Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Capek Ikut May Day? Ini Tips Tetap ‘Setrong’ Beraktivitas Luar Ruang

by Teti Purwanti on 2 Mei, 2019

May Day alias hari buruh yang jatuh setiap 1 Mei, sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional sejak 2014 lalu oleh Presiden saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono. Keputusan pemerintah menetapkannya sebagai hari libur untuk memberi kesempatan para buruh, pekerja, ataupun karyawan kantoran untuk menyampaikan aspirasi tanpa harus mengganggu jam kerja.

pekerjaan gaji tinggi - CekAja.com

Diantara kamu mungkin ada yang ikut aksi damai serikat-serikat pekerja di daerah tempat tinggalmu masing-masing saat May Day kemarin?

(Baca juga: May Day? Lakukan Hal Asyik Ini Yuk!)

Kalau kamu merasa aktivitas demonstrasi dengan turun ke jalan itu melelahkan, ada baiknya kamu baca kumpulan tips berikut yang membuat kamu tetap kuat dan nyaman melakukan kegiatan luar ruang. Siapa tahu, tahun depan kamu berencana untuk kembali melakukan kegiatan serupa.

  1. Jaga kesehatan

Kalau kamu memang berencana untuk mengikuti kegiatan ini tahun depan, usahakan tetap sehat dan bugar hingga harinya tiba. Pasalnya meski kelihatannya mudah, May Day kerap kali memakan korban, baik karena kelelahan atau kemungkinan yang terburuk terjadi bentrokan dengan petugas keamanan.

Kamu tentu tidak mau terlihat lemah saat tengah memperjuangkan sesuatu yang menurut kamu baik bukan? Minumlah vitamin dan juga sarapan di pagi hari pada 1 Mei. Kalaupun, kamu tengah flu, usahakan kamu menggunakan masker dan membawa obat pribadi kalau diperlukan.

  1. Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman

Pakaian dan sepatu yang kamu kenakan saat memperingati May Day atau melakukan kegiatan luar ruang lainnya sangat mempengaruhi mood dan stamina kamu. Semakin nyaman outfit kamu, tentu kamu tidak akan mudah merasa lelah karena sangat leluasa untuk bergerak.

Misalnya kamu mau menggunakan celana jin, jangan gunakan yang berwarna hitam karena sifatnya yang menyerap panas akan membuat kaki kamu cepat berkeringat.

Gunakan pula sepatu ternyaman yang bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama. Karena akan digunakan untuk long march, usahakan menggunakan sepatu olah raga sehingga tumit kamu tidak cepat Lelah.

Sepatu keds juga akan menjaga kaki kamu dari terinjak oleh orang lain karena jumlah yang akan turun ke jalan diperkirakan mencapai 50 ribu orang. Kalau sepatu kamu bertali, usahakan ikat sekencang mungkin agar kamu tidak perlu membetulkan tali sepatumu berulang kali.

  1. Siapkan tabir surya, topi, dan payung

Kamu tentu sudah tahu bahaya sinar matahari langsung bukan? Sinar matahari langsung bisa menyebabkan kanker, karena itu tabir surya sangat penting, bukan cuma untuk perempuan namun juga untuk laki-laki.

Apalagi Indonesia adalah negara tropis dengan sinar matahari yang panjang, ditambah lagi Jakarta memiliki tingkat polusi yang tinggi, kamu tentu tidak ingin terbakar seperti pulang dari pantai bukan?

Selain tabir surya, gunakanlah topi dan payung kalau perlu. Payung juga merupakan hal penting, bukan sekadar melindungi kamu dari terik, payung akan melindungi kamu dari hujan. Meski terik di siang hari, Jakarta sering kali tiba-tiba hujan di sore hari.

  1. Bawa botol minum

Teriknya Jakarta dan long march tentu akan menyebabkan kamu berkeringat, karena itu jangan sampai lupa untuk membawa minum agar kamu tidak mudah lelah atau dehidrasi. Biasanya akan banyak pedagang di sepanjang jalan, namun harga sebotol minuman yang terlihat sangat menyegarkan dijual berkali lipat lebih tinggi.

(Baca juga: Dari Parfum Hingga Tiket Bioskop, Ini Beberapa Tuntutan di Hari Buruh 2018)

Selain itu, dengan membawa botol minum sendiri kamu juga bisa membantu mengurangi sampah plastik dan meringankan kerja tim oranye Jakarta yang harus membersihkan sampah usai acara.

  1. Ikuti aturan

Ikuti aturan yang berlaku, pada setiap May Day. Karena pihak berwajib akan bersiap-siap kalau sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Meski begitu, menjaga tetap aman dan tetap tenang hingga tuntutan massa didengar tentu menjadi hal yang baik bukan? Mengikuti aturan yang berlaku juga termasuk dalam memarkir kendaraan dan berada di jalur yang benar.

Biasanya sebelum turun ke jalan peserta long march sudah dibacakan aturan dan tata tertibnya, pastikan kamu mengerti dan mengikuti aturan yang ditentukan.

Tuntutan kamu sebagai buruh tentu penting, meski begitu keselamatan diri kamu lebih penting bukan?

Untuk memberikan perlindungan lebih saat memperingati hari buruh dengan turun ke jalan, tidak ada salahnya memilih asuransi terbaik yang kamu butuhkan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.