9 Cara Atasi Kulit Terbakar Matahari dan Tips Kembalikan Warna Kulit Asli

Paparan sinar matahari dalam waktu yang lama sering membuat kulit belang. Cara atasi kulit terbakar matahari perlu kamu ketahui nih. Simak juga tips kembalikan warna kulit asli, agar warna kulit lebih merata.

Memiliki kulit yang sehat adalah harapan semua orang. Dengan kulit yang sehat, maka penuaan dini juga dapat terhindar, dan kamu bisa lebih percaya diri dengan penampilan sehari-hari.

Namun, terkadang ada saja kegiatan yang mengharuskan kita berdiri di luar ruangan dengan paparan sinar matahari yang begitu menyengat.

Misalnya saja saat berlibur di pantai, bekerja di luar ruangan, berkegiatan outbond di tempat yang terik, dan lain sebagainya.

Radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari membuat kulit terakar hingga belang.

Warna kulit yang tidak merata tidak hanya menurunkan tingkat kepercayaandiri, tetapi juga menurunkan kesehatan kulit itu sendiri.

Kulit yang sering terpapar sinar UV matahari juga memperbesar risiko terkenanya kanker kulit. Maka dari itu, pahami cara atasi kulit terbakar matahari.

Hindari Sinar Matahari Pada Jam Berikut

Sinar matahari memang tidak sepenuhnya memiliki pengaruh buruk untuk kulit. Buktinya, sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat baik untuk tubuhmu.

Dengan berjemur di pagi hari, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin D yang berguna untuk membantu kemaksimalan penyerapan kalsium.

Sehingga manfaat kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi bisa didapatkan dengan baik.

Lalu, jam berapa sinar matahari yang baik kita dapatkan dan yang harus dihindari agar kulit tidak terbakar?

Dilansir dari Alodokter, kandungan baik dari sinar matahari di setiap daerah bisa saja berbeda-beda, tergantung dengan regionnya.

Di Indonesia, jam terbaik berjemur untuk mendapat vitamin D adalah sebelum jam 11 siang. Sedangkan waktu terbaiknya adalah pada jam 9 pagi.

Kamu bisa berjemur selama 25 menit, dan dilakukan 2 kali sampai 3 kali dalam seminggu.

Setelah jam 11 pagi, sinar UVB dari sinar matahari yang membuat kulit terbakar akan makin tinggi. Terutama pada jam 11 siang sampai jam 1 siang.

Jadi, hindari kegiatan di luar ruangan pada jam-jam tersebut jika kamu tidak ingin mengalami kulit terbakar matahari.

(Baca Juga: 7 Merk Hand and Body Lotion Terbaik Berdasarkan Jenis Kulit)

Cara Atasi Kulit Terbakar Matahari

Jika kulitmu sudah terlanjur belang, kamu bisa melakukan beberapa cara atasi kulit terbakar matahari yang mudah dilakukan.

Setidaknya butuh waktu mulai dari 7 hari untuk mengatasi kulit yang belang atau iritasi akibat terbakar sinar matahari secara alami.

Berikut penjelasan mengenai cara atasi kulit terbakar matahari selengkapnya.

1. Kompres dengan Air Dingin

Cara atasi kulit terbakar matahari yang pertama adalah dengan mengompres air dingin. Rendam waslap bersih ke dalam air dingin, peras sedikit, lalu tempelkan perlahan pada bagian kulit yang terbakar.

Perlu diketahui, kamu tidak disarankan menempelkan langsung es batu ke bagian kulit terbakar karena akan membuat iritasi semakin parah. Jadi, gunakan air dingin dari lemari pendingin saja, ya.

2. Kompres dengan Teh Kamomil

Selain dengan air dingin, cara atasi kulit terbakar matahari lain juga bisa dilakukan dengan mengompres menggunakan larutan teh kamomil.

Teh kamomil memiliki kandungan antioksidan, dan sifat anti baketri serta anti inflamasi. Sehingga membantu meredakan rasa perih pada kulit yang terbakar sinar matahari.

Untuk menambah manfaat baik, kamu juga bisa mencampur air seduhan teh kamomil dengan tetesan minyak esensial lavender.

3. Rendam Kulit dengan Larutan Oatmeal

Secangkir oatmeal yang dilarutkan ke dalam air juga bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu cara atasi kulit terbakar matahari.

Oatmeal membantu mengurangi iritasi kulit yang terbakar, dan membantu mengembalikan kelembapan kulit secara alami.

Isi bak berisi air yang dengan secangkir oatmeal, aduk hingga rata. Lalu, kamu bisa rendam kulit yang terbakar matahari selama 15 menit sampai 20 menit.

4. Balurkan Gel Lidah Buaya

Gel dari lidah buaya memang sudah dikenal sejak dulu sebagai zat ampuh untuk cara atasi kulit terbakar matahari.

Selain meredakan iritasi, gel lidah buaya asli juga memberi sensasi dingin ketika diaplikasikan ke kulit terbakar. Dengan begitu, rasa perih pun akan berkurang.

Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya dari tanaman aslinya yang langsung dipotong, atau membeli ekstrak gel lidah buaya asli dengan kadar kemurnian di atas 95 persen.

5. Buat Masker Alami

Ingin meminimalisir penggunaan bahan kimia pada proses dan cara atasi kulit terbakar matahari? Gunakan saja bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

Timun, madu, minyak zaitun atau minyak wijen bisa kamu buat menjadi masker alami yang dibalurkan ke kulit.

Bahan-bahan ini membantu mengurangi iritas, membuat kulit lebih lembap, dan mempercepat proses regenerasi sel kulit baru.

Cara membuat masker alami ini mudah, hanya perlu menghaluskan timun dengan cara diblender, kemudian campurkan dengan madu dan minyak zaitun atau minyak wijen.

6. Gunakan Krim Pelembab

Cara atasi kulit terbakar matahari selanjutnya adalah menggunakan krim pelembap. Salah satu jenis krim yang bisa dibeli adalah krim hidrokortison yang aman untuk kulit terbakar.

Pemberian krim pelembap akan membantu proses pengelupasan kulit jadi lebih halus, serta mengurangi iritasi.

7. Minum Obat Nyeri dan Gatal

Jika efek dari kulit terbakar matahari sudah sangat meresahkan, seperti disertai rasa perih, nyeri, dan gatal yang hebat, maka kamu bisa mengonsumsi obat-obatan.

Obat dengan kandungan ibuprofen, paracetamol, naproxen, atau obat antiinflamasi lainnya bisa membantu mengurangi rasa sakit (perih dan nyeri) dari dalam.

Demikian pula dengan obat gatal seperti diphenhydramine.

Konsumsi obat-obatan ini tentu sebaiknya disertai dengan konsultasi dengan dokter kulit. Agar manfaat dan efek sampingnya sesuai dengan kondisi kesehatanmu.

(Baca Juga: 7 Merk Serum Wajah Terbaik Beserta Tips Memilihnya)

8. Pakai Pakaian Longgar dan Berbahan Lembut

Cara atasi kulit terbakar matahari yang satu ini sangat penting, tapi sering kali terabaikan oleh penderita.

Setelah terbakar matahari, kulit membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk meredakan kondisinya. Pilihlah pakaian longgar dengan bahan yang lembut, sehingga nyaman digunakan.

Dengan begitu, proses penyembuhan kulit pun akan lebih cepat.

9. Banyak Minum Air

Cara atasi kulit terbakar matahari yang terakhir adalah minum air putih dalam jumlah yang banyak untuk mencegah dehidrasi.

Konsumsi air juga membantu mengembalikan kelembapan kulit dan mempercepat proses perbaikan sel kulit yang rusak karena paparan sinar matahari.

Tips Kembalikan Warna Kulit Asli

Jika cara atasi kulit terbakar matahari dilakukan dengan baik dan rutin, maka proses penyembuhan akan lebih cepat terjadi.

Kulitmu mungkin akan melalui proses pengelupasan, atau hanya merasakan berkurangnya rasa nyeri dan perih.

Seminggu setelah kulit membaik, kamu bisa melakukan beberapa tips untuk mengembalikan warna kulit asli. Sehingga warna kulit jadi lebih rata.

Berikut tips mengembalikan warna kulit asli yang bisa kamu lakukan:

  • Hindari kulit dari paparan sinar matahari langsung.
  • Gunakan krim tabir surya (sunscreen).
  • Hindari makanan tinggi gula, lemak, makanan pedas, dan alkohol.
  • Lakukan perawatan eksfoliasi menggunakan skincare yang aman, setalah kulit yang terbakar tidak lagi mengelupas atau merah.
  • Beri asupan nutrisi dengan skincare, khususnya dengan kandungan vitamin C yang membantu mencerahkan kulit yang belang.
  • Jika diperlukan, lakukan perawatan laser di klinik kecantikan terdekat.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara atasi kulit terbakar matahari dan tips mengembalikan warna kulit asli.

Penuhi berbagai kebutuhan harian, hingga belanja skincare dengan memanfaatkan promo menarik dari kartu kredit.

Belum punya kartu kredit? ini saatnya untuk kamu mengecek rekomendasi produk kartu kredit terbaik lewat CekAja.com.

Di CekAja.com, kamu bisa membandingkan produk kartu kredit, sehingga lebih mudah memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Cicilan kartu kredit dari berbagai bank dijamin terjangkau, dan angka suku bunga yang kompetitif.

Proses pengajuannya pun mudah, karena dilakukan menggunakan sistem online. Jadi, kamu enggak perlu repot-repot mengunjungi kantor cabang penyedia kartu kredit secara langsung.

Tertarik untuk tahu rekomendasi kartu kredit? Langsung saja cek melalui CekAja.com!