah menjadi lunas.

(Baca juga: Selama 2018-2019, Ada Lebih dari 1.800 Fintech P2P Lending Ilegal Ditindak!)

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kamu tidak perlu menunggu waktu jatuh tempo untuk melakukan pembayaran. Sebab, Cairin mendukung nasabahnya untuk melakukan pembayaran lebih awal.

Pembayaran pun bisa kamu lakukan lewat beberapa bank yang sudah bekerja sama dengan Cairin. Bank-bank tersebut antara lain BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, Bank CIMB Niaga, Bank Danamon, dan Bank Permata.

Cukup mudah bukan, pengajuan dan pembayaran pinjaman di Cairin? Jadi, tunggu apalagi? Jangan abaikan kebutuhan mendesakmu. Dapatkan pinjaman dana tunai yang mudah dan aman di Cairin.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke