Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Aman Kredit Rumah Bekas

by Satrya Agung on 26 April, 2016

ajukan kredit rumah_KPR - CekAja.com

Semua orang tentunya mempunyai mimpi memiliki rumah pribadi. Tempat di mana kamu akan merasa paling aman dan nyaman.

Yang namanya cita-cita haruslah tinggi. Tapi ada saatnya harus sadar akan kondisi diri sendiri. Jika kemampuan untuk membeli rumah baru yang harganya dari tahun ke tahun terus melejit, maka rumah bekas pun cukup memenuhi sebagian mimpi tadi.

Tak masalah kalau membelinya dengan cara kredit yang penting kamu sudah melangkah satu dua langkah. Tata cara kredit rumah bekas ini tidak jauh berbeda dengan rumah baru. Tapi memang dibutuhkan beberapa usaha ekstra agar kamu tidak salah beli.

Jika membeli rumah baru kita hanya akan dipusingkan dengan pembayaran uang mukanya saja. Sedangkan untuk kondisi rumahnya sendiri sudah bisa dipastikan akan bagus karena masih baru. Untuk surat-suratnya sendiri pun otomatis akan valid, tentu dengan catatan pengembangnya sudah mempunyai nama baik dan terbukti aman. Sedangkan untuk pembeliuan rumah bekas ada beberapa hal yang harus kamu pastikan.

Pastikan lokasinya

Beberapa hal yang menjadi perhatian khusus saat menentukan lokasi rumah adalah lokasi tersebut dilewati transportasi umum apa tidak. Atau setidaknya mempunyai akses yang baik. Beberapa fasilitas umum apakah dekat atau mudah dijangkau, seperti rumah sakit, sekolah, pasar, dan lainnya. Perhatikan juga keadaan lingkungan sekitar.

Apakah sering terjadi tindak kriminal apa tidak. Karena pastinya kita tidak ingin anak-anak kita tumbuh di lingkungan yang “tidak sehat” bukan?! Dan salah satu yang paling penting adalah apakah lokasi tersebut terkena banjir apa tidak. Lakukan investagasi terhadap hal-hal tersebut. Sehingga kamu bisa memastikan bahwa tempat tinggal tersebut memenuhi kriteria kamu.

Periksa kondisi rumah

Ini salah satu yang menjadi perhatian khusus selanjutnya. Rumah yang lebih dari 20 tahun otomatis membutuhkan renovasi karena sudah dimakan usia dan itu membutuhkan biaya renovasi yang tidak sedikit. Jangan cepat terpukau dengan tampilannya saja.

Kalau perlu bawa tukang kepercayaan kamu untuk ikut menilai kondisi rumah tersebut. Dan kalau pun kamu menemukan beberapa kekurangan yang nantinya harus diperbaiki, ini bisa dijadikan bahan untuk negosiasi dengan pemilik rumah agar menurunkan harganya.

Cek kelengkapan dokumen

Cek semua kelengkapan dokumen yang dibutuhkan untuk kredit rumah bekas ini. Buatlah list catatan agar kamu tidak lupa dan minta semua fotokopinya untuk dibawa ke bank di mana kamu akan mengajukan kredit nantinya. Ini sangat penting karena untuk menghindari terjadinya penipuan atau malah sengketa yang timbul di kemudian hari.

Beberapa dokumen yang wajib ada, yakni :

  • Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun terakhir
  • Kontrak perjanjian antara penjual dan pembeli yang menerangkan persetujuan pihak pemilik rumah untuk menjual rumahnya pada pembeli (kamu) dengan harga yang sudah disepakati.

Jika semua sudah sesuai dengan harapan kamu, maka tinggal menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan bank. Baik itu persyaratan yang bersifat dokumen seperti salianan kartu identitas, bukti penghasilan, dan dokumen lainnya, kamu juga harus menyiapkan uang muka sebesar 30% dari harga rumah yang disepakati.

Jika kamu tidak mempunyai dana untuk uang mukanya maka kamu harus menaikkan harga rumah dengan perhitungan harga yang sudah di-mark up tadi 70%-nya dari bank sudah menutupi dari harga sesungguhnya. Dan ini harus disepakati oleh pemilik rumah agar ada kesamaan suara.

Demikianlah cara kredit rumah bekas yang aman. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami