7 Cara Atasi Telinga Sakit saat Naik Pesawat Alias Barotrauma yang Efektif

Cara atasi telinga sakit saat naik pesawat sangat perlu diketahui oleh kalian yang merasakannya selama perjalanan. Berikut cara yang efektif menghilangkan keluhan telinga sakit tersebut.

Advertisement

Saat dalam perjalanan ke daerah yang lebih tinggi, sebagian orang memiliki keluhan telinga sakit.

Masalah ini biasanya muncul saat kamu berpindah ke area yang lebih tinggi, seperti pergi ke dataran tinggi atau saat naik pesawat.

Rasa sakit pada telinga bisa beragam, mulai dari sekadar nyeri, kesulitan mendengar sumber suara dengan jelas alias mengalami kebudekan, hingga telinga yang terasa berdengung.

Untuk sebagian orang, rasa sakit ini bahkan bisa bertahan hingga berhari-hari pasca melakukan perjalanan. Hal itu tentu sangat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Sebagai orang awam, terkadang kita hanya mengira bahwa penyebab telinga sakit hanya karena perbedaan tekanan udara. Namun, benarkah demikian?

Berikut penjelasan lengkap mengenai keluhan telinga sakit yang dalam istilah medis disebut dengan barotrauma, beserta cara atasi telinga sakit saat naik pesawat yang tepat dan efektif.

Mengenal Barotrauma

Barotrauma merupakan kondisi cedera pada bagian telinga yang menimbulkan rasa sakit dengan level bervariasi, disebabkan oleh adanya perubahan tekanan udara secara mendadak.

Bagi seorang penyelam atau orang yang sering naik pesawat terbang, keluhan ini mungkin sering dirasakan.

Di momen penerbangan, barotrauma biasanya muncul saat lepas landas (take off) dan mendarat (landing).

Di bagian telinga, terdapat Tuba Eustachius yang berfungsi mengatur penyesuaian tekanan udara di dalam telinga dan luar telinga.

Sehingga tidak ada ketimpangan angka tekanan udara yang membuat rasa sakit pada telinga.

Namun, saat Tuba Eustachius tidak mampu menyesuaikan tekanan udara dengan cepat akibat perubahan yang drastis dan mendadak, maka telinga akan sakit saat naik pesawat.

Bayi dan anak-anak lebih rentan mengalami telinga sakit saat naik pesawat karena . Meskipun begitu, orang dewasa juga tetap memiliki risiko, walaupun lebih rendah.

Pada saat pesawat lepas landas, tekanan udara di dalam telinga akan meningkat sementara tekanan udara di luar telinga lebih rendah.

Rasa sakit kemudian muncul akibat gendang telinga yang membengkak.

Sedangkan saat pesawat mendarat, kondisi sebaliknya terjadi. Yakni tekanan udara di dalam telinga akan lebih rendah daripada tekanan udara di luar telinga.

Sehingga gendang telinga yang berubah menjadi pipih akan kembali membuat telinga sakit.

Lalu, bagaimana sih cara atasi telinga sakit saat naik pesawat? Berikut penjelasan selengkapnya.

(Baca Juga: Jaga Kesehatan Dengan Cuci Hidung, Efektif Cegah Penularan Virus)

Cara Atasi Telinga Sakit saat Naik Pesawat

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar keluhan telinga sakit bisa diminimalisir. Berikut cara atasi telinga sakit saat naik pesawat yang tepat dan efektif:

1. Mengunyah Permen Karet

Cara atasi telinga sakit saat naik pesawat yang pertama adalah dengan mengunyah permen karet.

Aktifitas mengunyah akan membantu tabung Tuba Eustachius terbuka, lalu udara yang ada di dalam telinga keluar, dan tekanannya akan sama dengan tekanan udara yang ada di luar telinga.

Dengan begitu, rasa sakit akan berangsur mereda atau bahkan hilang total. Untuk mencegah telinga sakit saat naik pesawat, kamu bisa kembali mengunyah permen karet baru.

Jika tidak ada permen karet, maka kamu juga bisa mengemut permen biasa.

2. Menelan Makanan atau Minuman

Kedua, cara atasi telinga sakit saat naik pesawat bisa dilakukan dengan menelan makanan atau minuman. Konsumsi makanan dan minuman apa saja yang kamu suka selama penerbangan.

Sama seperti mengunyah permen karet, aktifitas menelan makanan atau minuman juga bisa mendorong pembukaan pada Tuba Eustachius lalu udara di dalam telinga akan keluar, dan tekanan udara akan sama dengan yang ada di luar telinga.

Jika tidak ada makanan atau minuman, cobalah untuk menelan ludah. Lakukan aktifitas menelan ini beberapa kali, agar telinga yang sakit dapat teratasi.

3. Menguap

Saat penerbangan, sebagian orang biasanya diserang oleh rasa kantuk yang hebat.

Apabila di saat yang sama kamu juga merasakan nyeri pada bagian telinga, maka terapkan cara atasi telinga sakit saat naik pesawat ini.

Alih-alih langsung beranjak tidur, sebaiknya kamu tahan rasa kantuk agar bisa menguap lebih sering.

Gerakan rahang serta dorongan udara dari dalam akan membuka Tuba Eustachius, sehingga proses penstabilan tekanan udara akan lebih cepat. Rasa sakit pun akan hilang secara bertahap.

4. Terapkan Teknik Valsalva Manuever

Seperti halnya mengeluarkan air yang masuk ke telinga saat berenang, cara atasi telinga sakit saat naik pesawat dengan teknik Valsalva Manuever juga bisa kamu lakukan.

Teknik Valsalva Manuever adalah tindakan menghembuskan udara dengan posisi hidung dan mulut yang tertutup, sehingga udara akan mencari celah keluar dari telinga.

Ini akan membuat udara dari dalam terdorong dan tekanannya akan sama dengan udara yang ada di luar telinga.

Caranya, tarik napas lewat hidung kemudian tahan sambil menutup hidung dan mulut. Kemudian, coba denguskan udara secara bertahap selama kurang lebih tiga sampai lima detik.

Cek kembali efek dari penerapan teknik ini. Apabila rasa sakit telinga masih terasa, ulangi teknik beberapa kali.

5. Gunakan Semprotan Hidung

Setelah melakukan beberapa cara atasi telinga sakit saat naik pesawat dan telinga sudah merasa lebih baik, kamu juga bisa menggunakan semprotan hidung (nasal spray dekongestan) untuk tindakan lainnya.

Semprotan hidung akan membantu melegakan saluran pernapasan yang juga tersalur dengan saluran pendengaran, sehingga Tuba Eustachia bisa makin terbuka dan segera menstabilkan tekanan udara.

(Baca Juga: 5 Cara Aman Membawa Power Bank Di Pesawat Beserta Aturan Kapasitasnya)

6. Pakai Penutup Telinga

Telinga sakit saat naik pesawat biasanya tidak hanya muncul saat lepas landas, tapi juga saat pesawat mendarat.

Cegah keluhan datang berulang dengan memakai penutup telinga atau filtered earplug.

Cara atasi telinga sakit saat naik pesawat ini akan mendukung penstabilan tekanan udara, sambil kamu menelan atau menguap.

7. Minum Obat Pereda Nyeri

Cara atasi telinga sakit saat naik pesawat yang terakhir adalah dengan minum obat pereda nyeri.

Saat keluhan telinga sakit tak kunjung reda bahkan setelah beberapa hari, maka kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Dokter akan melakukan analisa dengan menanyakan gejala dan keluhan yang dialami, kemudian melakukan tes pendengaran, hingga foto rontgen atau CT scan jika diperlukan.

Bila perlu, resep obat juga diberikan oleh dokter. Yakni seperti obat dekongestan, antihistamin, atau obat pereda nyeri lainnya.

Itulah beberapa cara atasi telinga sakit saat naik pesawat yang bisa kamu lakukan.

Lindungi kesehatanmu dengan asuransi kesehatan yang menjamin segala risiko di masa mendatang. Sehingga layanan kesehatan terbaik bisa kamu dapatkan tanpa khawatir soal biaya.

Premi bulanan asuransi kesehatan di CekAja.com dijamin terjangkau. Kamu bisa membandingkan dan mengajukannya secara mudah lewat sistem online.

Proses pengajuan cepat dan praktis karena kamu tak perlu datang ke kantor perusahaan asuransi. Cukup isi data diri dan bayar premi bulan pertama saja.

Jika semua syarat pengajuan terpenuhi, kartu asuransi akan langsung dikirimkan ke alamat tempat tinggalmu.

Segala transaksi di CekAja.com diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga aman dan terpercaya.

Segera bandingkan dan ajukan berbagai produk asuransi kesehatan terbaik hanya melalui CekAja.com!

Advertisement