Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara agar Tahun Depan Kamu Lebih Bahagia di Tempat Kerja

by Ariesta on 13 Desember, 2016

Sudah bikin resolusi kariermu di tahun 2017 mendatang? Biasanya resolusi karier tidak jauh dari ingin mendapat promosi dan ingin naik gaji. Semuanya ini mengarah pada kebahagiaan hidup.

Namun tercapai atau tidaknya resolusi tersebut tergantung pada dirimu sendiri. Begitu juga dengan kebahagiaan di tempat kerja. Lalu bagaimaca caranya supaya bisa memulai tahun 2017 dengan perasaan lebih bahagia di tempat kerja?  Caranya adalah dengan mengubah keluhan menjadi solusi seperti berikut ini.

Keluhan : Bosan

Solusi : Minta pindah divisi

Kebosanan merupakan penyakit klasik bagi mereka yang bekerja rutin nine to five. Mengerjakan pekerjaan yang itu-itu saja dan menemui orang yang sama setiap harinya memang membuat jenuh.  Kalau kamu tidak berniat pindah kantor, coba minta dipindahkan ke divisi lain. Dengan demikian kamu akan mendapat tantangan dan suasana baru. (Baca juga: Motor Sport Mana Lebih Baik? CBR 250RR, Ninja 250 atau R25?)

 kejutan akhir tahun CekAja.com

Keluhan : Sudah lama tidak naik gaji

Solusi : Minta naik gaji atau cari penghasilan tambahan

Kalau selama ini kamu sering mengeluh karena gajimu kecil meski sudah bekerja bertahun-tahun, mungkin ini karena kamu memang tidak meminta kenaikan. Selain mengupayakan kenaikan, kamu juga harus mencoba punya penghasilan tambahan sehingga tidak hanya hidup dari gaji.

Keluhan : Hubungan dengan rekan atau atasan kurang baik

Solusi : Minta mediasi dengan HRD

Merasa sudah cocok dengan pekerjaan, cocok dengan lokasi kantor, tapi bermasalah dengan rekan kerja atau atasan? Saatnya membenahi urusan ini sebelum tahun 2017 tiba. Kantor ibarat rumah kedua sehingga masalah yang terjadi di sana mempengaruhi lahir dan batin. Kalau merasa sulit bicara empat mata, minta bantuan HRD untuk mediasi.

Keluhan : Dianaktirikan

Solusi : Coba introspeksi diri dan minta masukan dari rekan kerja

Saat lewat, kok rasanya teman-teman sekantor bisik-bisik tetangga ya? Atau kok dia mendapat promosi padahal kamu bekerja lebih rajin? Mereka dianaktirikan di kantor seperti ini? Coba instrospeksi diri.

Mungkin teman-teman kantor menjauhi kamu karena kamu orang yang menyebalkan. Atau kamu memang tidak dekat dengan bos sehingga dia tidak ingat kalau kamu bekerja lebih rajin. Dalam intropeksi diri, kamu haus terbuka dalam menerima masukan orang lain.

cekaja-daftar-kartu-kredit-belanja-online-harbolnas-CekAja.com

Keluhan : Tertekan atau sering diberi banyak pekerjaan

Solusi : Berani katakan tidak

Ada tipe orang yang merasa tidak enak kalau menolak permintaan orang lain. Padahal sikap tidak tegas ini malah membebani diri sendiri. Mulai 2017 nanti, kamu harus berani mengatakan tidak jika pada permintaan merugikan dan tidak masuk akal.

Keluhan : Fasilitas kantor tidak mendukung

Solusi :  Minta perbaikan, protes ke atasan, atau cari solusi bersama teman

Punya kantor sekeren Google di mana pegawainya gratis makan, punya ruangan tidur siang, ruang game, dan arena shower memang jadi impian semua orang. Tapi jangankan seperti Google, internet di kantor saja lambat. Kalau fasilitas kantor menghambat produktivitas dan kebahagianmu serta pegawainya lainnya, segera ambil sikap.

Kamu bisa memberitahukan keluhan ini pada atasan lalu minta perbaikan. Kalau ternyata tidak kunjung mendapat tanggapan, coba cari solusi bersama temanmu yang lain. Misalnya kalau WC kantor bau, kamu bisa membawa kamper. Kalau gersang, kamu bisa membawa tanaman, dan sebagainya.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja dan cash back hingga jutaan rupiah? Daftar sekarang juga di sini

 

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami