Cara Agar Lokasi Usaha Muncul di Google Maps Lewat Laptop dan HP

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Cara agar lokasi usaha muncul di Google Maps perlukamu ketahui agar mempermudah publik menemukan lokasi usahamu. Yuk, simak cara termudahnya yang bisa dilakukan via laptop dan HP.

Google Maps merupakan salah satu layanan dari perusahaan teknologi Google yang menawarkan kemudahan peta dunia yang bisa diakses secara online.

Pemanfaatan peta online ini beragam, mulai dari melihat lokasi berbagai tempat, mengecek tingkat kemacetan maupun jalur terbaik untuk menuju suatu tempat, hingga melihat berbagai toko dan restoran (tempat usaha), mengecek lokasi pusat hiburan, dan lain sebagainya.

Google Maps bisa kamu akses dengan gadget yang terhubung dengan internet. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk masuk melihat peta online ini.

Pertama, dengan melalui aplikasi browser seperti Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, dan lainnya yang ada di semua gadget (tablet, smartphone, laptop, komputer).

Kedua, dengan melalui aplikasi Google Maps di HP pintar atau smartphone Android dan iOS, yang bisa diunduh lewat Google Play dan App Store.

Kini, Google Maps terkoneksi dengan beberapa layanan transportasi online, layanan antar barang dan layanan antar makanan.

Sehingga cara agar lokasi usaha muncul di Google Maps wajib banget diketahui para pelaku usaha.

Manfaat Mendaftarkan Lokasi Usaha di Google Maps

Mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps sangat penting dilakukan. Secara tidak langsung, ini akan membuat lokasi usaha lebih mudah diketahui publik.

Semakin diketahui banyak orang, maka usaha tersebut berpotensi pendapatkan lebih banyak konsumen.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh pelaku usaha jika dirinya mengetahui cara agar lokasi usaha muncul di Google Maps dan segera mendaftarkannya:

Meningkatkan pengetahuan konsumen akan produk

Manfaat pertama jika kamu memasukkan lokasi usaha di Google Maps adalah mampu meningkatkan pengetahuan konsumen akan produk yang kamu jual.

Ini juga biasa disebut dengan brand awareness, yakni tingkat seberapa banyak publik yang mengetahui usaha dan produk (barang atau jasa) yang dijual.

Jika publik mengetahui letak lokasi usaha secara virtual lewat Google Maps, brand awareness pun akan meningkat.

Memudahkan kurir mengetahui lokasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Google Maps kini terkoneksi dengan beberapa aplikasi transportasi online, layanan antar barang dan makan.

Dengan mengetahui cara agar lokasi usaha muncul di Google Maps dan mendaftarkannya, maka ini akan memudahkan konsumen untuk membeli barang daganganmu via aplikasi.

Kurir pun akan lebih mudah mumengetahui lokasi usahamu.

(Baca Juga: Cara Mendaftarkan Hak Cipta Nama dan Logo Usaha, Bisa Lewat Online!)

Dapat dijadikan sebagai media berbagi informasi

Google Maps tidak hanya mencatat lokasi usaha, tetapi juga dilengkapi dengan informasi lainnya.

Seperti detil jenis lokasi, informasi jam operasional, nomor telepon yang bisa dihubungi, review foto lokasi, dan lain sebagainya.

Dengan lengkapnya informasi ini, publik akan lebih dimudahkan detil usahamu.

Mereka akan tahu kapan harus datang membeli produk (sesuai dengan jam operasional), harus menghubungi ke nomor mana jika ingin melakukan reservasi atau mengajukan pertanyaan, dan lain sebagainya.

Dapat dijadikan sebagai media hubungan dengan konsumen

Sebagai pemilik usaha, menjaga kedekatan dengan konsumen sangatlah penting. Di Google Maps, publik bisa meninggalkan review tempat dan mengajukan pertanyaan seputar lokasi.

Manfaatkan fitur ini untuk menjalin komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli.

Cara Agar Lokasi Usaha Muncul di Google Maps

Ada dua media yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan lokasi usaha di Google Maps.

