Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Amankan iBank BCA dengan 6 Langkah Jitu Ini

by JTO on 13 Maret, 2016

Di era modern seperti saat ini, kepraktisan memang selalu menjadi dambaan setiap orang di kota-kota besar seperti Jakarta yang memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Termasuk di antaranya dalam melakukan transaksi perbankan. Oleh karena itu hampir semua bank yang ada kini menyediakan layanan internet banking, salah satunya juga adalah BCA dengan iBank BCA yang baru saja dinobatkan sebagai bank terbesar di Asia menggeser posisi DBS.
Kepraktisan ini bukan berarti tanpa disertai resiko yang cukup berarti, sebab belum lama nasabah dari tiga bank besar di Indonesia terkena pembobolan melalui internet banking. Kerugian yang ditaksir dari kasus tersebut berkisar Rp 5 miliar. Hal ini membuktikan bahwa praktis bukanlah opsi terakhir untuk menunjang mobilitas keseharian nasabah bank bersangkutan, namun perlu juga disertai dengan keamanan yang terjamin.
Agar terhindar dari pembobolan seperti yang disebutkan tadi, dalam menggunakan internet banking BCA kamu tetap harus waspada dan ikuti beberapa tips berikut ini:

1.    Download Aplikasi Official BCA

Agar tak melakukan kesalahan yang berujung pada kerugian di bidang finansial lantaran mudahnya rekeningmu dibobol melalui internet banking, maka kamu harus meminta kepada pihak bank untuk memberikan link download aplikasi resmi dari bank BCA agar tak terkecoh oleh aplikasi aspal yang sengaja dibuat sangat mirip dengan aplikasi resmi bank BCA untuk membobol saldo rekeningnya.

2.    Budayakan Membaca Notifikasi yang Muncul

Karena ingin cepat-cepat menyelesaikan urusan, terkadang kita hanya memencet yes yes jika ada notifikasi ataupun kebijakan tentang suatu layanan. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pembobol rekening agar mendapatkan otoritas masuk ke rekeningmu. Maka kamu harus budayakan membaca setiap notifikasi yang muncul sependek atau sepanjang apapun, untuk menjamin keamanan internet banking BCA milikmu. Begitu pulsa saat ingin melakukan transaksi perbankan seperti mentransfer sejumlah dana melalui internet banking, pastikan bahwa nomor rekening tujuan sudah benar, jika perlu bacalah berulang-ulang kali untuk memastikan bahwa nomor rekening yang dituju telah seratus persen tepat.

3.    Gunakan Gadget Pribadi

Untuk melakukan transaksi melalui internet banking selalu pastikan bahwa kamu menggunakan gadget atau laptop milik pribadi. Hindari melakukan transaksi dengan menggunakan komputer publik atau koneksi internet publik yang belum dapat terjamin keamanannya. Jika kamu tetap melakukannya, jangan heran jika rekeningmu terbobol lantaran komputer milik publik memiliki trojan yang ada keylogger untuk mencuri password internet bankingmu.

4.    Kunjungi URL Resmi iBank BCA

Ketika ingin mengakses situs atau laman resmi klikBCA pastikan kamu sudah mengunjungi situs yang benar. Situs resmi iBank BCA yaitu ada di _https://ibank.klikbca.com/ pastikan awalnya menggunakan https yang menunjukkan bahwa laman yang kamu akses telah terjamin keamanannya. Jangan sampai hanya karena kelalaian diri sendiri, saldo di rekeningmu raib dibobol oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

5.    Gunakan Antivirus Terkini

Untuk lebih memperketat keamananmu dalam menggunakan internet banking, pastikan bahwa PC/laptopmu telah terpasang antivirus yang selalu update sehingga akan menghindarkanmu dari trojan (virus) yang merugikan. Jika perlu piihlah opsi untuk update secara otomatis sehingga kamu tak lagi kerepota mengeceknya setiap saat.

6.    Laporkan Kejanggalan yang Terjadi

Apabila langkah-langkah di atas sudah dilakukan namun kalian masih menemukan kejanggalan pada akun internet banking BCA, jangan tunggu lebih lama lagi segera laporkan kejanggalan tersebut kepada pihak bank. Kamu bisa menghubungi Halo BCA yang tercantum pada situs resmi bank BCA. Minta pihak bank untuk segera menyelesaikan permasalahannya, agar saldo pada rekeningmu tak raib begitu saja.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami