Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Calon Manten, Begini Tips Mempersiapkan Budget Nikah Anti Boncos

by Miftahul Khoer on 13 Februari, 2020

Pernikahan merupakan momen paling ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan. Tetapi, pernikahan juga tak segampang yang kita bayangkan, ada tahapan-tahapan yang harus persiapkan terlebih dahulu. Salah satunya adalah mempersiapkan budget nikah.

tips mempersiapkan budget nikah

Ada banyak sekali kebutuhan pernikahan yang mesti kamu penuhi, mulai dari biaya cetak undangan, busana yang akan digunakan mempelai, segala pernak-pernik dan aksesoris, biaya sewa tempat berikut fasilitasnya, lalu transportasi, makanan, minuman, dan lain-lain.

Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan budget terlebih dahulu demi merealisasikan semua keperluan menikah tersebut. Jangan bingung, pastikan kamu melakukan 6 hal di bawah ini.

1. Persiapkan dari jauh-jauh hari

Hal pertama yang paling penting adalah, kamu dan pasangan wajib  menentukan kapan pernikahan tersebut akan digelar. Sebelumnya kamu bisa membahasnya  dari jauh-jauh hari. Sebab dengan memastikan waktu pernikahan tentu saja akan memberi bayangan jelas untuk mempersipkan keuangan.

Lakukan riset sederhana seperti bertanya kepada orang-orang berpengalaman atau wedding organizer profesional untuk mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan, termasuk kisaran  budget nikahnya. Dengan bertanya kepada orang yang tepat, kamu pun bisa merinci setiap keperluan lebih mudah.

Dari sekarang, lakukan survey terkait tempat yang tepat serta sesuai budget yang kamu targetkan untuk resepsi pernikahan, seperti berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya katering, sewa gedung, pemesanan bunga, dan perlengkapan lainnya. Kalau sudah merasa cocok dengan gedung pilihanmu misalnya, kamu bisa langsung membayar DP dari sekarang karena kemungkinan besar semakin lama harga akan terus naik.

2. Alokasi gaji untuk keperluan nikah

Langkah selanjutnya, mulai alokasikan pendapatan kamu dan pasangan. Misalnya, mulai bulan ini sisihkan gaji masing-masing buat membayar DP sewa gedung. Hingga bulan seterusnya untuk melunasi keperluan lain seperti katering, baju, makeup, dan lain-lain.

Jika total pendapatanmu berdua Rp10 juta, kamu bisa mengalokasikan dari jumlah pendapatan itu sebesar 20%. Berarti dalam sebulan kamu bisa mengumpulkan sebesar Rp2 juta, dan dalam 4 bulan, total dana alokasi tersebut berhasil dikumpulkan sebesar Rp8 juta.

3. Catat rincian sesuai prioritas

Agar tahu perlengkapan dan kebutuhan apa saja yang perlu dipenuhi, catat semuanya. Lalu, ketahui prioritas utama untuk menentukan hal-hal yang paling urgent untuk didahulukan.

Misalkan, pada daftar pertama kamu menuliskan gaun pengantin, kemudian gedung, jas pengantin, sepatu, bunga dan lain sebagainya. Nah, kira-kira dari semua urutan itu, apa saja yang paling urgent? Kamu tinggal mengurutkannya sesuai prioritas kamu.

Dengan cara mencatat prioritas kebutuhan, kamu bisa lebih matang dalam mempersiapkan segala keperluan dengan perhitungan sesuai budget nikah yang ditargetkan.

(Baca Juga: Deretan Souvenir Pernikahan yang Unik, Kreatif dan Bermanfaat)

Kalau Mau Irit Budget Nikah, Gimana Caranya?

Jika pada awal pacaran kamu sering hangout bareng atau kencan, sementara kurangi dulu. Dengan mengurangi kencan, kamu  bisa menekan biaya budget nikah lebih banyak. 

Coba deh, hitung lagi. Kalau biasanya kamu dan pasangan mengeluarkan Rp500 ribu setiap kali kencan, maka 4 kali dalam sebulan, kamu telah menghabiskan Rp2 juta per bulan. Angka tersebut amat besar dan pasti kamu akan berpikir “Kalau segitu mending buat nambah-nambahin biaya pre wedding”. Makanya lebih baik budget kencan tersebut ditabung dan kamu alokasikan ke keperluan menikah yang kini jauh lebih penting.

Selain mengurangi kencan, kamu juga bisa melakuan sejumlah trik berikut. Dijamin budget nikah yang kamu miliki kantong tak meluber kemana-mana alias irit sesuai rencana!

  • Gunakan jasa dari orang terdekat kamu

Sebelumnya perlu kamu peertimangkan hal-hal sederhaa ini. Dengan menggunakan jasa dari orang terdekat atau teman-teman kamu, karena bisa lebih leluasa dalam bernegosiasi. Misalkan kamu bisa mencari teman dan saudara kamu yang bisa foto atau saudara kamu yang bisa memasak untuk kebutuhan katering. Selain memudahkan kamu hal ini tentu sangat mungkin dilakukan karena dengan menggunakan jasa dari kawan terdekat atau saudara sendiri, kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah.

  • Datang ke pameran wedding

Untuk keperluan kebutuhan perlengkapan pernikahanmu, alangkah baiknya kamu mencari langsung vendor pernikahan diwedding fair. Biasanya setiap tahun, pameran wedding diadakan 2-3 kali. Kamu tinggal cari infonya kapan dan dimana saja.  Lewat pameran tersebut, sering kali mereka memberi penawaran berupa diskon atau bonus yang menguntungkan. Jika dibandingkan denga harga aslinya, kamu bisa menghemat sampai Rp10 juta, lho.

Nah, itulah tips mempersiapkan budget nikah untuk kamu para calon manten. Jika butuh dana tambahan, fasilitas KTA (Kredit Tanpa Agunan) dari CekAja.com siap membantu realisasikan pernikahan impianmu. Selamat mencoba!

(Baca Juga: Pengen Cepet Halal? Simak Dulu Langkah-Langkah Mengurus Pernikahan)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.