Yakni melalui aplikasi browser di gadget seperti laptop dan komputer, dan melalui aplikasi Google Maps di HP atau smartphone berbasis Android dan iOS.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai cara agar lokasi usaha muncul di Google Maps.

1. Cara Agar Lokasi Usaha Muncul di Google Maps Melalui Laptop atau Komputer

Cara agar lokasi usaha muncul di Google Maps yang pertama melalui laptop atau komputer. Dengan cara ini, kamu hanya memerlukan aplikasi browser, namun tak perlu memiliki aplikasi Google Maps.

Masuk ke Google Maps dengan mengakses situs resminya saja. Berikut cara agar lokasi usaha muncul di Google Maps melalui laptop atau komputer:

  • Buka aplikasi browser di laptop atau komputermu. Misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan lain sebagainya.
  • Masuk ke situs www.google.com/maps
  • Pastikan kamu sudah log in dengan akun Google dengan memasukkan alamat e-mail dan password-nya.
  • Jika sudah log in, kembali ke halaman awal Google Maps.
  • Klik ikon tiga garis di pojok kiri atas, lalu pilih “Add your business”.
  • Masukkan detil informasi lokasi usahamu, mulai dari nama lokasi/toko, kategori bisnis, fitur kunjungan publik, dan lain sebagainya.
  • Jika semuanya sudah lengkap, klik “Submit”.
  • Tunggu e-mail konfirmasi dari Google terkait penambahan lokasi usaha ini ke e-mail kamu.

Butuh beberapa waktu sampai akhirnya lokasi usaha benar-benar terdaftar dan muncul di Google Maps.

(Baca Juga: Wirausaha atau Karyawan, Mana yang Lebih Cocok untuk Kamu?)

2. Cara Agar Lokasi Usaha Muncul di Google Maps Melalui HP

Cara agar lokasi usaha muncul di Google Maps yang kedua yakni melalui HP pintar alias smartphone berbasis Android dan iOS.

Tahap-tahapnya hampir sama dengan cara agar lokasi usaha muncul di Google Maps melalui laptop dan komputer. Namun ada sedikit terbedaan di dalamnya.

Berikut ini cara agar lokasi usaha muncul di Google Maps melalui HP:

  • Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Google Maps terlebih dulu, dan masuk dengan akun Google.
  • Buka aplikasi Google Maps,lalu klik ikon tanda tambah yang bernama “Contribute”.
  • Pilih “Add Place”
  • Isi data lengkap lokasi yang ingin ditambahkan. Mulai dari nama, kategori, titik lokasi, nomor telepon, informasi situs resmi, foto, dan lain-lain.
  • Jika semua data sudah terisi lengkap, kirim pengajuan penambahan lokasi dengan mengklik ikon bergambar pesawat kertas.
  • Tunggu update mengenai status pengajuan lokasi dari Google via e-mail.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara agar lokasi usaha muncul di Google Maps.

Pengajuan lokasi ini memang membutuhkan waktu sampai pihak Google benar-benar menerima dan memasang detil lokasi sesuai informasi yang kamu kirim.

Namun jika dalam waktu lebih dari seminggu pengajuan lokasi tidak ter-update, maka kamu bisa mencoba lagi dengan cara yang sama.

Butuh Modal Usaha? Ajukan KTA di CekAja.com Sekarang Juga!

Untuk menjalankan sebuah usaha diperlukan modal yang tidak sedikit. Jika kamu membutuhkan tambahan modal usaha, kamu bisa memilih Kredit Tanpa Agunan (KTA).

KTA adalah salah satu jenis pinjaman yang bisa diajukan tanpa perlu menjaminkan aset apapun.

Besaran pinjaman KTA yang bisa didapat bervariasi, tergantung dengan penawaran penyedia pinjaman dan profil finansialmu.

Di CekAja.com, kamu akan mendapatkan rekomendasi produk KTA terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Cicilan dijamin ringan, dan syaratnya mudah.

Proses pengajuan KTA juga cepat karena dilakukan secara online. Kamu hanya perlu mengisi data diri dalam formulir pengajuan KTA.

Ini saatnya untukmu memulai usaha tanpa khawatir soal modal. Yuk, bandingkan dan ajukan KTA melalui CekAja.com sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah