Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Cara Ampuh Menyembuhkan Kecanduan Belanja

by Surtan Siahaan on 8 Desember, 2015

pekerjaan pertama miliarder _ investasi - CekAja.com

Belanja adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun, jika dilakukan berlebihan dan sudah menjurus pada kecanduan, kebiasaan belanja bisa membahayakan kesehatan finansial dan mental seseorang.

Tapi jangan khawatir, kecenderung untuk belanja berlebihan bisa disembuhkan tanpa bantuan psikolog, kok. Caranya pun sangat mudah dan bisa diterapkan tanpa mengeluarkan biaya. Berikut ini sejumlah tips untuk menyembuhkan kecanduan belanja:

Gunakan layanan autodebet

Seseorang tidak akan bisa belanja berlebihan jika tidak memegang uang, kan? Nah, salah satu cara untuk mengurangi jumlah uang di kantong tanpa belanja adalah mengikuti program tabungan berkala atau investasi.

Gunakan layanan autodebet yang memungkinkan uang penghasilan langsung terpotong untuk menabung atau membeli unit reksadana. Selain bisa menyembuhkan kecanduan belanja, sekarang kamu justru menpak jalan menuju kemakmuran.

Identitifikasi dorongan belanja

Orang yang kecanduan belanja bukanlah orang yang irasional. Mereka justru memiliki alasan masuk akal dibalik setiap keputusan belanja gila gilaan. Alasan itu pun bisa beraneka ragam.

Mulai dari mencari kesenangan sesaat hingga membantu mengurangi rasa sedih dan kecewa. Beberapa kasus membuktikan orang yang kecanduan belanja mulai belanja saat mereka merasa kesepian dan pengakuan diri.

Jika sudah menemukan dorongan belanja tersebut, cara penyembuhan akan mudah. Contohnya kasus kecanduan belanja karena kesepian maka orang tersebut harus mencari komunitas atau pasangan untuk menghilangkan perasaan sepi.

(Baca juga: 5 Hal yang Bikin Kantong Kamu Jebol Saat Berbelanja di Supermarket)

Cari lingkungan baru

Lingkungan bisa sangat mempengaruhi kebiasaan seseorang. Jika kamu ingin menghilangkan kecanduan belanja, usahakan untuk menghindari lingkungan yang memancing keinginanmu untuk belanja.

Lingkungan yang dimaksud bisa tempat seperti mall, pusat perbelanjaan atau pasar. Bisa juga berupa tayangan televisi atau majalah yang cenderung berjualan produk. Jika ingin berpergian, buat daftar perjalanan yang memungkinkan untuk menghindari tempat-tempat tertentu.

Ganti kebiasaan belanja dengan aktivitas yang lebih bermanfaat

Jika kamu bisa membuat dirimu tetap sibuk, kebiasaan belanja akan terlupakan dengan sendirinya. Selain menyibukkan diri dengan pekerjaan, carilah aktivitas yang lebih bermanfaat seperti berolahraga rutin, megambil kursus bahasa atau mengikuti organisasi keagamaan.

(Baca juga: Trik Aman dan Hemat Belanja Online)

Hapus aplikasi belanja

Di zaman digital seperti sekarang, para penggila belanja makin terfasilitasi oleh perkembangan teknologi. Jika ingin menyembuhkan kecanduan, sebaiknya hapus semua aplikasi belanja.

Jika mau lebih radikal, hilangkan juga fasilitas pembayaran oline seperti SMS banking, telepon banking ataupun internet banking dari ponsel dan komputer kamu. Setidaknya, dengan hilangnya aplikasi-aplikasi tersebut, kemudahan untuk berbelanja semakin berkurang.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami